Tata Cara Salat Idul Fitri

0
112
salat
image from https://www.freepik.com/

Soloupdate.com – Sholat Idul Fitri merupakan salah satu rangkaian ibadah dari puasa Ramadhan yang dilaksanakan setelah anda melakukan pembayaran zakat fitrah. Sholat ini dilaksanakan setelah matahari terbit setengah jengkal dengan diiringi dengan takbir dan dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan membaca takbir sebanyak 7 kali di rakaat pertama dan 5 takbir di rakaat kedua. Dan biasanya dilaksanakan di tanah terbuka seperti lapangan atau tempat yang luas.

Mau tau Tata Cara Salat idul Fitri, yuk simak ulasan dari soloupdate,com mengenai niat salat, doa dan tata cara yang sesuai dengan riwayat hadist yang disampaikan

Seperti yang diriwayatkan dalam Hadis Abu Sa’id bahwa Rasulullah ke luar ketempat yang cukup luas untuk melaksanakan ibadah Shalat Idul fitri karena masjid desa sempit. Mushola tersebut dilaksanakan di tempat yang luas dan terbuka. Banyak sekali keutaman jika seorang muslim menjalankan ibadah Ied ini, berikut niat Sholat Idul Fitri bagi para muslim yang hendak mengerjakannya.

Niat Salat Idul Fitri

Sebelum anda shalat Idul fitri sebaiknya untuk mempelajari bacaan apa yang harus dilaksanakan karena dalam pelaksanaanya tidak ada yang namanya azan maupun iqomah di dalamnya diganti kalimat seruan untuk segera bangkit melaksanakan ibadah sholat idul fitri. Dan dianjurkan untuk membaca takbir, tahmid dan tasbih. Adapun niat yang haru dibaca adalah sebagai berikut:

Ushalli sunnata li’idil fithri rak’ataini ma’muman/imaman lillahi ta’ala

Artinya:

“Aku berniat shalat sunah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Nah, setelah niat untuk tata cara shalatnya akan kami sampaikan berikut ini:

Tata Cara Salat Idul Fitri

1. Niat yang diawali dengan bacaan niat diatas.
2. Kemudian anda membaca takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan dan mengucapkan bacaan “allahuakbar”
3, Setelah itu kedua tangan ditaruh diatas perut untuk tangan kanan berada diatas tangan kiri dengan membaca bacaan:

Subhanallah wal hamdulillah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar

Dan diulangi takbira sebanyak 7 kali di rakaat pertama

4. Kemudian anda membaca surah al fatihan dan dilanjutkan membaca surah pendek yang anda hafalkan
5. Setelah itu rukuk, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud dan berdiri kembali ke keadan takbir semula

5. Anda melakukan takbir sebanyak 5 kali di rakaat kedua dengan bacaan yang sama seperti diatas

6. Kemudian anda lanjutkan dengan membaca surah pendek dan dilanjut rukuk, sujud, duduk diantara dua sujud, sujud lalu tahiyat akhir dan membaca bacaan hingga salam

7. Setelah itu dianjurkan untuk mendengarkan khutbah idul fitri

Tata Cara Khutbah Idul Fitri

Untuk menyempurnakan shalat idul fitri maka setiap muslim dianjurkan untuk mendengarkan khutbah yang dilaksanakan dengan dua khutbah yang mana khutbah dilaksanakan dengan berdiri dan dipisahkan dengan duduk sejenak, seperti layaknya khutbah jum’at. Dan untuk bacaan takbir khutbah pertama sebanyak 9 kali sedangkan khutbah kedua 7 kali.

Khutbah Pertama, Membaca Takbir sebanyak 9 kali, membaca alhamdulilah, membaca sholat berwasiat tentang takwa dan membaca al-Qur’an

Khutbah kedua, membaca takbir sebanyak 7 kali, memuji Allah dengan membaca alhamdulilah, shalawat nabi muhhad, berwasiat takwa, menutup dengan doa kaum muslimin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here