Bank Indonesia Rilis Uang Kertas Rupiah Terbaru

Soloupdate.com – Pemerintah melalui bank Indonesia merilis tujuh pecahan uang rupiah kertas untuk tahun emisi 2022.

Uang rupiah baru tersebut dirilis bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Terdiri dari beberapa pecahan uang kertas mulai dari 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu, 10 ribu, 5 ribu, dua ribu dan seribu rupiah.

Gambar Pecahan Uang Kertas Terbaru

Dari desain gambar utama pada uang kertas tersebut terlihat masih menggunakan tokoh pahlawan Nasional serta beberapa tema kebudayaan berupa gambar pemandangan alam, tarian, flora dan fauna pada bagian belakangnya sebagaimana uang kertas sebelumnya

Namun, perbedaan yang mendasari adalah pada desain warna yang disematkan pada uang kertas baru tersebut menggunakan warna yang lebih tajam dengan unsur pengamanan yang upgrade atau lebih mumpuni dengan bahan uang yang lebih baik dari sebelumnya

Inovasi tersebut diterapkan atau diimplementasikan agar uang kertas ini lebih mudah untuk dikenali ciri-cirinya, agar nyaman saat dilihat dan digunakan dan agar sulit untuk dipalsukan sehingga membuat uang kertas baru menjadi lebih berkualitas dan menjadi simbol dari kebanggan negara kita.

Biasanya desain warna 20 ribuan hampir mirip dengan dua ribuan, namun saat ini warnanya agak ditajamkan untuk warna 20 ribuan menggunakan warna hijau sedangkan dua ribuan menggunakan warna abu-abu.

Sementara itu pengeluaran dan pengedaran uang baru ini merupakan salah satu unsur dari amanat UU mata uang, selain itu peluncuran ini tidak memiliki dampak pada penarikan uang yang sebelumnya sudah diluncurkan.

Uang kertas dan logam yang dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih berlaku dan menjadi alat pembayaran yang sah untuk tukar menukar dan lainnya yang digunakan di wilayah NKRI

Pencabutan dan penarikan dari perderan tentunya juga diatur dalam UU mata uang yang diumumkam melalui media masa. Pengeluaran uang dengan desain warna terbaru ini sebagai salah satu momentum HUT ke-77 dalam mewujudkan rasa nasionalisme, semangat kebangsaan dan kedaulatan serta menumbuhkan optimisme terhadap pemuliahn ekonomi nasional.

Cara Menukar Uang Kertas Rupiah Terbaru

Untuk dapat melakukan penukaran uang kerta terbaru ini bisa melalui perbankan atau bisa melalui kas yang disediakan oleh bank Indonesia.

Kas keliling tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman pintar.bi.go.id dan aplikasi sudah dapat diakses oleh masyarakat pada tanggal 18 dengan jadwal penukaran uang pada tanggal 19.

topik nugroho

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City

Leave a Comment