Umbul Sumber Eromoko, Obyek Wisata Baru Wonogiri

0
130
umbul-sumber-eremko-obyek-wisata-baru-wonogiri
Umbul Sumber Eremko

SoloUpdate.com (Wonogiri) – Umbul Sumber Eromko sebagai onyek wisata baru di Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, pemerintah setempat berencana menjadikan Umbul Sumber Eromoko sebagai objek wisata desa.

Umbul Sumber Eromoko dibangun dengan desain cukup menarik. Terdapat dua lokasi cekungan yang terisi air. Airnya bening berwarna kebiruan.Kepala Desa Eromoko, Widiyatno,  menyampaikan saat ini sedang berupaya menyertifikatkan lahan umbul. Upaya itu sebagai langkah awal menjadikan umbul terseut sebagai tempat wisata.

Rencananya tempat wisata dikelola Badan Usaha Milik (BUM) Desa. Langkah menjadikannya sebagai objek wisata merupakan dorongan warga. Lalu pemerintah desa menyepakatinya.

Menurut Widiyatno, Umbul Sumber Eromoko layak menjadi objek wisata karena telah dikenal masyarakat luas. Umbul itu setiap hari dikunjungi orang dari berbagai wilayah. Mereka berenang, bermain air, atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana di sekitar lokasi.

Saat ini umbul itu lebih representatif setelah beberapa tokoh masyarakat yang peduli menata lokasi sekitar umbul pada 2016 lalu. Selain digunakan untuk bermain dan tempat pemandian, umbul itu juga dimanfaatkan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Wonogiri sebagai sumber air bersih dan untuk memenuhi kebutuhan air bagi 400-an keluarga di Desa Eromoko dan Kelurahan Puloharjo.

Pemanfaatannya dibagi dua mengingat lokasi berada di perbatasan. “Tahun ini kemungkinan penyertifikatan lahan selesai,” ungkap Kades.

Di umbul itu terdapat sejumlah sumber mata air yang cukup besar. Sejak dulu hingga sekarang air tak pernah kering. Uninya air tersebut jernih dan segar.

Terpisah, warga yang sejak kecil hingga dewasa tinggal di dekat umbul, Joko Wuryanto, mendukung dijadikannya Umbul Sumber Eromoko sebagai objek wisata. Menurut lelaki yang kini tinggal di Kecamatan Wonogiri itu umbul tempatnya bermain semasa kecil dan remaja dulu sangat potensial mendatangkan pemasukan.

Jika dijadikan lokasi wisata, Joko meyakini keberadaan umbul akan meningkatkan perekonomian warga. “Kalau ke rumah orang tua, saya selalu luangkan waktu ke Umbul Sumber. Indah sekali umbulnya itu,” kata dia.

Keberadaan Umbul Sumber Eromoko ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan keindahan alam sekitar dan menjaga kekayaan tersebut demi kelangsungan hidup yang selaras.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here