5 Kuliner Terpopuler di Solo

0
439
5-kuliner-terpopuler-di-solo
Hidangan Kuliner Khas Solo

SoloUpdate.com (Solo) – Solo adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Jawa tengah yang menawarkan sejuta pesona di dalamnya. Kota ini tidak hanya terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya saja, tetapi juga terkenal dengan surganya kuliner yang sangat digemari oleh banyak kalangan.

Kuliner  populer di Solo sangatlah beragam dan menggugah selera, selain itu harganya yang terbilang cukup murah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjungi Solo. Berikut rekomendasi daftar kuliner di kota Solo yang wajib di coba ketika megunjungi kota budaya ini :

1.    Serabi Notosuman
Berkunjung ke kota Bengawan rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan khas yang satu ini yaitu serabi notosuman. Gerai serabi ini terletak di Jalan Mohammad Yamin No. 28 Surakarta. Terkenal sejak tahun 1923 Serabi Notosuman Solo adalah primadona dikalangan pelancong yang mengunjungi kota Solo bahkan serabi ini telah menjadi salah satu oleh-oleh khasnya kota Solo.

Kuliner Populer Serabi ini terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan dan berbentuk bulat dengan kerak disekelilinganya yang terasa lembut dan gurih, selain itu serabi tersebut juga berisikan aneka toping yang dapat dipilih yaitu nangka, coklat dan pisang. Untuk harga, para pelancong tidak perlu khawatir karena harga serabi ini sangat terjangkau di kantong.

2.    Nasi Liwet
Nasi liwet merupakan salah satu kuliner  yang identik dengan kota Solo. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan daun pisang yang dipincuk. Untuk isinya sendiri terdiri dari nasi gurih yang dihidangkan dengan kaldu ayam, sayur labu siyam, telur pindang rebus, daging ayam suwir dan kuntum yang dibuat dari kuah santan kental.

Kuliner populer Solo ini dapat kita jumpai di beberapa tempat antara lain di perempatan hotel Novotel, sepanjang depan pasar Kartasura, dan di daerah sekitar Widuran, Solo. Nasi liwet ini biasanaya buka pada malam hari.

3.    Timlo Solo
Jika berkunjung ke Solo dan ingin menikmati makanan khas yang berkuah maka alternatif yang dapat dipilih adalah Timlo Solo. Para wisatawan dapat menikmati segarnya hidangan berkuah ini yang disajikan dengan irisan sosis ayam, telur ayam pindan dan irisan hati ampela yang dicampur dengan segarnya kuah yang gurih dan sangat menggiurkan.

Bagi para pelancong yang ingin memakan hidangan yang satu ini dapat mengunjungi warung Timlo Solo yang terletak di Jalan Jendral Urip Sumoharjo No. 94 dan Warung Timlo Sastro yang dibuka di Timur pasar Gede.

4.    Cabuk Rambak
Kuliner yang satu ini cocok sekali untuk hidangan sarapan yang sangat terkenal di kota budaya. Cabuk Rambak tersebut terdiri dari ketupat yang diiris tipis-tipis, sambal wijen dan karak yang disajikan dengan wadah daun pisang yang dipincuk. Penjual Cabuk Rambak tersebut dapat ditemui di sekitar Stadion Manahan Solo pada waktu pagi hari.

5.    Pecel Ndeso dan Pecel Solo
Hidangan yang terletak di Jalan Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo tersebut memang sangat terkenal lezat dan harganya pun cukup bersahabat. Hidangan pecel ndeso ini berupa nasi beras merah yang dicampur dengan sayuran rebus yang disirami dengan sambal wijen hitam. Selain itu, makanan khas Solo tersebut  akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan belut goreng, wadar pari goreng, telur ceplok.

Itulah daftar kuliner terpopuler di Solo yang dapat dijadikan rekomendasi bagi wisatawan yang akan berkunjung di kota Solo. Disamping menikmati tempat wisata dan budayanya para wisatawan dapat bersantai sejenak untuk mengisi perutnya dengan mencicipi makanan khas Solo yang sangat lezat dan murah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here