Siap-Siap! Merapi Segera Meletus Info Resmi BPPTKG

0
170
Merapi Meletus

Soloupdate.com -Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta telah merilis siaran pers terbaru bahwa Gunung Merapi akan segera meletus dalam waktu dekat ini. Hal itu berdasarkan hasil pengamatan kegempaan dan pengamatan secara berjenjang.

Gunung merapi saat ini masih berstatus level waspada dan BPPTK sudah merilis tanda-tanda letusan bakal segera terjadi mengingat gunung ini adalah salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia.

Seperti keterangan dari Hanik Humaida selaku kepala BPPTK yogyakarta bahwa setiap harinya ada gempa dangkal sebanyak dua puluh tiga kali sedangkan deformasinya sebesar 2 centimeter sehingga terekam perubahan bentuk gunung.

BPPTKG mempredikasi erupsi tidak akan sebesar pada taun 2010 lalu dan dilihat dari pengamatannya akan mengikuti tahun 200 silam. Sudah dua tahun ini gunung merpai mengeluarkan indeks eksplosif yang rendang dibandingkan dengan erupsi 2010 dan 2006.

Saat ini mitigasi bencanapun nampaknya akan kesulitan jika menempatkan orang dalam suatu wadah tanpa ada social distancing karena bebaengan dengan pandemi covid 19.

Saat ini gunung merapi masih berstatus waspada sejak 21 Mei 2018 sehingga sudah 2 tahun yang lalu merapi masih berstatus waspada dan belum dinaikan statusnya menjadi siaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here