Bank Indonesia Tetapkan Batas Maksimal Penarikan Uang 20 Juta Untuk Semua Bank

0
180
THR PNS
image from THR PNS

Soloupdate.com – Bank Indonesia menaikkan batas penarikan uang tunai kepada para nasabahnya dengan batas maksimal dengan nominal 20 Juta di Mesin Anjungan Tunai Mandiri saat masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat.

Kebijakan batas maksimal penarikan uang secara tunai di Mesin ATM ini berlaku untuk seluruh bank dengan kartu yang sudah tersemat Chip atau dengan menggunakan teknologi chip.

Penarikan jumlah maksimal ini tidak berlaku jika anda menarik uang secara tunai di teller Bank. Dan kebijakan ini diberlakukan hanya sementara saja di tengah pandemi virus corona. dan ini bukan pergeseran dari arah transaksi non tunai.

Adapun ketentuan batas penarikan tunai adalah sebagai berikut:

1. Dalam masa pandemi corona, bank Indonesia menaikkan batas maksimal penarikan dana tunai di mesi ATM yang semula batasnya 15 juta menjadi 20 juta dalam sehari di Mesin ATM

2. Selanjutnya pemerintah akan mempertahankan batas paling banyak untuk kartu ATM yang masih menggunakan teknologi magnetic stripe dengan penarikan tunai sebesar 10 juta dalam sehari

3. Batas penarikan maksimal dengan teknologi chip hanya berlaku pada mesin atm yang juga menggunakan teknologi chip

Nah, bank indonesia menghimbau untuk seluruh bank memberikan publikasi ke masyarakat daftar lokasi ATM yang bisa digunakan untuk melakukan penarikan tunai sesuai dengan batas maksimal atas dengan berteknologi chip untuk memitigasi resiko keamanan khususnya untuk skimming yang terjadi pada kartu dengan teknologi magnetic stripe.

Nah, untuk membedakan mesin ATM chip dengan Strip ini apakah adalah ciri-ciri fisik tertentu. Secara kebijakan bahwa semua bank diharapkan untuk mempublikasian daftar ATM yang memang bisa digunakan untuk teknologi chip sehingga tidak ada teknologi tertentu dan ciri-ciri fisik mesin ATM yang sudah mengunakan teknologi chip ini.

Demikianlah kebijakan baru dari Bank Indonesia untuk penetapan batas maksimal penarikan uang tunai ini , semoga menjadi perhatian kita bersama untuk mengelola keuangan kita secara pribadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here