Miripnya Seragam Polri Dengan Satpam, Apa Alasannya?

0
83
Pengamanan

Soloupdate.com – Seragam yang kini dikenakan satuan pengamanan (SATPAM) dibuat mirip dengan Milik Kepolisian Republik Indonesia yang diatur dalam Peraturan Kepolisian Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan Swakarsa.

Seragam yang dikenakan oleh satpam trsebut mengggunakan warna baju atasan coklat muda dengan celan bewarna coklat tua dengan disertai tanda kepangkatan yang ada disebelah kiri dan kanan pada pundaknya yang hampir mirip dengan seragam polisi. Nah, apa alasan dari kepolisian membuat satpam seragam barunya

Alasan Seragam Satpam Mirip Dengan Polisi

Seperti yang diberitakan pada kompas.com, tertanggal 01 oktober kemarin, Brigjen Pol Awi Setiyono seabagi Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri menjelaskan alasan mengapa seragam satpam dirubah dengan warna yang sama dengan kepolisian.

Karena memang satpam merupakan profesi yang sama-sama menjaga keamanan sehingga dengan merubah warnanya maka akan timbul kembangaan dan kedekatan secara emosional terhadap polri.

“Terjalin kedekatan emosional antara Polri dan satpam, menumbuhkan kebanggaan satpam sebagai pengembang fungsi kepolisian terbatas. Memuliakan profesi satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” kata Awi.

Makna Seragam Satpam

Menurutnya bahwa dengan mengenakan seragam yang mirip dengan polisi, maka mereka bisa netral karena warna coklat ini identik dengan warna elemen bumi seperti kayu, batu dan tanah yang juga bewarna coklat.

Selain itu warna coklat juga identikan dengan kejujuran, kehangatan, kebersahjaan. Dalam aturan tersebut seragam satpam ini memang tidak hanya coklat namun ada beberapa seragam lainnya seperti pakaian dinas lapangan khusus, pakaian dinas lapangan satu, pakaian dinas sipil harian, dan pakain sipil lengkap. Dengan warna yang berbeda-beda dari warna coklat.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here