5 Obyek Wisata di Wonogiri yang Fenomenal

0
93
5-obyek-wisata-di-wonogiri-yang-fenomenal
Wisata di Wonogiri

SoloUpdate.com – Wonogiri merupakan salah satu kota yang berada di Jawa Tengah. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo, di sebelah selatan berbatasan dengan bibir Pantai Selatan, di sebelah Barat berbatasan dengan Gunung Kidul Yogyakarta, dan di sebelah timur berbatasan langsung dengan Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Pacitan. Dan pastinya Wonogiri merupakan salah satu wilayah Solo Raya. Sebenarnya di kabupaten Wonogiri memiliki banyak destinasi wisata yang menarik dengan pesona alam yang indah sehingga patut untuk dikunjungi. Namun sayangnya belum banyak diketahui oleh traveler atau wisatawan dari luar daerah ini. Disana masih sepi pengunjung tetapi destinasi wisata di kabupaten Wonogiri tak kalah menarik dengan destinasi wisata di kota lain seperti Yogyakarta. Penasaraan? ingin tahu destinasi wisata di Wonogiri, mari kita jelajahi satu persatu.

1. Pantai Nampu (Pantai Pasir Putih)
Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, pantai satu ini menyimpan sebuah cerita sendiri di balik keunikan pantai ini. Obyek wisata Wonogiri ini memamerkan sebuah wilayah yang memiliki kawasan Karts dengan panorama pantai yang begitu Indah hingga memikat hati Anda untuk tidak segera beranjak dari pantai pasir putih ini. Apalagi dengan diiringi deburan ombak pantainya seakan menyeret rayuan alam untuk menyambut selamat datang kepada Anda di destinasi Pantai Pasir Putih ini.

Pantai Nampu memiliki pemandangan alam yang tentunya sangat menarik berupa hamparan pasir putih yang menawan, serta deburan ombak yang beradu dengan batu karang yang tentunya masih terjaga kealamiannya, yang menjadi salah satu keindahan yang dimiliki oleh Pantai Nampu ini. Deburan ombak disini cukup deras karena Pantai Nampu sendiri masih termasuk dalam deretan pantai selatan yang berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai ini masih terlihat bersih dan alami karena belum begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Pantai Nampu sedikitnya memiliki tiga bagian yang terpisah oleh bukit. Saat menyentuh pinggir pantai, wisatawan akan mendengar deburan ombak yang riuh dan ramai. Pantai ini sangat cocok untuk berbasah-basah sambil menyusun istana pasir serta menikmati sebutir air kelapa muda dingin.

Potensi wisata di Pantai Nampu ini sungguh sangat luar biasa, walaupun jauh dari perkotaan tetapi akses untuk menuju lokasi ini sangat baik dan nyaman untuk dilalui. Selain itu di kawasan wisata pantai juga dilengkapi dengan warung makanan dan minuman, serta bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Nampu, pengunjung dapat mengisi agenda lain yang menarik seperti mendirikan tenda, Camping tentu cocok bagi pemburu pantai yang ingin menikmati sunset maupun sunrise di Pantai Nampu ini. Untuk bisa menikmati Keindahan Panorama pantai ini, Anda akan dikenakan biaya Rp 2.000, serta biaya parkir Rp 2.000, harga yang terjangkau dan sangat murah ? Jangan buang – buang waktumu yaa, lebih baik memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk menikmati pesona wisata Indonesia yang sangat Indah dan menarik ini.

Pantai Nampu berlokasi di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Kota Wonogiri ke Pantai Nampu sekitar 70 km atau butuh sekitar 2 jam perjalanan darat untuk tiba di sana.

2. Museum Karts Dunia
Selain destinasi wisata alam ternyata Wonogiri juga memiliki wisata edukasi dan sejarah. Destinasi wisata di Wonogiri yang sangat menakjubkan tersebut adalah Museum Karst Dunia museum ini menyimpan berbagai kebudayaan Indonesia seperti bebatuan dan replica dari gua, Gambaran kehidupan manusia purba, bahkan digunakan untuk Pusat Penelitian Ahli Sejarah dan Geologi. Tempat ini merupakan Museum Karst terbesar dan terunik di Indonesia. Bagaimana sungguh luar biasa kan?
Karst merupakan sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan, dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Karst yang berupa pegunungan kapur ini membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan. Museum Karst dunia dibangun untuk tujuan menyediakan informasi tentang kawasan karst kepada semua pihak untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, wisata yang bersifat edukatif, konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

Bangunan museum ini terdiri dari tiga lantai, lantai pertama disebut Karst untuk kehidupan di lantai ini Anda akan menjumpai beberapa diorama dan replica gua. Diorama tersebut menceritakan edukasi tentang sejarah bumi, kondisi air, dan tanah di kawasan Karst, pemanfaatan Karst di industry modern, manusia pra sejarah, social budaya zaman dahulu dan sekarang, flora dan fauna, konservasi kawasan Karst, serta kearifan local kawasan Karst.

Lantai dua disebut Karst untuk pengetahuan, di lantai ini Anda akan menyaksikan sendiri peta sebaran kawasan Karst di seluruh dunia, asal usul terbentuknya gamping dan Karst, batuan dolomite dan batuan kalsit, maket gua, diorama berupa audio visual, serta contoh – contoh batuan Karst. Kemudian Lantai tiga biasanya digunakan untuk pertemuan dan pemutaran film tentang Karst. Jika Anda kurang puas menjelajahi Museum Karst, traveller dapat menelusuri lagi gua-gua yang berada tidak jauh dari lokasi ini seperti Goa Tembus, Goa Gilap, Goa Mrico, Goa Sodong, dan Goa Potro dan satu Luweng Sapen.

Bagaimana sangat melekat sekali kan dengan ilmu geologi dan geografi? Jika Anda sudah mulai bosan dengan wisata yang begitu-begitu saja, Anda dapat mencoba obyek wisata satu ini, Anda dapat memperkaya wisata edukasi yang berada di dalamnya.

Tempat wisata ini buka setiap hari Senin – Sabtu kecuali hari Jum’at. Biaya masuk lokasi ini Anda akan dikenakan biaya Rp 2.000 di hari Senin – Sabtu, dan Rp 3.000 di hari Minggu. Museum ini berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri atau berjarak sekitar 38 km dari Kota Wonogiri ke arah selatan.

3. Museum Wayang Indonesia
Destinasi wisata di Wonogiri satu ini tidak kalah menarik juga dengan destinasi lainnya. Salah satunya adalah Museum Wayang Indonesia yang berada di kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng. Prawirowihardjo di kecamatan di Wuryantoro Wonogiri ini memiliki kemiripan dengan Museum Wayang yang berada di Jakarta sebab sama-sama menyimpan koleksi wayang yang merupakan warisan budaya adiluhung masyarakat Jawa.

Wayang yang menjadi koleksi museum ini ada berbagai macam diantaranya adalah Wayang Kulit Purwa, Wayang Golek, Wayang Bali, Wayang Klitik, Wayang Suket (rumput), Wayang Beber dari Bali, Topeng, dan bakalan wayang (wayang mentahan belum jadi sempurna). Bahkan Museum Wayang Indonesia memiliki koleksi wayang bukan hanya dari daerah Jawa Tengah saja tetapi juga dari daerah lain di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Bali. Di tempat ini tersimpan ratusan koleksi wayang aneka jenis mulai dari abad 17 ada sekitar 436 buah wayang dari 15 jenis tertata rapi di museum yang berlokasi di sebelah timur Kantor Kecamatan Wuryantoro tersebut. Sebagian besar merupakan hadiah dari beberapa dalang dan kolektor wayang.

Yang lebih menarik lagi ada sejumlah wayang yang dibuat di awal abad 17. Seperti tokoh Udowo tahun 1714 milik Kyai Ageng Dalang Panjang Mas yang diturunkan ke Raden Mas Tumenggung (RMT) Ki Lilik GHD. Juga tokoh Semar, Durga, Gareng, dan Srimpen yang dibikin tahun 1918 hadiah dari Ki Dalang Warsino Guno Sukasno, tak hanya itu saja masih banyak koleksi wayang lainnya dari para dalang serta kolektor wayang ternama.
Dengan adanya museum wayang ini diharapkan dapat menjadi wahana pembelajaran bagi muda-mudi untuk mengenal dan melestarikan salah satu kebudayaan asli Indonesia. Bagaimana persepsimu sangat menarik bukan?

4. Air Terjun Girimanik Setren
Salah satu obyek wisata yang tak kalah menarik ialah Air terjun Girimanik Setren. Selain obyek wisata alam dan pantai, bahkan museum Wonogiri juga mengantongi wisata yang sangat indah dengan udara segar khas pedesaan, ini sangat cocok bagi Anda pecinta udara sejuk dan segar jangan lupa sambangi destinasi wisata air terjun Girimanik Setren ini. Obyek wisata Wonogiri yang masih asri dan alami ini memiliki pemandangan dengan panorama yang menarik yaitu berupa air terjun lengkap dengan gemericik air yang mengalir dari sela-sela bebatuan, udara yang masih bersih dan sejuk serta suasana yang tenang menjadikan tempat ini memiliki daya tarik tambahan bagi pengunjung.

Yang paling menarik lagi bahwa di obyek wisata ini terdapat tiga buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Tentunya ini sangat menarik. Ketiga air terjun tersebut adalah Air Terjun Manik Moyo, Air Terjun Condromoyo dan Air Terjun Tinjo Moyo. Lebih beruntungnya lagi Anda bisa menikmati agrowisata berupa buah durian. Untuk menikmati keindahan alam di Air Terjun Girimanik Setren Anda cukup membayar tiket masuk sebesarRp 5.000 saja. Sangat murah sekali kan? Disini tentunya Anda bisa menikmati udara segar dan bermain air atau mandi sepuasnya.

Air terjun Girimanik terdapat di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah. Untuk pergi ke lokasi ini diperlukan perjalanan sejauh 30 km dari Kota Wonogiri ke arah Ponorogo.

5. Waduk Gajah Mungkur
Destinasi wisata buatan yang satu ini ialah Waduk Wonogiri selain digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik juga digunakan untuk mengairi persawahan disekitar daerah Wonogiri sendiri seperti Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen.

Selain menikmati keindahan Waduh Gajah Mungkur dengan Kapal Boat, Pengunjung juga bisa menikmati olah raga Layang Gantung dan juga ada WaterBoam selain itu juga terdapat sarana olah raga gantoel, kolam renang, mainan anak – anak dan sebagainya. Bahkan dilengkapi juga dengan fasilitas penunjang seperti mushola, toilet, tempat parkir, warung makan dan lain – lain. Waduk gajah mungkur juga bisa digunakan buat memancing.

Di sekitaran tempat wisata ini juga terdapat lapangan yang sangat luas di mana ada panggung terbuka untuk melakukan pertunjukan musik. Waduk ini juga masih menjadi tempat mata pencaharian penduduk lokal yang bekerja sebagai nelayan. Maka jangan heran apabila di sekitaran Waduk Gajah Mungkur terdapat banyak kapal-kapal milik nelayan yang tertambat. Sangat seru tidak? bagi Anda yang berlibur ke Wonogiri jangan lupa singgah ke tempat wisata satu ini. Selain tempat wisata menarik, bersih, nyaman pengunjung juga dapat menikmati udara segar alam sekitar. Bagaimana tertarik?

Ternyata Wonogiri kaya akan Destinasi Wisata yang patut dikunjungi di daerah ini mengantongi beraneka macam obyek wisata yang tentunya sangat menakjubkan dan menarik selain wisata alam, juga terdapat wisata buatan seperti waduk bahkan museum. Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan Anda baik bersama teman, sahabat, kerabat maupun keluarga bisa berkunjung ke Kota Wonogiri ini yang kaya akan obyek wisata dengan beraneka ragam yang dimilikinya. Demikian 5 destinasi wisata di kabupaten Wonogiri yang wajib Anda coba. Selain 5 tempat obyek wisata di Wonogiri tadi, masih banyak lagi obyek-obyek wisata di Solo Raya lain yang mengagumkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here