Pemkot Solo Bentuk Saber Pungli

0
117
Pemkot-Solo-Bentuk-Saber-Pungli
Ilusrtasi foto

 

Pemkot-Solo-Bentuk-Saber-Pungli
Ilusrtasi foto

SoloUpdat.com (Solo) – Pembentukan Satuan Tugas (Satga) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) akhirnya telah terealisasikan oleh Pemerintah Kota Surakarta (Pemkot). Pemkot menghimbau agar masyarakat melapor jika menemukan adanya praktik pungli dalam pelayanan.

“Tim Saber Pungli di Solo sudah terbentuk beberapa pekan lalu. Nanti akan langsung bertindak saat ada laporan atau temuan di lapangan,” terang Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo kepada wartawan saat ditemui di Solo Car Fre Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Minggu (5/2/2017).

Untuk timnya berasal dari Pemkot, Kejaksaan Negari (Kejari), TNI/Polri. Nantinya Tim Saber Pungli ini akan memonitor kegiatan-kegiatan masyarakat dan pemerintah tanpa terkecuali.

FX Hadi Rudyatmo mengatakan masyarakat tidak perlu takut untuk melapor jika menemukan atau melihat ada tindakan pungli dan akan langsung di tindak lanjuti.

Sejauh ini belum ada laporan dari masyarakat, namun banyak SMS atau WhatsApp yang masuk. Kebanyakan laporan itu soal tarif parkir yang tidak sesuai ketentuan. Memang keresahan terkait taif parkir di Solo sangat dirasakan warga Solo, pasalnya hampir disetiap lokasi yang ramai pengunjung, tarif parkirpun ikut melonjak naik.

“Jadi masyarakat harus berhati-hati, baik itu bagi juru parkir, pelayanan masyarakat ataupun yang lainnya. Sekarang ini korupsi tidak hanya melibatkan pejabat tapi juga masyarakat banyak yang kena,” jelasnya.

Rudy juga mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak main-main dengan pelayanan publik. “Pungli itu cukup meresahkan harus disingkirkan dan pelaku yang melakukan ditindak tegas dengan dipecat,” imbuh dia.

Pihaknya optimistis Solo bisa bebas pungli. “Saya selalu sampaikan kepada ASN, jika mata, telingan banyak saya daripada teman-teman. Nomer HP di share ke masyarakat, jadi ada keluhan langsung ditindak lanjuti,” kata dia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Surakarta, Budi Yulistianto menyatakan jika nanti Tim Saber Pungli bertugas mencari dan menerima laporan masyarakat.
“Dalam waktu dekat ini Tim Saber Pungli akan dikukuhkan dan membuat rencana kerja ke depan,” imbuhnya.

Wali kota Solo menambahkan, kalau untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah disampaikan Walikota agar menghindari pungli. “Jika ada yang tertangkap akan ditindak dan diberi pembinaan,” pungkasnya.

Hal ini disambut positif oleh masyarakat. Dengan adanya pembentuka Saber, setidaknya dapat meminimalisir terjadinya pungutan liar yang semakin meresahkan berbagai kalangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here