Bacaan Doa Turun Hujan Sesuai dengan Petunjuk Agama Islam

0
97
Malam Lailatul Qadar
sumber image: https://www.freepik.com/

Soloupdate.com-Setiap agama memiliki bacaan doa masing-masing ketika hujan turun pertama. Sejumlah wilayah di Indonesia kemarin diguyur hujan yang disertai dengan angin kencang sehingga mengakibatkan pohon tumbang dan berbagai masalah lainnya seperti konserleting listrik dan lain sebagainya.

Indonesia saat ini memasuki musim penghujan, hujan dengan intesitas rendah hingga lebat merupakan kenikmatan sendiri yang diberikan oleh nikmat tuhan kepada para penduduk bumi.

Ketika hujan turun umat muslim di Dunia diwajibkan untuk berdo’a agara kita mendapatkan berkah sehingga tanaman dan ladang yang ada dikebun bisa tumbuh dengan subur dan bermanfaat bagi seluruh manusia di muka bumi

Baca’an Do’a Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban nafi’an. (Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat).” (HR Bukhari dari Aisyah RA).

Nah, berkaitan dengan bacaan doa diatas, apabila kita merasa takut akan turunnya hujan yang sangat lebat anda bisa membaca doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari. Yang artinya :

Artinya: “Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari Muslim)

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

“Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.” Yang artinya:”Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.” (HR Bukhari).

Dengan kita berdo’a maka kita akan mendapatkan keberkahan dari segala sesuatu yang kita inginkan, kaena memang do’a adalah sebagain dan inti dari ibadah kepada sang pencipta

Rasulullah bersabda, “Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR Abu Ya’la). Doa juga merupakan otak atau inti ibadah. Rasulullah bersabda, “Doa itu adalah otaknya ibadah.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

 

Semoga dengan turunya hujan disejumlah wilayah Indonesia dapat mendapat keberkahan dari doa dan hujan yang turun kemuka bumi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here