Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Bahasa Jawa dan Arab Untuk Kirim Ke WA

0
767
Ucapan Selamat hari Raya Idul Fitri
Ucapan Selamat idul fitri image from https://www.freepik.com/

Soloupdate.com – Lebaran Idul fitri hampir tiba, orang-orang berbondong-bondong untuk mudik dan pulang kampung, namun pada kesempatan kali ini banyak warga dan masyarakat muslim yang memutuskan tidak mudik karena pemerintah melarang warganya untuk mudik lebaran tahun ini. Sehingga harus memberikan ucapan selamat idul fitri kepada sanak saudara dan kerabat melalui pesan singkat WhatsApp

 

Ucapan Selamat Idul fitri yang umum digunakan adalah mohon maaf lahir dan bathin atau sugeng riyadin. Ada juga yang menggunakan kata bahasa arab yang digunakan adalah minal ‘aidiin wal faaizin dan taqobbalallaahu minna waminkum’. Namun, dari bahasa arab yang digunakan ini bukan kalimat mohon maaf lahir dan batin melainkan artinya adalah (semoga kita termasuk) dari orang yang kembali dan orang yang menang dan yang satunya semoga Allah menerima Amal kami dan anda.

Contoh Ucapan Idul Fitri secara lengkapnya

taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair

Artinya: “semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadlan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantia dalam kebaikan.”

taqabbalallaahu minnaa wa minkum wa ahalllallahu ‘alaika.

Artinya: Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) dari kami dan kamu, dan semoga Allah menyempurnakan ibadah kami.

taqabbalallahu minna wa minkum, ja alana minal a idin wal fa izin.

Artinya: Semoga Allah Swt. menerima puasa kita selama 1 bulan dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci dan termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan.

Contoh Ucapan Idul Fitri Dalam Bahasa Jawa

Ada juga yang menyatakan dan menyampaikan kalimat ucapan baik yang bagus untuk dikirim di WA atau SMS atau sosial messenger lain dengan kalimat seperti dibawah ini:

Kupat kecemplung santen, sedoyo lepat nyuwun pangapunten.

Arti: Ketupat masuk ke santan, maafkan segala kesalahan. Ngaturaken sugeng riyadi. Sedoyo lepat nyuwun pangapunten,

mugo mugo dosaku lan dosaku dilebur ing dino riyoyo iki.

Arti: Mengucapkan selamat Idul Fitri. Segala kesalahan mohon dimaafkan, semoga dosaku dan dosamu dilebur di hari yang Fitri ini.

Mangan kupat dudohe santen, menawi lepat kula nyuwun pangapunten. Ngaturaken sugeng riyadi.

Arti: Makan kupat kuah santan, bila ada kesalahan, saya mohon pengampunan. Selamat hari raya Idul Fitri.

Semoga dengan contoh ucapan selama hari raya idul fitri diatas bisa memberikan gambaran yang menarik untuk membuat ucapan yang bisa anda modifikasi sendiri.

sumber: tirto.id

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here