Duit Baru Rupiah 75 Ribuan Spesial HUT RI

0
214
Uang baru 75 Rbuan

Soloupdate.com –┬áPemerintah akhirnya mencetak uang baru senilai 75 ribuan sepsial Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75. Uang tersebut dicetak secara terbatas hanya 75 juta saja, dan tidak digunakan untuk tambahan liquiditas ditengah pandemi virus corona. Salah satu Momen spesial yang biasanya Bank Indonesia hanya mencetak uang koin saat ulang tahunnya.

Sayangnya uang baru 75 ribu ini tidak ditujukan secara bebas dan tersedia di Masyarakat. Uang tersebut akhirnya sebagai kenang-kenangnya dari kementerian keuangan untuk peringatan hari kemerdekaan republik Indonesia.

Duit Baru Indonesia tersebut menggunakan warna merah dan putih serta tambahan warna hijau. Namun tetap di dominasi warna merah dan putih karena sebagai simbol dari Negara Indonesia. Tema dan makna dalam uang pecahan 75 ribuan ini sebagai salah satu syukur kemerdekaan Indonesia yang telah terbebaskan dari Penjajah.

Mata uang baru tersebut memilikidesain antar muka halaman seorang tokoh proklamasi Kemerdekaan dan sebagai salah satu pencetus dan presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno dan Mohammad hatta. Melihat antar muka anda bia melihat MRT, Jalan Tol serta Jembatan yang panjang hal ini memiliki arti bahwa Indonesia telah menguayakan dalam jalur transportasi pembanguan sehingga dari suatu daerah ke daerah yang lainnya dapat dijangkau dengan mudah.

Tak lupa Desain bagian belakang uang 75 ribuan tersebut juga memperlihatkan nilai pancasila persatuan Indonesia sekaligus Filosofi Pancasila Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda suku, pakaian adat istiadat dari barat, tengah sampaii ke ujung timur Indonesia dengan memperkenalkan adat masing-masing

Mulai dari pakaian tenun khas Bali, batik kawug dari Jawa, Songker dari sumatera selatan dan masih banyak lagi serta di era digital tersebut dapat berkomunikasi dengan mudahnya sehingga menampilkan peta Indonesia sekaligus Satelit sebagai sarana penghubung komunikasi tersebut.

Peta Indonesiapun dibuat menggunakan warna emas yag tujuannya Indonesia harus dapat bersaing dengan persaingan global sehingga SDM yang unggul dari berbagai macam suku dengan memakai pakaian tradisional menjadi harapan bangsa.

Indonesia sudah ketiga kalinya mengeluarkan uang edisi Khusus, mulai dari ulang taun yang ke 25 dan ke 50 dan saatnya kembali ke uang 75 ribuan. Saat ulang taun ke 50 Indonesia BI merilis uang logam Khusus dengan gambar Presiden Soeharto dengan tulisan Lima Puluh Tahun kemerdekaan Indoensia dengan bahan emas kadar 23 karat dengan berat 50 gram.

Itulah beberapa hal terkait dengan duit baru ketika HUT RI. Selanjutnya ke 25 tahun mendatang kemungkinan besar Republik Indonesia juga akan mencetak uang barunya ke 100 tahun. Tunggu saja uang baru Indonesia lainnya.

sumber kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here