10 Destinasi Wisata Paling Indah di Gunung Kidul

1
270
10-destinasi-wisata-paling-indah-di-gunung-kidul
Wisata di Gunung Kidul
10-destinasi-wisata-paling-indah-di-gunung-kidul
Wisata di Gunung Kidul

SoloUpdate.com – Gunung kidul merupakan salah satu kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, di daerah ini terkenal dengan wisata pantai yang begitu mempesona dengan dikelilingi oleh bukit disekitar kawasan pantai serta suasana khas alam pegunungan yang sejuk. Wisata di gunung Kidul seakan menjadi surga bagi para pecinta pantai. Ada banyak objek wisata pantai di Gunung Kidul berjejer dari ujung barat sampai ujung timur. Walaupun di daerah ini identik dengan bukit kapur yang tandus di musim kemarau, susah sinyal, dan sebagainya tetapi di daerah ini memiliki potensi wisata yang sangat baik sekaligus menyimpan spot wisata yang menarik perhatian wisatawan untuk rekreasi. Daerah Gunung Kidul memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri berupa wisata alam terutama pantai. Berikut destinasi wisata di Gunung Kidul yang paling indah.

1. Pantai Baron
Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang menjadi sentra kegiatan nelayan dan wisata di Gunung Kidul. Di pantai ini terdapat tempat pelelangan ikan serta beberapa wahana untuk menunjang kegiatan wisata. Salah satu pantai yang membentuk cekungan dengan pemandangan alam sekitar yang sangat menarik. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati sejuknya udara segar serta panorama alam yang menakjubkan. Di salah satu sudut pantai juga terdapat muara sungai yang mempertemukan air laut dengan air tawar. Di pinggiran pantai kita bisa melihat kapal – kapal nelayan yang menepi karena pantai ini juga digunakan nelayan sebagai mata pencahariannya setiap hari.

Jika wisatawan berkunjung ke Pantai Baron jangan lupa untuk mencicipi masakan khas daerah ini yang terkenal dengan kuliner seafoodnya. Fasilitas yang tersedia disini tempat pelelangan, mercusuar atau menara pengawas disini kita dapat melihat pemandangan dari atas bukit di sebelah kiri pantai Baron, warung makan, berbagai macam cinderamata yang terbuat dari kerang seperti bros, tirai kerang, figura, lampu hias, dan sebagainya. Disini kita dapat menikmati sajian kuliner yang berupa seafood dengan beraneka ragam yang kita inginkan seperti udang, lobster, ikan bawal, ikan kakap, dan sebagainya. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

2. Pantai Siung
Pantai Siung merupakan salah satu wisata pantai paling indah di Gunung Kidul. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing serta batu-batu karang yang jumlahnya mungkin yang terbanyak di Gunung Kidul. Pasir putih serta air laut yang bersih dan panorama pemandangan yang sangat indah merupakan hal yang diandalkan di pantai ini. Tebing-tebing yang ada di sekitar pantai Siung tidak hanya dijadikan hiasan begitu saja. Terdapat sekitar 250 jalur panjat tebing yang ada di sekitar Pantai Siung, sehingga menjadikannya pantai ini banyak digemari oleh pecinta olah raga ekstrim tersebut.

Fasilitas di tempat ini masih standart seperti kamar mandi, toilet, tempat parkir, warung pedagang makanan. salah satu pemandangan yang menonjol di pantai ini ialah batu – batu karang yang berukuran raksasa terbentang di timur dan barat pantai tetapi batu ini terletak agak menjorok ke laut jadi apabila dilihat dari kejauhan bentuknya seperti gigi kera atau Siung Wahara. Adanya batu karang ini sangat penting sebagai asal muasal pantai ini. Pantai Siung akses menuju lokasi ini sangat mudah, karena jalan yang sudah beraspal halus, namun penuh dengan tikungan dan tanjakan. Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

3. Pantai Pok Tunggal
Dengan hamparan pasir putih yang masih alami, salah satu wisata paling indah di Gunung Kidul yaitu Pantai Pok Tunggal berhasil mengusik hati para wisatawan untuk segera datang kesana. Padahal, akses masuk menuju pantai ini tidak terlalu mudah dengan menyusuri jalan bebatuan diantara dua bukit karang, ± 2 Km dari tempat ini jalannya agak sempit dan berbelok – belok serta agak terjal. Sekejab Adrenalin berdesir ketika melewati tikungan tersebut. Selepas dari perjalanan yang cukup mendebarkan, wisatawan akan disuguhi dengan pesona cantik pemandangan yang terbentang di depan mata kita. Hamparan pantai pasir putih dengan ombak biru yang menghempas seolah menjadi penawar lelah setelah menyusuri perjalanan yang cukup menegangkan tadi. Sebuah pohon yang seakan menjadi landmark alami di pantai ini juga turut melengkapi keindahan pantai Pok Tunggal yang dikenal memiliki pemandangan sunset yang sangat indah.

Lebih menarik lagi dari pantai Pok Tunggal ialah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing yang tegak lurus dengan ketinggian ± 50 meter tersebut sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olah raga panjat tebing. Pantai Pok Tunggal terletak di antara pantai Indrayanti dan pantai Siung atau lebih tepatnya terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

4. Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Syawal)
Salah satu wisata pantai di Gunung kidul yang menarik dan eksotis dengan panorama alam yang sangat mempesona sehingga bisa membuar rindu bagi siapa saja yang pernah berkunjung ke pantai tersebut. Pantai yang memiliki hamparan pasir pusih yang luas yang dikelilingi oleh beberapa batuan karang yang kokoh serta air laut yang tampak biru dengan warna yang sangat Indah dan bersih mungkin menjadikan alas an utama wisatawan betah untuk berlama – lama di pantai ini. di obyek wisata ini juga dikelola sangat baik oleh daerah setempat sehingga menjadikan tempat ini bersih dan tidak ada sampah yang berceceran sedikitpun di sepanjang garis pantai. Di pantai ini terdapat bukit karang yang sangat menarik jika pengunjung naik ketas bukit ini akan merasakan suasana yang sejuk dan nyaman. Walaupun bukit karang disini tidak terlalu luas tetapi di atas bukit ini kita tentunya akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan yang mengagumkan.

Pantai Pulang Syawal ini sepertinya menjadi tempat favorit para pengunjung untuk bersantai dan berjemur. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya payung warna-warni yang tersebar di sepanjang pantai. Di sekitar pantai ini kini telah menjamur warung-warung baru yang membuat suasana pantai semakin ramai. Pantai ini berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

5. Pantai Krakal
Pantai krakal merupakan salah satu deretan wisata pantai-pantai cantik di laut selatan Gunung Kidul. Pantai krakal yang memiliki pasir putih yang menawan serta diselingi oleh batu karang yang membentang di sepanjang pantai tersebut sangat cocok dipakai untuk menikmati kesegaran hawa laut sembari beraktivitas olah raga sambil melacak biota laut yang ada di pinggiran pantai ini. garis pantai Krakal yang landai dan bertabur dengan pasir putih serta memiliki hempasan ombak yang jernih dan juga batu karang yang ikut serta menghiasi sebagian besar dari bibir pantai menjadikan rumah bagi banyaknya ikan-ikan karang yang berwarna – warni. Bagi pengunjung yang memiliki hobby selancar, ombak yang ada di pantai ini cukup bisa diandalkan bagi wisatawan yang ingin mencobanya, karena omba yang tidak terlalu tinggi, tetapi cukup untuk menggerakkan papan selancar dan bermain-main.

Bagi pengunjung yang merasa bosan bermain di pinggir pantai, pengunjung bisa berjalan – jalan sambil menikmati sederet batu karang yang menyembul di permukaana air dan berbaris memanjang yang tampak seolah membentuk sebuah jalan setapak di lautan. Tetapi pengunjung jangan lupa menggunakan alas kaki karena batu – batu karang cukup tajam. Dan pengunjung juga bisa menikmati nelayan – nelayan yang sedang mencari ikan. Akses menuju lokasi ini terbilang cukup bagus dan rata. Di tempat wisata ini juga dilengkapi dengan warung – warung makan, kamar mandi/ ruang ganti, bahkan juga tersedia penginapan di dekat pantai ini serta fasilitas penunjang lainnya. Pantai krakal berada di kampung Krakal, Kelurahan Ngastirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul.

6. Pantai Wedi Ombo
Pantai yang memiliki batu karang yang sangat besar dan banyak dimana tempat tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memancing ikan dari atas batu karang ini menjadikan daya tarik sendiri di mata pengunjung yang menyaksikannya. Selain itu di pinggir pantai ini juga terdapat kolam renang alami yang biasanya digunakan untuk berenang oleh pengunjung, dan kolam renang ini dipisahkan oleh batu – batu karang juga sebagai pembatas dengan lautan lepas.

Lokasi pantai wedi ombo berada di bawah permukaan rata – rata tanah sekitar. Untuk dapat mencapai lokasi pantai para wisatawan harus melewati puluhan anak tangga terlebih dahulu. Setelah itu panorama keindahan alam pantai wedi ombok dapat dinikmati dengan leluasa oleh para wisatawan yang memanfaatkan waktu liburan di pantai ini. para wisatawan dapat berenang sepuasnya, bermai pasir di sekitar pantai, atau memancingdi atas bukit karang. Tentu saja aktivitas yang sangat menarik sekali saat liburan. Wisata Pantai Wedi Ombo teretak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul.

7. Pantai Ngobaran
Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, wisata pantai di Gunung Kidul satu ini memiliki daya tarik sendiri bagi pengunjung karena di tempat wisata ini terdapat pura dimana pura tersebut digunakan untuk ibadah agama Hindhu, tetapi di dekat pura ini juga terdapat mushola kecil yang disediakan bagi pengunjung yang beragama islam. Pantai Ngobaran menawarkan pesona alam yang menyuguhkan keterpaduan antara pesona alam dan budaya. Di sebelah bawah atau di pantainya ini juga sering digunakan untuk upacara ritual bagi penganut aliran kejawen. Pantai Ngobaran juga cukup mempesona, jika air sedang surut banyak ditemukan rumput laut yang berwarna kehijauan. Rumput laut tersebut terhampar di sela-sela batu karang di pinggir pantai. Di pantai Ngobaran wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan dengan landmark berupa pura – pura yang begitu menarik. Sehingga wisatawan dapat mendokumentasikan moment liburan ini dengan baik.

Fasilitas di pantai Ngobaran cukup lengkap, karena dari pintu masuk disambut oleh toko oleh – oleh khas Ngobaran , warung makan disini juga tersedia cukup banyak terutama warung makan dengan menu seafood,selain itu juga dilengkapi dengan kamar mandi, toilet, lahan parkir yang cukup luas serta arean wisata yang bersih dan terawat. Pantai Ngobaran terletak di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabipaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

8. Pantai Ngrenehan
Pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Ngobaran, tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Ngrenehan adalah sebuah teluk yang dikelilingi bukit kapur. Dinding perbukitan batu kapur tersebut berwarna kehijauan karena ditumbuhi pepohonan. Di waktu Hari Raya Nyepi, para umat Hindu melaksanakan upacara Melasti di Pantai ini. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih mempesona yang sangat luas, dan deburan ombak yang menghantam karang.

Di obyek wisata Gunung Kidul ini, wisatawan bisa berenang atau sekedar bermain air karena pantai ini relative aman untuk melakukan hal tersebut dikarenakan posisi pantai yang terletak dimulut teluk sehingga ombak samudera tidak langsung menghantam pantai karena terlindung oleh bukit karang yang mengapit kedua sisi pantai. Di pantai ini terkenal juga dengan kuliner seafoodnya. Fasilitas yang disediakan di obyek wisata ini diantaranya kamar mandi, mushola, toilet, dan lahan parkir yang cukup luas.

9. Goa Pindul
Gua Pindul memiliki keeksotisan yang tak dapat diragukan lagi keindahannya, sehingga jangan heran jika ratusan bahkan ribuan pengunjung berbondong-bondong setiap harinya untuk menikmati keindahan alam di objek wisata Gunung Kidul yang satu ini. Gua ini membentang panjang sekitar 350 meter, dengan lebar mencapai 5 meter. Gua Pindul memiliki kedalaman sekitar 5 – 12 meter. Sedangkan jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 m. Gua Pindul cukup berbeda dengan gua – gua lainnya. Disini, wisatawan tak hanya menyaksikan keeksotisan gua, namun juga akan dibuat takjub dengan kilauan air yang mengisi gua tersebut. Air tersebut merupakan sungai bawah tanah yang berasal dari mata air gedong tujuh.

Gua Pindul memiliki 3 bagian, yang pertama yaitu zona terang, seperti namanya, pada bagian ini terkesan terang sehingga wisatawan dapat menyaksikan keindahan gua secara langsung dengan mata telanjang. Sedangkan yang kedua ada zona remang, disini cahaya yang masuk hanya beberapa bagian kecil saja, dengan dibantu oleh pantulan air bening pada dinding – dinding gua membuat cahaya remang ini terasa menakjubkan. Dan yang terakhir yaitu zona gelap, untuk dapat menyusuri bagian ini, wisatawan harus menggunakan alat bantu penerangan, karena seperti namanya, di zona ini sangat gelap. Untuk menyusuri ketiga zona tersebut, wisatawan memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit. Penelusuran ini akan berakhir pada sebuah dam yang ada di kawasan goa ini. Pada bagian tengah Gua Pindul terdapat suatu ruangan yang cukup besar dan tentunya menarik sekali untuk dinikmati. Pemandangan yang dipadu dengan sebuah lubang di atasnya membuat bagian ini menjadi pusat dari seluruh bagian di Gua Pindul. Lokasi wisata Goa Pindul berada di Dusun Gelaran, desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta.

10. Air terjun Sri Gethuk
Tidak hanya pantai-pantai yang menarik saja, wisata Gunung Kidul juga memiliki potensi alam yang berupa aliran sungai yang membelah tebing-tebing tinggi. Salah satunyaialah Air Terjun Sri Gethuk ini. Uniknya, aliran air terjun ini tidak mengenal musim, baik musim hujan atau kemarau panjang sekalipun dengan tetap mengalir tanpa henti. Perjalanan menuju objek wisata Air Terjun Sri Gethuk di Gunungkidul ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan pada pagi hari, terlebih lagi apabila pengunjung memilih opsi melintasi Sungai Oya.

Di pagi hari, arus Sungai Oya masih terbilang tenang sehingga perjalanan dipastikan akan nyaman sembari menikmati hangatnya sapaan mentari pagi. Di sepanjang aliran sungai, perdu dan belukar terlihat begitu hijau alami di tengah kokohnya tebing-tebing Karst yang melindunginya pada sisi kanan dan kiri sungai. Suara rakit yang berirama menyibak jernihnya air seolah berpadu dengan nyanyian alam yang sungguh menentramkan jiwa. Air Terjun Sri Gethuk terletak di Padukuhan (Dusun) Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul.

Demikian tadi 10 destinasi wisata di Gunung Kidul dengan pesona serta keunikan tersendiri dari beberapa spot wisata yang ada. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi para travelling dan pembaca lain pada umumnya. Di luar 10 destinasi wisata tersebut, masih banyak destinasi wisata di Solo Raya yang wajib anda kunjungi.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here