5 Destinasi Wisata di Boyolali yang Mengagumkan

0
472
5-destinasi-wisata-di-boyolali-yang-mengagumkan
Wisata di Boyolali
5-destinasi-wisata-di-boyolali-yang-mengagumkan
Wisata di Boyolali

SoloUpdate.com – Wisata di Boyolali kini menjadi destinasi yang paling dicintai. Berbagai macam tempat wisata telah dibuka dan sukses menarik hati bagi siapa saja yang datang. Keindahan alam diselimuti udaranya yang sejuk membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berlibur di kota susu ini. Wilayahnya yang masuk dalam kawasan Solo Raya juga memudahkan akomodasi perjalanan untuk mencapai tempat tujuan. Maka tidak heran, akhir-akhir ini jumlah wisatawan terus meningkat secara drastis. Berikut 5 destinasi wisata di Boyolali yang mengagumkan:

1. Taman Air Tlatar
Mendengar namanya saja sudah bikin kita tertarik dan penasaran, iya kan? Disini kita bisa menikmati kesegaran dan kejernihan air yang berasal langsung dari sumbernya. Tempat ini sebagai sarana rekreasi yang menyenangkan bagi semua lapisan masyarakat, keluarga, dan sebagainya. Fasilitas di ekowisata air tlatar ini juga disiapkan oleh pengelola wisata tersebut seperti flying fox, becak air, pemancingan, lapangan woodball, dan sebagainya. Yang lebih menarik lagi disini juga terdapat “fish spa” Lhoo…jadi kita dapat menikmati spa bersama dengan ikan-ikan yang siap mereleksasikan diri kita atau ikan-ikan yang sedang kelaparan. Selain itu di taman air tlatar ini sudah dilengkapi oleh fasilitas penunjang seperti rumah makan lesehan, kios cenderamata, kolam renang anak dan dewasa. Kadang-kadang juga ada panggung hiburan seperti dangdut. Disini kita bisa menjelajah aneka sajian kuliner lezat, sambil bermain air. Pasti seru sekali bukan? Ayo ajak teman, keluarga, dan sebagainya untuk berwisata ke taman air Tlatar. Obyek wisata yang terletak di desa Gombol, Tlatar, Kebonbimo, Boyolali, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Kedung Kayang
Berbeda dengan air terjun lainnya yang cukup banyak di Indonesia, terutama di daerah wisata Solo Raya. Apalagi dengan keindahan alam Indonesia yang cukup masih hijau. Air terjun Kedung Kayang ini memiliki sejuta keindahan pesona alamnya serta pemandangan yang asri dan alami, air terjun yang cukup deras. Para penelusur pasti tidak akan kecewa dengan apa yang disuguhkan oleh obyek wisata satu ini. Selain itu bagi kamu yang suka berpetualang tempat ini sangat cocok untuk dipilih. Karena apa? Karena untuk menikmati keindahan air terjun kita akan melewati berbagai rintangan dan juga harus jalan kaki yang cukup jauh dari lokasi parkir. Keindahan di air terjun Kedung Kayang ini kamu akan menyaksikan sendiri air terjun dari 3 view yang berbeda yaitu dari atas air terjun, samping air terjun, dan dari bawah air terjun. Bagaimana sangat indah bukan? Harga tiket masuk Rp 2.500 (sewaktu – waktu bisa berubah), disini juga disediakan tempat untuk istirahat, warung makan, dan sebagainya. Para wisatawan tidak perlu khawatir yaa.. karena akses menuju obyek wisata ini relative mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi amupun umum. Air terjun Kedung Kayang berada diantara dua gunung yaitu merbabu dan merapi, serta terletak diantara 2 kawasan yaitu berlokasi di desa wonolelo, kecamatan sawangan kabupaten magelang dan desa klakah kecamatan selo kabupaten boyolali.

3. Air Terjun Semuncar
Siapa sangka di balik lereng Gunung Merbabu, ternyata menyimpan wisata alam yang sangat menarik Lhooh..di lereng gunung Merbabu terdapat satu obyek wisata air terjun Semuncar dengan ketinggian ± 30 meter, air terjun yang masih alami tetapi letaknya agak sedikit tersembunyi dan dikelilingi bukit terjal serta lembah yang menjulang tetapi tempat ini wajib dikunjungi karena pesona air terjun yang menarik dan masih terjaga kealamiannya. Dibawah air terjun ini terdapat kolam yang menampung air dari aliran air terjun tersebut sehingga kamu dapat bermain – mandi sepuasnya di kolam ini karena selain airnya jernih, segar dan airnya juga cukup dangkal. Percaya ajja deh mengunjungi tempat yang jarang dikunjungi oleh treveler akan memberikan makna tersendiri di hidupmu, selain menyenangkan juga mendapatkan pengalaman, bukanya begitu? Tempat wisata yang dikelola sendiri oleh karang taruna setempat dengan tiket masuk Rp 3000 saja kamu dapat menikmati obyek wisata ini.

Untuk menuju air terjun sendiri akan melewati jalan yang cukup ekstrem. sebenarnya ada 2 jalur untuk mencapai air terjun ini pertama anda melintasi area perkebunan warga sekitar dengan jalan yang datar tetapi agak sempit, kedua melewati jalur sungai Cipendok jalan ini agak terjal dan dipenuhi oleh batu – batu yang besar. Tetapi sebelum menikmati air terjun semuncar, kamu akan menemukan air terjun tempuran dan Sipongok, jangan kaget Lhoo kalo jika sepanjang perjalanan mencium bau dupa dan kemenyan karena masyarakat sekitar sini masih mempercayai hal-hal mistik. Setelah menelusuri jalan tersebut kamu akan berhadapan dengan air terjun Semuncar. Sangat menarik kan? Tempat ini juga cocok untuk berpetualang khususnya bagi kamu yang hobby banget dengan petualang. Ayo manfaatkan waktumu untuk menikmati wisata alam dengan panorama yang indah ini. Obyek wisata ini terletak di timur lereng merbabu atau lebih tepatnya terletak di desa Candisari kecamatan Ampel Boyolali.

4. Agrowisata Sapi Perah
Agrowisata sapi perah menjadi destinasi utama wisata di kota Boyolali karena selain terkenal dengan susunya seperti yang telah disampaikan dalam suatu alunan lagu campursari yang menyebutkan Susu Boyolali, karena di sini wisatawan bisa menikmati kesegaran dan gurihnya susu sapi segar yang disediakan oleh pemilik warung susu segar yang berada dikawasan agrowisata ini, baik disiang hari maupun malam hari. Walaupun siang hari, nikmatnya susu masih terasa karena selain menikmati kamu juga akan merasakan kenyamanan udara sejuk disekitar area ini. Apalagi jika menikmatinya di malam hari tersedia beragam olahan minuman susu segar, baik yang hangat maupun yang dingin. Bagaimana penasaran ingin mencoba?

Lebih indah lagi di agrowisata ini selain menyantap minuman susu segar kamu juga akan ditemani oleh udara yang segar sesuai dengan suasana alam sekitar dengan panorama yang Indah serta disuguhi oleh keelokan topografi alam pegunungan dengan udara yang sejuk dan nyaman, belum lagi kemegahan puncak Merapi dan Merbabu yang mengapit dua sisi tempat agrowisata ini. Tertarik untuk pergi kesana? untuk menuju lokasi ini terbilang sangat mudah karena bisa diakses menggunakan motor, mobil, travel, bus pariwisata, dan sebagainya. Obyek agrowisata sapi perah ini terletak di desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

5. Kampung Lele
Kampung lele merupakan salah satu sebutan wilayah wisata di Boyolali karena sebagian masyarakatnya beternak lele selain itu tempat ini juga dijadikan destinasi wisata kuliner sekaligus pelatihan ternak lele. Destinasi wisata ini awalnya dibangun untuk pembibitan lele, namun dengan pengelolaan yang baik kemudian menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang patut yang patut dikunjungi saat berlibur. Kampung lele ini ditetapkan menjadi Kampung Lele oleh Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto pada Juni 2006, kemudian dikukuhkan kembali oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Februari 2007. Di Kampung lele Anda dapat belajar langsung mengenai budidaya ikan lele serta melihat pengolahan ikan lele menjadi berbagai masakan kuliner salah satunya abon lele, yang tentunya akan membuatmu ketagihan lagi setelah menyantap makanan ini. Bagaimana tertarik untuk merasakan? Segera kunjungi dan nikmati wisata satu ini yang akan memberikan kesan sendiri setelah kamu berkunjung ke destinasi wisata ini. Lokasi ini berada di desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here