pesona-surga-wisata-alam-deles-indah

Pesona Surga Wisata Alam Deles Indah Klaten

SoloUpdate.com (Klaten) – Saat ini traveling sedang menjadi tren dikalangan masyarakat terutama untuk anak muda yang memiliki hobi jalan-jalan berburu tempat wisata. Objek- objek wisata yang banyak dikunjungi antara lain yaitu pantai, candhi, kebun binatang, wisata edukasi museum maupun wisata alam lainnya.

Salah satu wisata alam yang dapat dikunjungi yaitu wisata alam deles indah yang terletak di kabupaten Klaten. Deles indah merupakan objek wisata yang terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi sekitar 25 km dari pusat kota Klaten. Deles indah ini berada di wilayah desa Sidorejo, Kemalang, Klaten dengan ketinggian antara 800 – 1300 meter di atas permukaan laut.

Lokasi ini mempunyai potensi khusus suasana pemandangan alam pegunungan yang sangat memukau dan mempunyai hawa yang sejuk. Dari lokasi wilayah Deles indah pengunjung dapat melihat pemandangan puncak merapi dengan nyata, termasuk pemandangan kota Klaten, cerobong perusahaan pabrik gula Gondang Baru dan perusahaan pabrik gula Ceper Baru, demikian juga pengunjung dapat menyaksikan melihat Rawa Jombor dengan jajaran gunung kapurnya. Lokasi deles indah sendiri hanya berada di bawah radius 10km dari puncak Gunung Merapi.

Oleh sebab itu wisata alam Deles Indah dianggap sebagai Pesona Surga yang menampakkan Keindahan Gunung dan rawa dalam satu tempat sekaligus.

Pesona Surga Wisata Deles Indah ini, selain mempunyai kawasan yang luas dengan pemandangan alam yang sejuk khas pegunungan juga terdapat berbagai peninggalan-peninggalan sejarah dan tempat-tempat rekreasi khusus. Diantaranya adalah :
1.    Bekas pesanggrahan Pakubuwono X
Tempat ini berupa bangunan pesanggrahan yang dipakai bertapa atau bersemedi oleh Sunan Pakubuwono X pada sekitar tahun 1938.

2.    Makam Kyai Mlayopati
Yaitu sebuah bangunan berupa makam dan disekelilingnya terdapat pelataran sederhana yang biasa dipakai untuk ziarah atau nyepi oleh penduduk Kemalang dan sekitarnya.

3.    Sendang Kali Reno
Yaitu berupa sendang atau mata air yang mempunyai warna air yang berwarna- warni.

4.    Taman Ngajaran
yaitu sebuah taman yang terletak di bagian barat hutan akasia sebelah utara pesanggrahan Pakubuwana X dan juga di sepanjang jalan menuju bukit petung. Taman ini biasa digunakan untuk rekreasi maupun camping.

5.    Taman Pring Cendani
Secara alami lokasi ini merupakan hutan bambu yang tidak teratur, di dalamnya terdapat jalan setapak menuju ke puncak merapi.
6.    Gua Sapuangin
Yaitu sebuah gua yang terletak di bawah bukit Pring Cendani yang memiliki kedalaman sekitar 8 km.

Selain itu, di Deles Indah tersebut juga terdapat CCTV Stasiun Pasar Bubar dan Deles yang berfungsi untuk mengawasi aktivitas Gunung Merapi. jadi, para pengunjung dapat dipastikan aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian pemaparan Pesona Surga Wisata Alam Deles yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

Fatahul Lathip

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Pesona Surga Wisata Alam Deles Indah Klaten yang dipublish pada Mei 5, 2017 di website SOLO UPDATE

Leave a Comment