7 Cafe dan Tempat Nongkrong Paling Hits di Solo

SoloUpdate.com – Solo adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang kini menjadi tujuan favorit para wisatawan. Salah satu daya tarik kota Solo adalah wisata kulinernya. Saat ini untuk kuliner di Solo telah banyak berdiri café- café yang menjadi tujuan tempat nongkrong para wisatawan. Café-café di Solo tidak hanya menyajikan tempat- tempat yang nyaman untuk nongkrong dan berkumpul dengan keluarga atau teman, tetapi juga menyediakan makanan- makanan khas kota Solo yang lezat dengan harga yang sangat murah. Berikut ini adalah 7 Café dan tempat nongkrong paling populer di Solo yang bisa dijadikan referensi.

1. Cafedangan
Cafedangan adalah sebuah tempat nongkrong yang sangat populer di Solo. Lokasinya berada di sekitar kompleks stadion Manahan Solo, tepatnya di Jl. Adi Sucipto No. 7 Manahan Solo. Karena berada di tengah- tengah kota, Cafedangan menjadi tempat nongkrong yang mudah untuk di temukan.
Banyak anak muda baik dari dalam kota maupun luar kota yang datang ke Cafedangan untuk berkumpul bersama teman- teman atau keluarga sambil menikmati makanan- makanan khas wedangan Solo.

Cafedangan menyediakan makanan- makanan yang sudah disajikan di atas meja, sehingga pengunjung bisa langsung memilih sendiri menu yang diinginkan. Makanan dan minuman yang disajikan adalah menu- menu khas wedangan di Solo. Tersedia aneka gorengan dengan harga yang murah yaitu mulai dari Rp 500,00- Rp 1.000,00 saja per biji. Ada juga aneka sundukan seperti sate keong, sate usus, sate hati ampela ayam, dan aneka sosis dan bakso dengan harga rata- rata Rp 2.000,00 per biji.

Nasi bandeng atau nasi kucing khas wedangan juga tersedia di sini. Nasi bandeng atau nasi kucing adalah nasi dengan lauk potongan bandeng goreng dan sambal tomat yang dibungkus kecil- kecil.

2. Tiga Tjeret
Tiga Tjeret adalah sebuah café untuk tempat nongkrong di Solo yang juga sangat populer. Lokasinya sangat strategis karena berada di pusat kota Solo, tepatnya di Jl. Ronggowarsito 97, Ngarsopuro, Solo. Café Tiga Tjeret memiliki konsep Cafedangan sehingga menyediakan jajanan khas wedangan kota Solo. makanan- maknanan khas wedangan yang bisa dinikmati adalah aneka gorengan seperti tempe goreng, sosis goreng, bakwan dan lain- lain. Tidak ketinggalan nasi kucing atau nasi bandeng dan sayur pelengkap seperti bothok dan oseng- oseng.

Selain itu, aneka minuman juga tersedia di sini. Beberapa minuman khas wedangan menjadi favorit para pengunjung tempat nongkrong ini. Misalnya, cokelat- jahe, kopi, dan JKJ (Jahe- Kencur- Jeruk). Minuman- minuman tersebut memang sangat cocok untuk dijadikan teman berkumpul bersama jajanan angkringan. Tidak perlu khawatir,soal harga sangat bersahabat di kantong.

Untuk tempatnya sendiri, Tiga Tjeret memilih konsep semi- terbuka. Pencahayaan dibuat agak tamram sehingga sangat cocok untuk nongkrong. Selain itu, fasilitas lain seperti bangku- bangku kayu dan aneka pernak- pernik daur ulang dari bahan plastic menambah seru suasana. Tempat ini sangat sesuai untuk tempat nongkrong pada malam hari bersama orang- orang terdekat.

3. Rumah Nenek
Rumah Nenek adalah café untuk tempat nongrong di Solo yang berada di kawasan Kampung Batik Laweyan. Lokasi tepatnya berada di jalan Sidoluhur nomor 58. Dari namanya, café ini sudah jelas mengambil konsep vintage.

Konsep vintage dengan suasana Jawa sangat bisa dirasakan di café Rumah Nenek. Design rumah Joglo adat Jawa membuat suasana vintage semakin kental. Rumah Nenek juga mengambil konsep cafédangan namun juga divariasikan dengan konsep modern. Jadi, selain makanan khas angkringan, pengunjung juga bisa memesan menu lain baik makanan maupun minuman.

Yang menjadi khas tempat nongkrong ini adalah sajian minuman dengan gelas jumbo. Ukuran gelas yang super jumbo membuat pengunjung bisa nongrong lama di sini. Jangan lupa untuk mampir ke cafedangan Rumah Nenek jika berkunjung ke kompleks wisata Kampung Batik Laweyan.

4. Wedangan Omah Lawas
Café atau tempat nongkrong di Solo berikutnya adalah Wedangan Omah Lawas. Wedangan ini juga sangat populer karena berada di tengah kota Solo, tepatnya di Jl. Dr.Supomo no. 55. Hampir sama dengan tempat nongkrong di Solo lainnya, Wedangan Omah Lawas juga mengambil konsep Cafedangan dengan suasana rumah adat Jawa yang sangat vintage.

Yang membuat tempat nongkrong ini populer adalah areanya yang sangat luas. Area wedangan dibagi menjadi beberapa ruang. Ada ruang lesehan untuk keluarga yang dilengkapi dengan televisi. Ada juga area khusus anak muda yaitu area café outdoor dengan meja bundar yang diberi atap payung. Suasanya menjadi sangat romantic untuk nongkrong apalagi jika sedang bersama pasangan.

Wedangan mulai dibuka pada pukul 5 sore hingga malam hari. Menu yang ditawarkan juga beragam dan semuanya khas angkringan Solo. selain itu juga disedikan menu lain yang lebih modern. Karena memiliki area yang sangat luas, banyak pengunjung yang memilih tempat ini untuk acara- acara komunitas.

5. Wedangan Radjiman
Wedangan Radjiman adalah sebuah tempat nongkrong populer di kawasan Jl. Perintis Kemerdekaan, Solo. Dari namanya, tempat nongkrong ini juga memiliki konsep wedangan. Meskipun masih terbilang baru, tempat ini sudah ramai oleh pengunjung.

Yang membuat Wedangan Radjiman populer adalah tag linenya yaitu “you will never wedangan alone”. Slogan ini sebenarnya diambil dari semboyan klub bola asal Inggris, Liverpool (you will never walk alone), yang artinya “kamu tidak akan berjalan sendirian.”

Tag line itu juga menjadi ciri bahwa Wedangan Radjiman memang tempat favorit untuk nonton bareng pertandingan sepak bola. Jadi, bagi para penggemar sepak bola di Solo, jangan takut kalau akan sendirian karena “you will never wedangan alone”. Harga makanan khas angkringan yang sangat ramah di kantong pun membuat para pengunjung semakin betah di sini.

6. Mom Milk
Kalau tempat nongkrong di Solo yang satu ini agak beda dari yang sudah disebutkan sebelumnya. Konsepnya bukan wedangan tetapi café modern. Lokasinya ada di jantung kota Solo yaitu Jalan Adi Sucipto, Banjarsari, Manahan. Mom Milk sangat populer terutama bagi kalangan anak muda di Solo.

Menu khas yang ditawarkan utamanya adalah berbagai olahan minuman yang bahan utamanya susu. Susu murni dicampur dengan berbagai rasa seperti cookies, coffee, green tea, hazelnut, taro, bubblegum dan sebagainya. Untuk menu makanan yang disediakan adalah kudapan dan makanan berat seperti sosis, spaghetti, scramble egg, chicken steak, dan sapi lada hitam. Minuman dan makanannya dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Konsep tempatnya sendiri memang didesign untuk anak muda. Dinding- dindingnya dihiasi dengan ornamen seperti graffiti, striker dan gambar- gambar unik lainnya. Tempat ini sangat populer terutama untuk tempat nongkrong anak sekolah dan mahasiswa.

7. Warung Orange
Warung Orange berada di Jl. Kapten Mulyadi No. 19, Pasar Kliwon, Solo. Tempat nongkrong ini memiliki konsep bangunan ala Eropa dan disebut Warung Orange karena warna dari bangunan dan furniturenya berwarna orange cerah. Warung Orange buka setiap hari dari pukul 08.00- 00.00 WIB.

Menu yang ditawarkan oleh café ini adalah masakan Italia, Meksiko, dan Amerika. Salah satu menu andalah yang sangat populer di sini adalah potongan ayam yang dimasak dengan saus, keju dan pasta. Sebab tempatnya tidak terlalu luas, pengunjung harus rela sabar untuk mengantri karena tempatnya sering penuh. Harga makanan dan minuman dibandrol dengan harga mulai dari Rp 10.000- 35.000 saja.

Itulah tadi tujuh café dan tempat nongkrong yang paling populer di Solo. Jika berkunjung ke Solo, jangan lupa mampir dan dijamin tidak kecewa. Selamat berwisata kuliner dan menikmati berbagai makanan lezat dengan harga yang sangat terjangkau di Solo.

7 Cafe dan Tempat Nongkrong Paling Hits di Solo | Arkin Haris | 4.5