Bacaan Do’a Khataman Al-Qur’an

0
267
nuzulul Qur'an

Soloupdate.com – Sudah berapa kali anda khatam al-Qur’an saat bulan Ramadhan? jika anda sudah khatam berkali-kali bacaan apa yang anda lakukan ketika anda khatam al-Qur’an. Pada bulan ini pahala amal ibadah akan dilipatgandakan sehingga umat muslim cenderung memperbanyak membaca al-Qur’an.

Apalagi di 10 hari terakhir bulan Ramadhan ada satu malam penuh dengan kemuliaan yang pahalanya dilapatgandakan seperti seribu bulan. Malam yang agung yang diturunkannya al-Qur’an ke dunia ini seperti firmannya dalam suroh al-alaq.

Apakah Ada Bacaan Do’a Khataman Al-Qur’an?

Untuk bacaan do’a yang sering dibaca ketika membaca al-Qur’an inilah yang menjadi doa saat khatam al-Qur’an dengan bacaan dalam bahasa arab dan artinya sebagai berikut:

 

اللّهُمَ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآن ، واجْعَلْهُ لَنَا إمَامًا وَ هُدًى وَ نُوْرًا و رَحْمَةً . و ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نُسِيْنَا ، وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا ، وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ الْنَهَار ، واجْعَلهُ لَنَا حُجَّةٌ يَا ربَّ الْعَالَمِيْن

Allahummarhamna bil qur’an, waj’alhu lana imaamaw wahudaw wanuuraw warahmah. Wa dzakkirna minhu maa nusiina, wa allimna minhu maa jahilna. Warzuqna tilawatahu aanaa’al laili wan nahaar. Waj’alhu lanaa hujjatany yaa rabbal alamin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah kami dengan sebab Al-Quran. Jadikanlah (Al-Qur`an) sebagai pembimbing, petunjuk, cahaya, dan rahmat bagi kami. Ingatkanlah kami apa yang kami terlupa darinya, ajarilah kami apa yang kami tidak tahu darinya, dan karuniakanlah kepada kami untuk bisa mentilawahinya di penghujung-penghujung malam dan siang, dan jadikanlah ia hujjah kami ya Rabbal ‘alamin.”

Apakah ada TaTa Cara dan Amalan Khususnya?

Sering kita lihat di masyarakat bahwasannya jamaa’ah yang beramai-ramai membaca al-Qur’an biasanya melakukan doa khatam al-Qur’an secara berjamaah dan diakhiri dengan makan-makan yang berupa ingkung ayam dan itu sangat umum dilakukan. Naha apabila khataman al-Qur’an dilakuakn secara sendiri sebaiknya

– Melakukan Shalat Fajar dua rakat seperti shalat lainnya yang mana shalat ini lebih utama dari dunia seisinya.
– Membaca 22 surah terakhir dalam rakaatnya, di uda rakaat tersebut setiap rakaat harus membaca 11 surat dalam rakaat
– Membaca Do’a Khatam Qur’an seperti yang telah kami sampai diatas yang didahulu dengan wirid kemudian berdoa.

Tawashul disini ditujukan kepada Nabi dan ulama yang terdahulu dan kemudian membaca 22 suroh terahir dalam alQur’an dan setiap pergantian suroah membaca Laillahaillah huallahuakbar kemduian melanjutkan sampai dengan ayat teraakhir mulai dari suroh berikut ini Surah Ad-Duha (Waktu Matahari Sepenggalahan Naik (Dhuha) Surah Al-Insyirah (Melapangkan) Surah At-Tin (Buah Tin) Surah Al-‘Alaq (Segumpal Darah) Surah Al-Qadr (Kemuliaan) Surah Al-Bayyinah (Pembuktian) Surah Az-Zalzalah (Kegoncangan) Surah Al-‘Adiyat (Berlari Kencang) Surah Al-Qari’ah (Hari Kiamat) Surah At-Takasur (Bermegah-megahan) Surah Al-‘Asr (Masa) Surah Al-Humazah (Pengumpat) Surah Al-Fil (Gajah) Surah Quraisy (Suku Quraisy) Surah Al-Ma’un (Barang-barang yang Berguna) Surah Al-Kausar (Nikmat yang Berlimpah) Surah Al-Kafirun (Orang-orang Kafir) Surah An-Nasr (Pertolongan) Surah Al-Lahab (Gejolak Api) Surah Al-Ikhlas (Ikhlas) Surah Al-Falaq (Waktu Subuh) Surah An-Nas (Umat Manusia)

– Kemudian membaca Suroh Al fatihah dan Ayat Al-Vaqarah 1-5 dan membaca tahlil umum
– Ditutup Dengan membaca do’a khatam al-Qur’an.

Demikianlah Bacaan doa khataman Al-Qur’an semoga anda yang baru saja menamtkan bacaannya segera membaca doa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here