Daftar Tempat Wisata Kuliner Solo Yang Wajib Disambangi

0
176

 

SoloUpdate.com-Surakarta, atau lebih dikenal dengan nama Solo merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata yang populer di Jawa. Solo memang terkenal kaya akan spot-spot wisata tak hanya wisata sejarah dan budaya saja, namun juga memiliki banyak tempat-tempat wisata kuliner dengan sajian masakan khas Solo yang pastinya memiliki citarasa yang berbeda dengan masakan kuliner kota lainnya. Apabila kita berkunjung ke Solo rasanya kurang sempurna apabila kita tidak menyambangi dan mencicipi sajian kuliner di kota yang terkenal dengan slogannya “The Spirit of Java” ini. berikut daftar tempat wisata kuliner di Solo yang wajib kita sambangi:

1.Tengkleng Bu Edi Dekat Pasar Klewer
Pasar klewer merupakan pusatnya bagi orang-orang diseluruh penjuru daerah bahkan turis-turispun banyak yang menyambangi pusat sentra batik terbesar di kota Solo ini. Letaknya tidak jauh dari tempat wisata Keraton Solo. Apabila kita menyambangi obyek-obyek wisata di Solo jangan lewatkan kesempatan untuk dapat mencicii wisata kuliner yang kebetulan lokasinya tidak jauh dari destinasi wisata Keraton dan Pasar Klewer ini. apalagi disaat siang hari? Tengkleng Bu Edi sangat tepat menjadi pilihan menu bagi wisatawan karena menu satu ini sangat menggoda untuk menuntaskan rasa lapar di siang hari. Olahan tulang belulang dan jeroan kambing dengan cita rasa gurih, segar, dan sedikit pedas ini memang menjadi ciri khas dari menu ini.

tengkleng bu edi

Tengkleng Bu Edi

2.Warung Selat Mbak Lies
Seporsi selat berisi potongan wortel, buncis, daun selada, acar mentimun, irisan bawang merah, kentang goreng, potongan daging sapi masak semur, galantin, dan telur rebus. Sajian ini diguyur kuah, dan dilengkapi mustard yang terbuat dari campuran kuning telur dan cuka. Sangat lezat bukan? Apalagi menu ini disajikan dengan potongan buah segar dan daging semur yang membuat pengunjung untuk datang lagi dan datang lagi. Dengan sajian menu ini pengunjung tentunya merasakan sensasi segar dan gurih saat menyantap makanan ini.

warung selat mba lis

Warung Selat Mbak Lies Serengan

Lebih unik lagi di Warung Selat Mbak Lies adalah dekorasi warungnya yang dilengkapi dengan berbagai ornamen keramik seperti guci, piring hiasan dinding, lukisan, hingga meja dan kursi. Meskipun ditata seadanya, dekorasi warung ini meriah dan terlihat tetap unik. Letaknya di Gang II No. 42 Serengan lokasi yang agak sembunyi namun setelah pengunjung menemukan warungnya, semuanya pasti akan terbayar lunas.

3.Sate Buntel Mbok Galak
Penasaran sate buntel seperti apa? Sate Buntel merupakan sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang kemudian “dibuntel” atau dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar layaknya sate pada umumnya. Warung Mbok Galak sebenarnya menyediakan berbagai menu olahan kambing, tapi sate buntel tetap menjadi menu andalan di warung ini. Sate Buntel Mbok Galak buka sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, warung ini berlokasi di Jalan Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar.

sate buntel mbok galak

Sate Buntel Mbok Galak

4.Tahu Kupat “SARI” Pak Brewok
Berbeda dengan tahu kupat lainnya, tahu kupat khas Solo ini memiliki citarasa yang sangat berbeda dengan tahu kupat-tahu kupat lainnya. Sepiring tahu kupat Solo terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning, kol, dan tauge. Isian tersebut kemudian diguyur air bawang dan kuah kecap serta ditaburi irisan daun seledri dan bawang goreng. Jika pembeli menyukai cita rasa pedas, tinggal bilang ke pemilik warung saja, pasti akan ditambah dengan irisan cabe rawit sesuai level selera kepedasan pengunjung.

tahukupat

Tahu Kupat Pak Brewok

Meskipun pedagang tahu kupat di Solo terbilang banyak, salah satu yang jadi rekomendasi adalah tahu kupat “SARI” Pak Brewok yang berlokasi di Jalan RM SAID buka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB warung tahu kupat Pak Brewok siap melayani pembeli yang yang menyambangi warungnya untuk menikmati cita rasa manis dan gurih dari sepiring tahu kupat khas Solo.

5.Es Dawet Bu Dermi
Setelah lelah berkeliling kota Solo adabaiknya apabila kita mampir ke Pasar Gede. Disini kita bisa menemukan kios Es Dawet Telasih Bu Dermi yang selalu ramai disambangi pembeli. Hanya dengan mengeluarkan koceh 5 ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati semangkuk es yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Pasti segar dan enak bukan?

sdawet

Es Dawet Bu Dermi

6.Es Gempol Preret Pak Suhar
Penasaran rasanya seperti apa? Makanya apabila berkunjung ke Solo jangan lupa untuk menyambangi warung Pak Suhar ini yang berada di Jalan Dr. Wahidin, tepatnya di samping Masjid Tegalsari Solo, Es Gempol Pleret Pak Suhar buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. Gempol dibuat dari tepung beras yang dipapatkan dan dibentuk bulat pipih, sedangkan pleret terbuat dari adonan tepung beras dan gula Jawa. Keduanya dicampur dengan santan cair dan es batu, serta semacam saus yang terbuat dari campuran gula Jawa dan gula pasir. Dijamin pembeli pasti puas dengan sajian es yang segar dan kenyang ini.

es gempol pleret

Es Gempol Pleret

Beberapa ulasan diatas merupakan sajian kuliner khas Solo yang wajib kita sambangi ketika kita berada di kota “The Spirit of Java” ini, namun selain dari beberapa ulasan diatas, masih banyak lagi sajian kuliner Solo yang khas yang tentunya wajib kita cicipi juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here