CEK FAKTA Lengkap Chrome Book Spesifikasi 32 GB, Benarkah Harga Laptop 10 Jutaan?

0
101
Harga laptop 10 jutaan Untuk Sekolah

Soloupdate.com – Benarkah Laptop 10 juta per unit dengan sepsifikasi Hardrive 32 GB sebagai rencana pengadaan laptop Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek)

Cek Faktanya? kata kunci 32 GB menjari trending topik hari ini, pemerintah merencanakan akan memberikan laptop setiap sekolah untuk menunjang pembelajaran jarak jauh.

Namun beredar di media sosial tentang rencana pengadaan laptop dengan hard drive yang sangat kecil dengan harga Rp. 10 juta per unitnya. Sehingga muncul cuitan dari pengguna medsos dengan harga segitu bisa mendapat spesifikasi lebih dari itu.

Menurut fakta bahwa Ditjen Pendidikan Usia Dini membantag akan adanya Spesifikasi Laptop untuk pelajar ini yang mana satu unit laptop harganya tidak ditentukan 10 juta tergantung dari sistem bisa saja harganya 5-6 juta dengan laptop tidak hanya zyrex namun vendor lainnya.

Sampai saat ini belum ada fakta dilapangan, dan masih menjadi wacana. Namun, pemerintah tetap akan menyalurkan Bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui dana alokasi Khusus sehingga sekolah di Indonesia memiliki TIK yang memadai dan bukan diberikan kepada siswa perorangnya namun diberikan ke sekolah-sekolah yang belum memiliki TIK.

Minimal sekolah akan mendapatkan 15 komputer/ Lapotp yang memang akan diberikan stimulus kepada pemerintah pusat.

Dan Spesifikasi yang beredar di Media sosial itu adalah merupakan sepsifikasi minimal dan pemda bisa mengajukan spesifikasi yang lebih tiggi sesuai dengan standarisasi minimun dan harganya masih bisa nego sesuai dengan spesifikasi dan sesuai dengan anggaran yang dimiliki

Tipe prosesor core: 2,
frekuensi: > 1,1 GHz, Cache 1 M;
Memori standar terpasang: 4 GB DDR4;
Hard drive: 32 GB; USB port: dilengkapi dengan USB 3.0;
Networking: WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n);
Tipe grafis: High Definition (HD) integrated;
Audio: integrated; Monitor: 11 inch LED;
Daya/power: maksimum 50 watt;
Operating system chrome OS;
Device management: ready to activated chrome education upgrade (harus diaktivasi setelah penyedia ditetapkan menjadi pemenang);

Namun yang terjadi di lapangan memang seperti pengadaan komputer di sekolah melalui dana bos khusus mereka diangarakan untuk membeli segala macam peralatan dan sarana prasaran sesuai yang telah ditentukan dan dimenangkan vendor pengadaan barang dan jasa pemerintah. Dan biasanya harga laptop dengan kisaran dipasaran hanya 5 jutaan diperjual belikan sampai dengan harga selisih yang tinggi atau mengambil keuntungan yang lebih.

Memang anehnya dana tersebut tidak bisa dibelanjakan diluar, selain dari katalog produk. Sekolah harus membeli produk di katalog sesuai dengan dana yang disediakan dan diberikan oleh sekolah. Jika dana tersebut tidak digunakan untuk keperluan TIK maka dana tersebut akan kembali ke pusat. Itulah Fakta yang sebenarnya sehingga sekolah tidak serta merta diberikan laptop dengan spesifikasi tersebut namun sekolah akan diberikan dalam diberikan dalam bentuk dana dan pembelanjaan harus dibelanjakan di katalog produk yang telah ditentukan oleh kemdikbud dan dapat memilih spesifikasi laptop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here