Cetak E-KTP KK Mandiri Di Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Seperti ATM

0
42
Cetak KTP Dengan Mesin ADM

Soloupdate.com – Kemendagri telah rilis sebuah layanan pencetakkan dokumen secara mandiri melalui Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), sehingga masyarakat sedikit dipermudah dalam urusan birokrasi yang membuatjenuh terlebih harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan dokument seperti Kartu keluarga maupun E-KTP.

Cetak E-KTP dan KK Secara Mandiri memang menjadi trobosan terbaru dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian dalam negeri, apalagi masyarakat dapat sewaktu-waktu mencetaknya meskipun dihari libur.

Selain itu, dengan adanya ADM yang bentuknya mirip seperti ATM ini, dokument kependudukan dapat dicetak dalam 24 jenis dokument yang dicetak dalam waktu hitungan menit sebagai contoh e-KTP hingga kartu keluarga.

Mesin ADM ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yang memiliki kesibukan pekerjaan karena selain bebas dari praktik perjokian atau pungutan liar dalam kepengurusan. Dengan adanya mesin ADM ini anda bisa cetak ketika hari libur kerja.

Saat ini mesin ADM baru ada di Kantor dinasi Kependudukan dan pencatatan sipil dan kedepannya akan dipasang di tempat yang ramai seperti bandar udara, stasiun kerta api dan lainnya sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kantor dukcapil untuk kepengurusan dokument melainkan bisa secara mudah dan cepat dalam mencetak dokument.

Rencannya tahun depan akan ada sebanyak 122 mesin ADM ini untuk seluruh Indonesia. Sebagaimana yang anda tahu bahwa mesin ADM ini bukan dari anggaran APBN Indonesia melainkan dari pihak ketiga yang meminjamkan untuk dimanfaatkan sebesar besar kemaslahatan umat.

Kolaborasi hibah pinjam pakai ini bekerja sama dengan PT sinergi Nasional Rakyat Indonesia sebagai pihak ketiga. Mesin ADM ini juga seperti layaknya Mesin ATM yang harus dikontrol tiap waktu, karena memang jikalau habis harus diisi kembali. Apabila Blanko E-KTP habis harus diisi lagi.

sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here