Munculnya Kekerasan Terhadap Guru Memprihatinkan

0
66
Munculnya Kekerasan Terhadap Guru Memprihatinkan
Pemukulan Terhadap Guru SMKN 2 Makassar

SoloUpdate(Jakarta) – Geramnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy terhadap pemukulan guru SMKN 2 Makassar, Sulawesi selatan, oleh wali murid. Kekerasan terhadap guru tidak bisa ditoleransi.

“Apapun alasannya, pemukulan terhadap guru adalah perbuatan yang tidak bisa ditoleransi,” kata Muhadjir dalam pesan, Kamis (11/8/2016). Dalam perkara ini, penyidik Polsek Tamalate telah ditetapkan sebagai tersangka Adnan Ahmad dan anaknya berinisial A. Dasrul, guru SMKN 2 Makassar yang menjadi korban pemukulan telah melaporkannya.

Kasus  ini dipicu karena emosi pelaku yang ditelepon anaknya yang mengaku ditampar guru karena tidak membawa tugas pekerjaan rumah (PR). Namun Dasrul sebagai korban mengaku bukan menampar namun hanya mendorong bahu siswanya karena mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas terhadapnya sebagai guru. Reaksi mucul dari para siswa SMKN 2 Makassar.

Pagi hari para siswa melakukan tuntutan  ke kantor Polsek Tamalate di Jalan Danau Tanjung Bunga. Mereka menuntut Adnan Ahmad, pelaku pemukulan Dasrul, gurunya dihukum berat. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam menegaskan agar orang tua tidak terlalu reaktif jika mendapat aduan dari anak di sekolah.

“Kami prihatin atas kejadian kekerasan yang terkait dengan anak. Tidak dibenarkan melakukan tindakan melanggar hukum. Karena anak kemudian orang tua melakukan tindak kekerasan terhadap guru. Padahal orang tua dan guru merupakan poros yang harus memastikan pemenuhan hak dasar anak pendidikan. Karena proses pendidikan itu tidak mungkin berhasil jika dua elemen dasar ini tidak menjalankan fungsi dengan baik dan tidak ada komunikasi yang baik,” jelas Niam.

Harapan muncul dari kalangan guru yang berharap agar kejadian seperti ini tidak terjadi kembali dan keharmonisan antar guru dan orang tua murid bisa terjalin kembali. sehingga, muncul komitmen untuk mengembangkan calon generasi yang sesuai dengan apa yang diimpikan keluargannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here