Penerapan Darurat Sipil Upaya Terakhir Indonesia dalam Menekan Penyebaran Virus Corona

0
215
corona virus Indonesia
image from tirto.id

Soloupdate.com – Salah satu langkah kebijakan yang masih dalam tahap pertimbangan dan terakhir untuk ditetapkan adalah penerapan darurat sipil. Nah, yuk kita cari tahu apa itu penerapan darurat sipil?

Penerapan darurat sipil merupakan langkah akhir yang harus diambil oleh negara Indonesia untuk menekan penyebaran virus corona covid-19 yang semakin tinggi tingkat penyebarannya.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel. Langkah akhir tersebut seperti lockdown yang terjadi di Wuhan. Namun, pemerintah sampai saat ini masih berupaya dengan kebijakan pembatasan sosial atau yang sering disebut dengan physical distancing atau menjaga jarak aman.

Kebijakan ini telah dilakukan dan diinstruksikan disemua wilayah yang ada di seluruh Indonesia dengan menjaga jarak 1 meter dengan menjalankan pembatasan sosial berskala besar. Dan pembatasan tersebut akan didampingi kebijakan darurat sipil dan meminta agar ada payung hukum untuk pembatasan sosial yang berskala besar dan sesuai dengan aturan pelaksanaan yang jelas.

Apabila penerapan pembatasan sosial berskala besar ini tidak dapat dicegah penyebaraannya maka langkah akhirnya adalah darurat sipil dengan meminta apotik dan toko sembako agar tetap buka sesuai dengan protokol jaga jarak ketat karena dengan pembatasan sosial jaga jarak saat dilakukan kebijakan darurat sipil dapat menekan penyebaran virus corona

sumber: kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here