Minibus Rombongan SD Sidoarjo Terjun Jurang di Tawangmangu

0
185
minibus-rombongan-sd-sidoarjo-terjun-jurang-di-tawangmangu
Warga mengevakuasi Korban kecelakaan
minibus-rombongan-sd-sidoarjo-terjun-jurang-di-tawangmangu
Warga mengevakuasi Korban kecelakaan

SoloUpdate.com (Solo) – kecelakaan kembali terjadi di Tawangmangu, tepatnya jalan tanjakan kearah cemoro sewu. Minibus Solaris Jaya berpelat nomor K 1677 CD yang membawa rombongan wisatawan dari Sidoarjo, Jawa Timur, mengalami kecelakaan di Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (26/2/2017).

Enam penumpang penumpang meninggal dunia dalam kecelakaan tersebut. Dua penumpang meninggal dunia di lokasi kejadian, sementara empat orang lainnya meninggal dunia dalam perjalanan ke Puskesmas Tawangmangu.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Minibus membawa 30 orang termasuk sopir. Mereka adalah rombongan wisata perpisahan siswa SDN Jimbaran Wetan.

Mereka hendak menuju lokasi wisata ke Sarangan dan Tawangmangu. Rombongan melewati jalan lama Gondosuli. Sampai lokasi kejadian, minibus diduga mengalami rem blong dan terjun ke jurang sedalam 10 meter.

Saksi mata lain menyebutkan minibus menghindari mobil dari arah berlawanan. Enam penumpang meninggal itu terdiri atas lima orang dewasa dan satu anak-anak usia 10 tahun.

Para penumpang langsung dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Tawangmangu, kecuali sembilan penumpang yang terluka parah dan dirujuk ke RSUD Karanganyar. Kebanyakan mereka mengalami patah tulang.

Dari informasi lain menyebutkan bahwa para penumpang adalah rombongan pelancong dari Sidoarjo, Jawa Timur, yang akan ke Tawangmangu, Karanganyar, enam di antaranya tewas menjadi korban kecelakaan.

Anggota Komunitas Relawan Independen (KRI) Solo, Ilham, mengatakan,  kecelakaan itu mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia.

Terlepas dari itu, sejumlah petugas dan mobil ambulans dari Solo telah dikirim ke Gondosuli. Hal itu disampaikan oleh Staf Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Arief Fahmi Rahmansyah, mewakili Kepala BPBD, Eko Prajudhy.

“Mobil ambulans dari PMI Solo, Solo Peduli, dan ambulan  dikirim ke Gondosuli,” katanya.

Fahmi mengatakan, tujuan pengiriman mobil ambulans itu untuk membantu proses evakuasi dan penanganan para korban  bus masuk ke jurang.

Akibat dari kecelakaan tersebut arus lalu lintas sedikit tersendat dengan proses evakuasi korban. Proses evakuasi cukup sulit dikarenakan minibus masuk ke jurang yang cukup dalam. Hal ini merupakan kecelakaan yang kesekian kalinya di Tawangmangu, khususnya di jalan-jalan yang curam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here