Kuliner Solo Paling Legendaris

0
423

SoloUpdate.com-Solo selain sebagai destinasi wisata, juga merupakan kota yang terkenal akan kekayaan kulinernya, bukan hanya karena ragam kulinernya yang unik saja, melainkan karena setiap makanan khas kota ini menonjolkan sensasi rasa yang unik dan lezat. Masakan khas Solo, seperti pada umumnya masakan Jawa lainnya, dikenal bercita rasa manis. Bahan tersebut didapat dari Gula jawa dan kecap manis yang merupakan dua bahan yang kerap dipakai untuk meracik masakan khas Solo. Bagi wisatawan yang melancong ke Solo, jangan tinggalkan kesempatan untuk dapat mencicipi sajian kuliner khas Solo paling legendaris jika perlu membawa pulang untuk oleh–oleh baik untuk keluarga, teman, atau kerabat dekat.

 

1.Serabi Notosuman
Serabi merupakan bahan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak diatas arang mirip pannekoek tanpa menggunakan minyak. Karena diproses tanpa menggunakan minyak, menjadikan ciri khas dari serabi ini biasanya sedikit gosong. Tapi jangan salah, justru ini yang menjadikan serabi Solo semakin lezat disantap.

serabinotosuman

Serabi Notosuman

Dari beberapa Serabi yang terkenal di Solo, yang menjadi favorit kebanyakan wisatawan ialah Serabi Notosuman. Serabi ini dikenal memiliki rasa yang enak dan gurih,tersedia berbagai varian rasa. Ada 2 varian rasa kue serabi yang lezat, wisatawan dapat mencoba kue serabi coklat dan polos. Keduanya sama-sama lezat jika disantap. Ketika mencoba kue ini, rasanya begitu legit dan manis. Kue serabinya begitu menggoyang lidah, dijamin tak puas kalau hanya mencicipinya satu kali saja.

Lebih menarik lagi sambil membeli atau menunggu antrian wisatawan dapat melihat proses pembuatan serabi yang lezat. Bahan untuk membuat serabi ini cukup mudah, hanya menggunakan tepung beras dan santan yang diaduk menjadi adonan kue serabi. Lalu adonan tersebut dimasak di atas cetakan bulat kecil menggunakan tungku. Aroma kue tercium wangi luar biasa menggoda mulut untuk segera menyantap.

2.Selat Solo
Selat Solo sendiri sebenarnya merupakan modifikasi dari beefsteak atau sering disebut dengan bistik) yang dibuat dengan konsep bumbu yang lebih kejawen. Sajian utama dari seporti selat Segar Solo adalah daging sapi yang diiris agak tipis kurang lebih 6-7 mm, seukuran 15cmx7cm, kemudian dimasak dengan cara disemur.

selatsolo

Selat Solo

Selain daging sapi, Selat Solo juga disajikan dengan telur rebus, kripik kentang, buncis dan wortel yang sebelumnya ditumis dengan margarin, bawang merah, tomat potong dan lada serta disiram dengan kuah lezat berwarna kecoklatan yang terasa manis dan gurih.

Agar buncis dan wortel yang dasarnya berasa plain ini memiliki cita rasa, maka sebelum penyajian ditumis terlebih dahulu menggunaan margarine, bawang merah, tomat potong dan lada. Kentang yang disajikan sebagai penghasil karbohidrat sengaja diiris tipis agar cepat matang saat digoreng. Tentunya sangat lezat bukan? Bagaimana dengan kalian yang belum pernah mencicipi kuliner khas Solo ini?

3.Sate Kere dan Sate Buntel
Tahukah kalian dengan sajian kuliner khas Solo satu ini? jangan sampai salah pesepsi ketika mendengar namanya yang sedikit aneh ini. Dalam bahasa Indonesia, kere artinya miskin. Tapi bukan berarti sate kere ini merupakan sate miskin. Maksud dari sate ini merupakan sate yang dijual dengan harga murah. Sate kere dibuat dari potongan tempe gembus menggunakan tusuk sate dan dibakar diatas arang dengan campuran bumbu bacem gurih dan manis serta ditambah dengan sambal kacang, terasa sangat nikmat bukan?

satekere

Sate Kere

Sedangkan sate buntel merupakan sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dilapisi lemak kemudian dibuntel atau dibungkuskan pada tusuk sate sebelum dibakar. Rasanya?Pasti lezat!

satebuntel

Sate Buntel

4.Nasi Liwet
Nasi liwet merupakan salah satu sajian kuliner yang sangat menggugah selera. Dalam satu porsi nasi liwet ini terdapat telur, suwiran ayam, sayur labu siam dan kuah khas nasi liwet yang sering disebut dengan areh. Cara penyajian nasi liwet ini sangat sederhana yaitu dengan menggunakan piring bambu yang dilapisi dengan daun pisang, yang membuat rasa nasi liwet ini semakin terasa khas. Perut bisa mendadak jadi lapar ketika melihat yang namanya nasi liwet.

nasiliwet

Nasi Liwet

5.Timlo Solo
Timlo merupakan makanan khas Solo yang serupa sup atau soto tetapi bebeda kalau timlo ini dilengkapi dengan, mie putih atau yang sering disebut soon, telur, kembang tahu dan daging ayam atau sapi sebagai pengisinya. Kuahnya pun luar biasa, rasa kaldu ayam yang gurih akan terpancar lewat harumnya, dan jika diseruput keindahan akan menyelimuti rongga mulut kita. Timlo paling enak disantap saat masih hangat, apalagi kalau cuaca sedang hujan rintik- rintik, pasti terasa sangat syahdu.

timlo

Timlo Solo

Beberapa ulasan diatas merupakan sajian kuliner Solo paling legendaris, apabila berkunjung ke Solo jangan lupa untuk menjelajahi berbagai kulinernya yang khas, serasa kurang lengkap apabila tidak mencoba kulinernya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here