Cara Cek Kebocoran Data Pribadi di Internet

0
187
Cara Cek Kebocoran Data Pribadi

Soloupdate.com- Sosial media gencar sekali pemberitaan tentang kebocoran data pribadi yang menyangkut 276 data pribadi masyarakat Indonesia. Kebocaorang ini banyak diperjualbelikan di Internet seperti nama lengkap, email, kata sandi, hingga nomor ponsel yang digunakan.

Data Pribadi di Internet serasa tidak aman, apalagi pihak BPJS kesehatan mengakui adanya kebocoran datanya ditangan seseorang yang telah melakukan tindah kejahatan misalanya dengan data tersebut mereka membobol rekening dan lainnya. Data pribadi ini bisa disalahgunakan oleh seseorang dengan aman.

Nah, untuk memastikan, apakah data pribadi anda bocor ke orang lain silahkan anda mengakses situs pemeriksa data pribadi dengan cara berikut ini:

1. Periksa Data kependudukan

Pendiri Ethical Hacker Indonesia sudah menyiapkan contoh yang disebar oleh peretas sebanyak 1 juta sebagai contoh sehngga masih banyak data yang belum terungkap dan pastinya yang bocor adalah sebanyak 279 juta. Anda bisa cek data kependudukan bagwa apakah anda termasuk yang sudah disebar sebagai contoh oleh hacker BPJS. Yuk, simak di periksadata.com/bpjs

Meskipun memang anda tidak termasuk data yang 1 juta tersebut namun kemungkinan memang data anda tetap bocor walaupun anda datanya tidak sebagai contoh dari jualan data pribadi di forum-forum.

2. Periksa Email Anda

Anda juga selain bisa cek Nomor BPJS ketenagakerjaan, periksadata.com juga dapat mendeteksi email seseorang bocor. Silahkan anda masukkan email dan ada berapa kali data anda bocor ke publik, website tersebut akan memberi informasi yang valid bahwa data anda pernah bocor di media tersebut.

3. Have i Been Pwned

Selain itu anda juga visa cek kebocoran data pribadi di situs haveibeenpwned.com yang menyatakan apakah data anda bocor di Internet namun sayanya untuk mengceknya anda memerlukan alamat email dan pendaftarannya.

4. Avast

Selain itu aplikasi penyedia antivirus juga menyediakan informasi kebocoran yang terjadi pada data anda, situs anda ini sudah bocor dalamsitus apa saja misalnya Gmail atau laynan ecomerce yang caranya anda hanya akses ke url alamat avast.comhackcheck/

5. Dehashed

selain itu anda juga dapat memeriksakan email anda yang bocor atau tidak di situs yang memungkinkan apakah identitas anda tersebut sudah ada di daftar peretasan

6. Firefox Monitor

Selain itu aplikasi situs pencarian tersbesar selain google chrome juga menyediakan informasi kebocoran yang dilakukan pada layanan digital seperti dompet digital hingga e commerce dan kemungkinan besar apakah email dan kata sandi anda tersebut bocor. Silahkan anda monitoring ke monitor.firefox.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here