Do’a di Malam Lailatul Qadar, 10 hari terakhir di Bulan Ramadhan

0
447
Malam Lailatul Qadar
sumber image: https://www.freepik.com/

Soloupdate.com – 10 hari terakhir di Bulan ramadhan identik dengan malam lailatul Qadar yang digambarkan sebagai malam yang paling mulia dari seribu bulan lamanya kita beramal Sholih. Di Malam tersebut alah melipat gandakan amalan seperti seribu bulan lamanya karena memiliki sejarah dan momen ketika Alqur’an turun dari lauful Mahfuz ke baitul Izah atau dari langit turun kedunia yang dikisahkan arau difirmankan dari Allah dalam surah Al-Qadar ayat 1-5:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Quran] pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu [penuh] kesejahteraan sampai terbit fajar,” (QS. Al-Qadr [97]: 1-5).

Namun, tidak ada yang tahu pastinya apa tanda-tanda dan isyarat tentang malam lailatulqadar ini, yang terpenting di 10 hari terakhir bulan ramadhan kita harus benar-benar beribadah dengan memperbanyak baca al-Qur’an , I’tikaf dimasjid dan membangun kebaikan dalam beribadah seperti yang diriwayatkan dalam hadist bukhori

Aisyah RA pernah mengatakan, “Saat memasuki sepuluh akhir Ramadan, Rasulullah SAW fokus beribadah, memperbanyak ibadah di malam hari, dan membangunkan keluarganya untuk beribadah,” (HR Al-Bukhari).

Namun, para ulama berpadangan bahwa lailatul qadar ini tidak terjadi di malam genap melainkan jatuh pada malam-malam ganjil. Tapi tidak menutup kemungkinan jika kita melakukan ibadah sebaik mungkin di akhir bulan ramadahan atau awal sampai akhir kita banyak beribadah, maka yang kita kerjakan ada satu dari sekian banyak malam salah satunya adalah malam kemuliaan tersebut. Dan Bagaimana doa yang disunahkan ketika kita mendapati malam lailatul qadar ini, Maka kita disunahkan untuk membaca doa yang ditulis dalam kitab at-tanbih sebagai berikut:

Abu Ishaq al-Syirazi, dalam kitabnya At-Tanbih menuliskannya sebagai berikut:

ويطلب ليلة القدر في جميع شهر رمضان وفي العشر الأخير أكثر وفي ليالي الوتر أكثر وأرجاها ليلة الحادي والعشرين والثالث والعشرين ويستحب أن يكون دعاؤه فيها اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني

Juga sempat ditanyakan oleh Aisyar RA kepada Rasulullah dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu majah seperti berikut ini:

Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul, andaikan aku bertemu Lailatulqadar, doa apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab, ‘Allâhumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî,’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku),” (HR Ibnu Majah).

Maka dari itu kita harus menjaga amalam kita di 10 hari terakhir bulan ramadhan agar senantiasi diampuni dosa yang sekarang atau masa lalu dengan mengamalkan segala bentuk peribadah atas dasar keimanan dan keikhlasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here