Indonesia International Mask Festival

0
14
indonesia-international-mask-festival
Indonesia International Mask Festival

SoloUpdate.com Solo – Indonesia International Mask Festival atau yang biasa disingkat IIMF menjadi salah satu event di Solo yang selalu ditunggu-tunggu. Festival ini menampilkan tari-tarian topeng dari wilayah Indonesia maupun Internasional.

Indonesia Internasional Mask Festival (IIMF) adalah event berskala internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Solo lewat Semarak Foundation dan SIPA community sebagai ajang pertemuan seni topeng dari dalam dan luar negeri serta sarana promosi yang sempurna dan bergengsi. Kalimat tersebut dikutip dari profil page IIMF sendiri.

Penyelenggarakan acara seperti Indonesia Internasional Mask Festival (IIMF) ini dimaksudkan untuk mempromosikan kota Solo sebagai kota yang kaya akan budaya dan pariwisata. Setiap perhelatan ini digelar, kurang lebih ribuan pasang mata larut untuk menyaksikan tarian budaya yang dibalut dengan keunikan topeng.

Diadakannya event IIMF Indonesia di kota Solo ingin juga sebagai bentuk pengenalan kekayaan topeng Indonesia kepada publik dalam negeri maupun manca negara. Aneka topeng akan dipertontonkan sejalan dengan budaya masing-masing negara.

Topeng itu sendiri adalah warisan nenek moyang dan sebagian dari sejarah yang harus dilestarikan. Topeng tidak hanya mempunyai nilai kesenian melainkan dapat juga menggambarkan karakter seseorang. Banyak makna tersirat yang dirangkai dalam seni yang bernilai tinggi ini.

Pagelaran berkelas internasional, Indonesia International Mask Festival selalu mengundang decak kagum dan berlangsung spektakuler. Segala persiapan dilakukan secara maksimal, mulai dari setting panggung, lighting,sound, sampai make-up. Aksi topeng dari berbagai negara berkolaborasi dengan budaya lokal akan menjadi suguhan langka dan fenomenal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here