Inilah Calendar Event Kota Solo Selama Januari 2017

0
62
inilah-calendar-event-kota-solo-selama-januari-2017
Calendar Event Januari 2017
inilah-calendar-event-kota-solo-selama-januari-2017
Calendar Event Solo Januari 2017

SoloUpdate.com – Sebagai kota tujuan wisata, Solo selalu menggelar agenda rutin khas Kota Solo. Setiap bulan, berbagai event baik acara nasional maupun yang menyangkut budaya lokal dikelola dan diadakan oleh Pemkot Solo. Acara tahunan atau lebih dikenal dengan Calendar Event Solo Januari 2017 diawali dengan perayaan tahun baru 2017.

Car Free Night di sepanjang jalan Slamet Riyadi, dan perayaan di Taman Satwa Taru Jurug mewarnai perayaan tahun baru 2017 yang telah diselenggarakan tanggal 31 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017 dini hari.

Berikut ini adalah daftar agenda rutin khas Kota Solo yang diselenggarakan selama bulan Januari 2017.

1. Haul Habib Ali Bin Al Habsyi
Acara ini diselenggarakan untuk memperingati wafatnya Habib Ali Bin Al Habsyi. Lokasinya di area jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon. Tahun ini, acara haul ini akan digelar pada tanggal 19-20 Januari 2017 dan dihadiri oleh ribuan orang. Dengan ini, Solo secara resmi menggelar peringatan haul yang ke-105 tahun ini.

2. Grebeg Sudiro
Grebeg Sudiro adalah acara perayaan yang merupakan akulturasi budaya Tionghoa dan Jawa yang ada di Solo. Tahun ini, Grebeg Sudiro diadakan pada tanggal 22 Januari 2017. Perayaan dimeriahkan oleh kirab di depan Klenteng Tien Kok Sie sebelah selatan Pasar Gede.

3. Imlek Festival
Festival Imlek adalah event yang digelar pemkot Solo untuk menyambut acara tahun baru Cina. Rangkaian acara menarik Festival Imlek tahun ini akan digelar dari tanggal 22-26 Januari 2017. Salah satu event paling populer adalah Solo Imlek Fair. Acara ini merupakan bazar yang menjual segala sesuatu yang menjadi khas perayaan Imlek. Lokasi bazar berada di lantai II Pasar Gede. Puncak acara Solo Imlek Fair adalah malam pesta kembang api.

4. Wilujengan Nagari Mahesa Lawung
Wilujengan Nagari Mahesa Lawung adalah sebuah acara adat Keraton Solo. Tahun ini, acara akan digelar pada tanggal 26 Januari 2017 di dalam hutan Krendowahono, Gondangrejo, Karanganyar. Inti acara ini adalah penguburan kepala kerbau yang dijadikan simbol kebodohan. Tujuannya adalah untuk membuang sifat buruk pada manusia. Kerbau dijadikan simbol kebodohan seperti istilah orang Jawa yang mengatakan “bodo longa-longo koyo kebo.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here