6 Kuliner Lezat Khas Karanganyar yang Wajib Dicoba

SoloUpdate.com – Mencicipi berbagai kuliner khas kota wisata memang menjadi salah satu tujuan ketika kita sedang berkunjung ke suatu daerah. Daerah wisata Tawangmangu di kabupaten Karanganyar memiliki banyak kuliner lezat dan unik yang wajib anda coba. Mulai dari kuliner utama hingga makanan yang bisa dijadikan oleh- oleh pun ada di Tawangmangu. Jika anda berkunjung ke kabupaten Karanganyar, Tawangmangu wajib anda kunjungi dan kuliner lezat khas Tawangmangu pun wajib anda coba.

1. Sate Kelinci
Kuliner khas Tawangmangu yang paling terkenal adalah sate Kelinci. Bila anda dan keluarga berkunjung ke Kawasan wisata Tawangmangu, sate kelinci bisa anda temui hampir di setiap sudut atau pinggir jalan menuju Tawangmangu sampai Sarangan. Warung- warung penjual sate Kelinci ini ramai setiap hari dan paling ramai dikunjungi wisatawan pada hari libur nasional dan hari minggu.

Bahan utama sate Kelinci adalah daging kelinci. Daging kelinci yang sudah dibersihkan dipotong dadu kecil-kecil lalu dibakar bersama bumbu sate. Sate kelinci disajikan bersama lontong atau ketupat, sambal kacang, irisan kol, toma, irisan cabai dan bawang merah mentah. Harga satu porsi sate Kelinci berisi sekitar 10 tusuk sate dijual dengan harga rata- rata Rp 15.000. Rasanya sangat lezat dan gurih karena dimasak dengan bumbu kacang serta tidak kalah dengan sate ayam.

Menikmati hawa dingin khas Tawangmangu memang paling pas bersama satu porsi sate Kelinci. Jika anda menyewa penginapan di Tawangmangu, anda tidak perlu repot keluar karena penjual sate Kelinci keliling pun banyak ditemui di sana. Anda juga bisa menikmati sate kelinci ini di objek wisata air terjun Grojokan Sewu Twangmangu, Karanganyar. Tentu lebih nikmat. Wajib dicoba ya?

2. Sop Buntut
Siapa yang tidak kenal dengan Sop Buntut. Sop Buntut adalah salah satu makanan khas Tawangmangu yang juga sangat populer. Sop buntut memakai bahan dasar daging sapi bagian buntut yang direbus lama hingga lunak dan ditambahkan bumbu- bumbu rempah sehingga menghasilkan rasa kuah yang segar dan gurih. Sop buntut disajikan dengan irisan kentang rebus, wortel, seledri dan bawang goreng. Agar lebih nikmat, berilah perasan air jeruk nipis dan sambal kecap.

Salah satu kedai sop buntut yang paling populer dan wajib dicoba di Tawangmangu adalah warung sop buntut Bu Ugi. Anda bisa temukan Sop Buntut BuUgi di sebelah kiri Jalan Raya Solo-Tawangmangu, tepatnya di sebelah timur Pasar Tawangmangu.Sup Buntut Bu Ugi terletak di pinggir jalan menanjak di Tawangmangu. Sup Buntut Bu Ugi sudah menjadi makanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Tawangmangu. Kelebihan sop Buntut Bu Ugi adalah daging buntutnya lebih lembut dan kuahnya lebih gurih.

Meskipun warungnya sangat sederhana, sop buntut bu Ugi tidak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya hari libur saja yang ramai, hari biasa pun tidak kalah ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati sop buntut di tengah udara dingin khas Tawangmangu dan pemandangan pegunungan yang asri di sekitar warung Bu Ugi.

3. Sate Landak
Kalau biasanya sate terbuat dari daging ayam, kambijg, sapi dan kelinci, di Twangmangu ada juga makanan khas yang lebih unik dan agak ekstrim yaitu sate Landak. Untuk mencicipi lezatnya sate landak, anda bisa datang ke warung Bapak Sukatno yang berada di jalan Matesih- Tawangmangu km 2. selain itu, sate landak juga banyak ditemui di sepanjang jalan di Tawangmangu.

Satu porsi sate landak berisi 10 tusuk dijual dengan harga rata- rata Rp 20.000. Harga satu pori sate landak memang lebih mahal dibandingkan dengan sate kelinci atau sate ayam. Ya, bahan baku sate landak sendiri memang sulit untuk dicari. Jadi, wajar ya jika pengunjung harus membayar lebih?

Sate unik ini banyak dicari oleh wisatawan luar kota yang sengaja datang ke Karanganyar untuk mencoba sate yang unik dan tidak biasa ini. Cara membuat dan penyajiannya tidak jauh beda dengan sate Kelinci. Daging landak yang sudah dipoting dadu lalu ditusuk dan dibakar dengan bumbu sate. Setelah matang, sate disajikan dengan lontong atau ketupat, sambal kacang, irisan bawang merah mentah, irisan kol, irisam timat, mentimun dan irisan cabai bagi yang suka pedas.

Cita rasa sate landak ini mirip dengan sate ayam lo. Selain bisa dinikmati dalam bentuk sate, daging landak juga diolah menjadi rica- rica dan tongseng. Hemm, baik sate maupun olahan landak yang lain wajib dicoba ya?

4. Keripik Pisang
Selain makanan utama yang bisa anda nikmati di tempat, Tawangmangu juga menyediakan makanan yang bisa dijadikan oleh- oleh. Salah satunya dalah keripik pisang. Tawangmangu sendiri adalah daerah penghasil pisang dan pisang yang dijadikan keripik adalah pisang Byok. Pisang asli Tawangmangu ini memiliki citarasa yang khas. Rasa pisangnya sendiri sudah manis dan enak sehingga sangat enak, gurih, manis dan renyah ketika diolah menjadi keripik.

Jika anda ingin membeli keripik pisang khas Tawangmangu sebagai oleh- oleh, mampirlah ke pasar tradisional Tawangmangu yang berada di dekat terminal Tawangmangu. Keripik pisang khas Tawangmangu wajib dicoba terutama jika anda berasal dari luar kota.

5. Molen Pisang Imut
Selain diolah menjadi keripik pisang, pisang khas Tawangmangu juga diolah menjadi molen. Pisang yang dijadikan molen adalah jenis Bawen Tanduk. Ya, molen adalah kudapan yang sangat cocok dijadikan camilan dan juga oleh- oleh. Di Tawangmangu, Molen imut sudah menjadi ikon dan selalu habis diserbu pengunjung dari pagi hingga malam hari.

Untuk membuat molen imut, Pisang Bawen Tanduk yang sudah matang diiris tipis- tipis dan dibalut kulit dari adonan tepung terigu lalu digoreng. Pisang tanduk khas Tawangmangu sendiri ketika sudah matang rasanya sudah manis dan tidak cepat bususk, sehingga sangat cocok dijadikan molen. Molen imut disajikan dengan taburan gula halus. Harganya sangat murah. Pengunjung bisa membeli dari porsi lima ribu rupiah saja lo. Murah bukan?

Molen imut bisa ditemu di sepanjang jalan dekat dengan pasar dan terminal Tawangmangu. Di sana banyak sekali penjual yang mangkal dengan gerobaknya untuk menjual molen yang buka mulai pukul 8 pagi hingga tengah malam. Molen imut sangat enak dinikmati selagi hangat. Banyak juga pengunjung yang mampir untuk membeli molen imut lalu menikmatinya di puncak Tawangmangu. Kudapan ini juga wajib dicoba.

6. Kripik Jagung
Di Tawangmangu, tidak hanya pisang dan ubi saja yang dijadikan keripik, tetapi jagung juga bisa diolah menjadi keripik yang lezat. Bahan dasar keripik jagung adalah jagung hasil panen masyarakat Karanganyar sendiri. Rasanya gurih dan lezat sehingga sangat cocok dan wajib dicoba untuk dijadikan oleh- oleh terutama jika anda berasal dari luar kota.

Itulah 6 kuliner di Karanganyar yang wajib dicoba. Wisatawan bisa menikmati masakan khas tersebut di daerah wisata Tawangmangu.

6 Kuliner Lezat Khas Karanganyar yang Wajib Dicoba | Arkin Haris | 4.5