5 Obyek Wisata Kekinian di Klaten

0
40
5-obyek-wisata-kekinian-di-klaten
Wisata di Klaten

SoloUpdate.com – Klaten merupakan salah satu kota yang terletak diantara dua kota budaya dan destinasi wisata terpopuler di Indonesia yaitu Yogyakarta dan Surakarta. Tetapi destinasi wisata di klaten tidak kalah kekinian dengan segala keelokan obyek wisata yang berada di dalamnya. Kabupaten klaten berbatasan dengan Yogyakarta disebelah barat, di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sukoharjo dan Surakarta, serta di sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Boyolali. Banyak orang hanya sekedar numpang lewat di daerah ini, tanpa mereka tahu bahwa di kota Bersinar ini memiliki berbagai macam destinasi wisata yang kekinian dan tentunya menarik dengan sejuta pesona unik dibalik kesederhanaan kota Bersinar ini.

Berikut ini beberapa destinasi wisata di kota Klaten Bersinar yang paling kekinian. Mari kita telusuri lebih dalam.

1. Umbul Ponggok
Wisata air Umbul Ponggok merupakan tempat yang sangat cocok bagi wisatawan yang suka akan hal kekinian karena tempat ini menyediakan kolam terjenih untuk menyelam sambil berselfie. Selain itu tempat ini bisa sebagai sarana latihan bagi mereka yang bersemangat untuk belajar menyelam sebelum benar-benar terjun ke laut. Kedalaman kolam ini ± 1 – 3 meter merupakan kolam alami yang bisa digunakan untuk berfoto di bawah air, disini Pengunjung juga bisa menikmati wahana permainan air yang banyak digemari seperti Snorkeling. Bahkan wisata air disini memiliki kehidupan bawah laut dengan panorama yang sangat indah dan menarik dengan adanya beragam jenis ikan yang berwarna-warni dan juga adanya batu-batu alami yang bisa didokumentasikan dengan menggunakan kamera khusus yang bisa dibawa ke dalam air, Bagaimana sangat mirip dengan panorama laut yang sesungguhnya bukan?

Para pengunjung juga tak perlu khawatir dengan peralatan snorkeling karena di umbul ponggok sendiri sudah menyiapkan peralatan snorkeling lengkap untuk disewakan kepada pengunjung yang memerlukannya jadi tidak perlu repot – repot membawa peralatan milik sendiri, selain itu pengunjung juga bisa mengikuti latihan scuba diving, atau sekedar bersantai sambil bermain air. Fasilitas lain seperti mushola, warung makan, paket prewedding, sewa kamera, dan sebagainya Obyek wisata umbul ponggok buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB. Sehingga Anda bisa bermain sepuasnya disini, dan waktu kunjungan juga lebih fleksibel. Biaya masuk ke obyek ini per orang akan dikenakan biaya Rp 10.000,- serta harga persewaan peralatan & paket seperti: paket kamera underwater Rp 60.000 hingga Rp 100.000 (30 menit – 1 jam), paket walker – power dive Rp 150.000,- paket Diving Rp 250.000, penyewaan alat pelampung dan alat kaki katak/unit Rp 7.000,- alat masker snorkel/unit Rp 13.000 dan lain – lain. Obyek wisata mata air Umbul Ponggok berada di desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Di sini pengunjung akan menemukan kesenangan dan kepuasan dalam menyelam terutama para pengunjung yang berasal dari Salatiga maupun Solo akan lebih mudah dalam menjangkau tempat ini. Sementar bagi yang datang dari Yogya perjalanan untuk mencapai obyek wisata Umbul Ponggok bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi dengan menempuh waktu sekitar 1 jam saja.

2. Umbul Cokro
Salah satu obyek wisata yang paling kekinian dan yang pasti akan memanjakan wisatawan ketika liburan ialah obyek wisata mata air Cokro. Bukan hanya airnya yang menjadi keunggulan dari tempat wisata air yang terkenal di Klaten ini, selain menikmati keindahan alam yang terbuka juga mandi air bersih dan jernih karena langsung dari sumber mata air yang berada di Klaten ini. Lebih asyiknya lagi di tempat ini juga dilengkapi dengan permainan-permainan seru yang bisa dinikmati bersama keluarga, terutama anak-anak. Wahana atau atraksi yang ditawarkan di tempat ini antara lain adalah flying fox, jembatan goyang, kolam slider, kolam arus, serta waterboom. Para pengunjung yang mencari sebuah tempat liburan seru namun tetap sejuk dan membuat rileks.

Umbul Cokro adalah destinasi yang tepat karena selain airnya jernih dan segar, juga terdapat pepohonan besar yang rimbun yang akan menambah kesejukan dan kenyamanan ketika Anda berlibur. Di sini juga di lengkapi dengan kedai makan untuk santai, serta lahan yang cukup luas untuk istirahat dibawah rindangnya pepohonan yang teduh sehingga akan menambah daya tarik sendiri bagi pengunjung. Biaya untuk bisa menikmati obyek wisata Umbul Cokro tidak mahal, Anda hanya membayar Rp 15.000/dua orang, dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Bagaimana tertarik? Pemandian Umbul Cokro berada di desa Cokro, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

3. Candi Prambanan
Obyek wisata mendunia satu ini termasuk wajib dikunjungi saat berlibur berlibur ke Klaten, bahkan wisatawan mancanegara pun banyak yang tertarik dengan bangunan bersejarah ini. Meskipun candi merupakan peninggalan kulo, namun masih dianggap sebagai wisata yang kekinian bagi mereka pecinta sejarah dan keunikan. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, yang memiliki ketinggian 47 meter. Candi yang dibangun pada abad ke 9 ini berada di 17 km arah timur Yogyakarta, atau ditepi jalan Yogya – Solo. Candi yang memiliki 3 bangunan utama terdiri dari Candi Brahma di bagian selatan, Candi Wisnu dibagian Utara, dan Candi Siwa dibagian Tengah. Di sini Anda akan menikmati kemegahan Candi Prambanan dengan serta melihat relief kisah Ramayana.

Tidak salah bila menjadikan Candi Prambanan sebagai destinasi utama karena memang ini merupakan candi paling megah yang ada di Asia Tenggara, bahkan UNESCO pun sudah memasukkannya ke dalam situs Warisan Dunia. Jika liburan ke Klaten supaya lebih lengkap, sebaiknya singgah dulu ke Candi Prambanan yang berarsitektur tinggi ini.

4. Candi Plaosan
Selain candi Prambanan, juga terdapat candi yang dianggap kekinian karena memiliki keunikan tersendiri dibanding candi lainnya, dimana dua candi utama yang kembar. Salah satu kelebihan bahwa candi ini memiliki teras yang permukaanyya sangat halus. Dicandi ini juga terdapat figure Vajrapani, Amitbha, dan Prajnaparamitha. Arsitektur candi ini merupakan perpaduan Hindu dan Budha. Pada dasarnya candi ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu candi Plaosan Lord an candi Plaosan Kidul. Kedua candi memiliki bentuk teras segiempat yang dikelilingi oleh dinding, bagian semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa pada sisi lainnya. Karena kesamaan tersebut, maka kedua canti ini nampak sama atau hamper serupa jika dilihat dari jauh sehingga sampai sekarang candi Plaosan disebut sebagai Candi Kembar. Bahkan candi ini banyak disukai oleh anak muda untuk berselfi ria. Anda dapat menikmati Candi Plaosan ini sebagai background fotomu ketika waktu senja tiba. Dengan kecantikan candi ini, hasil foto akan lebih menarik. Jadi jangan ragu buat Anda untuk datang ke candi Eksotis ini.

Obyek wisata Candi Plaosan buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB. Tiket masuk hanya Rp 3.000. Sangat murah meriah kan? Candi ini terletak tidak jauh dari candi Prambanan kea rah utara ± 1 km, lebih tepatnya di dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

5. Agrowisata Gondang Winangoen
Agrowisata Gondang Winangoen merupakan tempat wisata yang berada di kawasan pabrik gula gondang, lokasinya berada di Desa Gondang, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Agrowisata Gondang Winangoen ini menawarkan berbagai wahana dan obyek wisata menarik dengan nuansa historis namun tetap kekinian karena dipadukan dengan unsur rekreasi dan edukasi. Adapun wisata yang ditawarkan meliputi flying fox, water park, water slide, kids zone, jembatan gantung, adventure area, wall climbing, marine brige, dan sebagainya. Dengan dilengkapi wahana permainan tersebut yang pastinya akan tambah seru dan menarik bagi pengunjung. Selain itu para pengunjung akan melihat langsung bagaimana proses pembuatan gula pasir dan mengunjungi museum gula dimana Anda bisa mengetahui sejarah industri gula dari masa ke masa. Bagaimana penasaran?

Bagi pengunjung yang belum merasa puas hanya dengan jalan-jalan sambil melihat kolam renang yang berada di agrowisata dan green park, warung makan. Lebih menariknya lagi pengunjung juga bisa menaiki kereta mini mengelilingi kawasan pabrik dengan biaya Rp 8.000 sekali naik. Tiket masuk ke Agrowisata ini cukup murah, dengan membayar Rp 5.000,- tetapi jika ingin memasuki wahana permainan akan dikenakan biaya masuk yang berbeda – beda seperti water park Rp 3.000,- agro teraphy Rp 3.000,- dan sebagainya. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB. Anda akan menikmati sepuasnya liburan di sini. Tempat ini terletak sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh kendaraan umum. Agrowisata Gondang Winangoen beralamat di Jalan Yogya – Solo, Km 25, Plawikan, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah.

Demikian tadi 5 obyek wisata di Klaten yang paling kekinian. Semoga bermanfaat untuk anda pecinta traveling dan bagi yang mau berlibur ke Klaten. Di luar 5 tempat obyek wisata tersebut, masih banyak destinasi wisata di Solo Raya lainnya yang dapat dikunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here