Lakukan Yang Terbaik Untuk Bumi Kita, Mari Berpartisipasi Dalam Earth Hour 2017

0
85

hour

SoloUpdate.com-Tahukah kita yang dimaksud dengan Earth Hour? Earth Hour adalah simbol untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu perubahan iklim serta isu lingkungan lainnya. Berdasarkan yang kami lansir dari Wikipedia bahwa Earth Hour merupakan sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Earth Hour 2017 dihelat pada hari Sabtu (25/3/2017) mulai pukul 20.30 – 21.30 WIB. Sebanyak lebih dari 7 Ribu kota di 178┬ánegara di dunia ikut berpartisipasi dalam gerakan ini. Indonesia juga tidak ketinggalan, di beberapa kota di Indonesia mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura ikut berpartisipasi dalam Earth Hour 2017 ini. salah satu yaitu kota Surakarta.

 

Masih berdasarkan yang dilansir dari Wikipedia bahwa salah satu keuntungan kita ikut serta berpartisipasi dalam Earth Hour ialah salah satunya untuk mengurangi konsumsi energy, Menurut survei daring Zogby International, 36 juta orang berpartisipasi pada Earth Hour 2008. Survei ini juga menunjukkan adanya peningkatan kesadaran masyarakat terhadap perubahan iklim sebesar 4%.

Di Solo sendiri earth hour dihelat dibeberapa tempat mulai dari instansi pemerintah, hotel, masyarakat dan sebagainya. Bagi kita yang belum mengetahui atau melaksanakan hal ini pada tahun sebelumnya, kita dapat berpartisipasi dalam earth hour tahun ini tepat pada nanti malam pukul 20.30-21.30 WIB di untuk mematikan lampu dan alat elektronik lainnya yang tidak digunakan selama satu jam. Jangan buang sia-sia kesempatan ini karena mengingat bahwa earth hour ini memiliki beberapa manfaat penting bagi bumi kita pertama salah satunya yaitu efisiensi energy, melalui cara atau metode yang cukup sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap orang yaitu dengan menghentikan pemakaian listrik untuk sementara waktu yaitu sekitar 1 jam. Dengan mematikan listrik selama 1 jam saja pada saat peringatan earth hour berarti kita telah ikut andil dalam penghematan biaya listrik negara serta membantu untuk memenuhi kebutuhan listrik di hampir seluruh pelosok daerah.

Kedua dengan program earth hour dengan tujuan yaitu untuk mengingatkan manusia tentang terjadinya perubahan iklim global yang nantinya dapat berdampak pada kondisi lingkungan, seperti pemanasan global, serta timbulnya berbagai wabah penyakit berbahaya. Ketiga adalah dapat meningkatkan perhatian serta kesadaran manusia tentang keadaan bumi sebagai tempat mereka hidup. Dimana semakin lama keadaan bumi berada dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Hal ini semata-mata juga karena ulah manusia sendiri. Keempat yaitu manfaat earth hour menjadi salah satu cara untuk membantu melindungi bumi dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh ulah-ulah penghuninya sendiri yaitu dengan cara mengurangi emisi karbondioksida maupun gas rumah kaca. Pengurangan emisi karbondioksida berarti menambah ketersediaan oksigen di bumi.

Bagaimana dengan kalian sekarang sudah mengetahui manfaat penting dari earth hour, mari kita berpartisipasi dalam kegiatan earth hour kali ini salah satu cara dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik lainnya yang dida digunakan selama sekitar satu jam tepat pada Sabtu (25/3/2017) pukul 20.30-21.30 WIB, mari ajak saudara, kerabat, teman, tetangga, dan sebagainya untuk ikutberpartisipasi dalam program earth hour ini dan biasakan untuk melakukan gaya hidup yang ramah akan lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here