Nuzulul Qur’an, Adakah Amalan Khususnya?

0
411
nuzulul Qur'an

Soloupdate.com – Nuzulul Qur’an merupakan bahasa arab yang berarti turunnya kitab suci Al-Qur’an yang terjadi setiap 17 ramadhan. Dan biasanya umat islam memperingati momen kejadian ini setiap tanggal 17.

Allah menurunkan al-Qur’an kepada nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril di tanggal 17 Ramadhan sehingga peristiwa tersebut diberi nama Nuzulul Qur’an. Dan saat malam tersebut tidak ada amalan Khusus yang harus dikerjakan oleh seorang Muslim.

Namun, selama ramadhan ini memang umat muslim telah mengamalkan amalan saat siang hari seperti berpuasa dan di malam harinya mereka diperintahkan untuk memperbanyak amalam seperti tilawah Qur’an ataupun mendirikan sholat malam seperti sholat Tarawih dan witir.

Bagi yang memiliki bacaan yang bagus, amalan tilawah alqur’an ini Allah akan melipatgandakan pahalnya dan Nabi Muhaamd pernah dimuraja’ah oleh Malaikat Jibril terkait dengan bacaan Al-Qur’an di Bulan ramadhan.

Dalam moment Nuzulul Qur’an inilah nabi Muhammad Pernah di Murajaah dan anda sebagai umat muslim yang memang belum betul bacaannnya bisa menanamkan pada diri sendiri untuk selalu memperbaiki bacaan Al-Qur’annya sehingga harus ada perkembangan atau kemajuan dalam membaca Qur’an.

Bagi yang belum tartil atau lancar dalam membaca Al-Qur’an tidak perlu memperbanyak bacan Al-Qur’an mereka bisa memperbaiki dahulu bacaaan saat bulan suci Ramadhan ini. Kesimpulannya tidak ada Amalan Khusus saat Nuzulul Qur’an saat Nabi Muhammad diberikan wahyu pertama kalinya di Gua Hiro dengan kalimat bacalah..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here