Hotel Termewah di Solo ini Akan Membuat Liburan Anda Berkesan

Advertisement
advertisement

SoloUpdate.com – Apakah Anda mau berlibur sambil merasakan indahnya budaya Jawa asli? Kalau iya, Solo adalah tujuan yang tepat. Solo adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang terletak dekat dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hampir mirip dengan Yogyakarta, Kota Solo masih mempertahankan budaya kerajaan. Bahkan, masih terdapat dua buah keraton yang disebut dengan kasunanan dan mangkunegaran yang masih memiliki penguasa sampai saat ini.

Walaupun kedua keraton beserta sistem monarkinya masih berjalan, pemerintahan administratif Kota Solo sudah tidak dipegang oleh raja, melainkan sudah ditangani oleh sistem pemerintahan negara. Kerajaan dan perangkatnya berfungsi menjadi pemimpin upacara adat dalam acara kebudayaan saja.

Untuk berlibur di kota ini, Anda bisa menginap di hotel-hotel yang banyak tersebar di Kota Solo. Bahkan, sudah terdapat banyak hotel mewah yang siap menyambut Anda dengan sejumlah fasilitas yang mengesankan.

Berikut adalah beberapa hotel termewah di Solo yang akan menjamu Anda selama berlibur:

1. Solo Paragon Hotel & Residences

hotel-termewah-di-solo-ini-akan-membuat-liburan-anda-berkesan

Solo Paragon Hotel & Residences

Solo Paragon adalah sebuah kompleks lengkap yang terdiri dari mal, hotel, dan apartemen. Oleh karena itu, hotel ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menginap di lokasi yang dekat dengan keramaian. Untuk mencapai Solo Paragon Hotel & Residences, Anda hanya perlu berkendara sekitar 1,5 kilometer dari Stasiun Balapan Solo.

Anda bisa memilih salah satu dari tiga tipe kamar yang ditawarkan oleh hotel ini. Harganya berkisar antara Rp 400.000,00 sampai dengan Rp 1.000.000,00 tergantung tipe yang Anda pesan – superior, deluks, atau eksekutif. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa memesan kamar hotel termewah di Solo ini via Traveloka.

2. The Royal Surakarta Heritage

The Royal Surakarta Heritage Traveloka.com

The Royal Surakarta Heritage

Hotel ini adalah tempat menginap yang tepat jika Anda ingin merasakan atmosfer budaya Jawa yang khas. Terletak di Jalan Slamet Riyadi, hotel ini akan menjamu Anda layaknya sebuah istana. Selain itu, hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap serta pelayanan yang ramah.

Walaupun memiliki fasilitas mewah dan lengkap, harga sebuah kamar di The Royal Surakarta Heritage tidaklah mahal. Jika menggunakan aplikasi pemesanan seperti Traveloka, hotel termewah di Solo ini bisa dipesan dengan harga Rp500 ribuan saja.

3. Novotel Solo

The Royal Surakarta Heritage Traveloka.com

The Royal Surakarta Heritage

Novotel memang sudah terkenal akan kemewahan hotelnya. Novotel Solo sendiri terletak di Jalan Slamet Riyadi, tepatnya sekitar setengah kilometer dari Keraton Mangkunegaran yang terkenal.
Hotel ini termasuk salah satu hotel mewah yang ramah anak. Fasilitasnya bukan hanya memanjakan orang dewasa, tetapi juga menghibur anak-anak seperti tersedianya klub anak dan kolam renang anak.

Hotel berbintang empat ini bisa Anda pesan dengan harga mulai Rp 500.000,00 rupiah saja. Memang, apabila membawa keluarga, mungkin Anda perlu memesan kamar yang lebih besar dengan harga yang sedikit mahal. Tetapi jika dibandingkan dengan fasilitasnya yang lengkap, hotel ini memang pilihan yang tepat.

Wisata Budaya di Kota Solo

Gerbang Taman Sriwedari - flickr.com

Gerbang Taman Sriwedari

Menginap di hotel termewah di Solo tentunya tidak lengkap tanpa menikmati tujuan wisata kota ini. Banyak hal yang bisa Anda dan keluarga lakukan selama menginap di Solo. Pertama, coba kunjungi Keraton Mangkunegaran dan Keraton Surakarta. Keraton tersebut memiliki sejumlah barang-barang bersejarah yang dipamerkan di bagian museum yang ada di kawasan keraton. Di sini Anda bisa menyelami suasana kerajaan Jawa kuno yang masih terpelihara hingga sekarang.

Berikutnya, Anda bisa berkunjung ke Taman Sriwedari. Taman ini adalah sebuah ruang publik, jadi dapat dipastikan lokasi ini selalu ramai dengan masyarakat Kota Solo. Di taman ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang biasa menampilkan pertunjukan wayang orang atau musik tradisional secara regular.

Selain itu, Solo juga terkenal dengan pusat batiknya yang terletak di Pasar Klewer. Di pasar ini, Anda bisa menemukan bermacam batik dari mulai batik yang masih berbentuk bahan sampai dengan batik yang sudah berupa pakaian. Modelnya pun bermacam-macam, Anda dapat dengan mudah memperoleh pakaian batik bergaya formal sampai dengan pakaian rumahan seperti celana pendek dan daster.

Jika Anda tertarik untuk mendalami pembuatan batik, sangat direkomendasikan untuk mampir ke Kampung Batik Kauman. Lokasi ini adalah sebuah kampung yang terdiri dari sekitar 30 rumah. Di kampong ini, semua penduduknya adalah pengrajin batik yang memproduksi batik dengan cara tradisional.

Nah, kampungini pun terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar membuat kain batik, Anda akan diperbolehkan untuk memakai peralatan yang tersedia dan dibimbing untuk menggambar batik di atas kain. Jadi, Anda bisa membawa pulang hasil batik dari tangan Anda sendiri.

Dengan menginap di hotel termewah di Solo dan mengunjungi pusat-pusat budaya, Anda bisa memberikan pengalaman baru kepada keluarga terutama mengenai budaya dan adat khas Jawa. Jadi, rencanakan masa liburan Anda dan bersiap untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang berkesan di Solo.

Hotel Termewah di Solo ini Akan Membuat Liburan Anda Berkesan | Arkin Haris | 4.5