5 Destinasi Wisata Favorit di Solo

0
112
5-destinasi-wisata-favorit-di-solo
Wisata di Solo
5-destinasi-wisata-favorit-di-solo
Wisata di Solo

SoloUpdate.comWisata di Solo adalah salah satu destinasi wisata paling dicintai Indonesia. Kawasannya yang indah serta dibalut dengan keanekaragaman budaya membuat kota ini menjadi andalan bagi para wisatawan. Penduduknya yang ramah juga menjadi kenyamanan tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung. Berikut 5 tujuan wisata di Solo yang selalu menjadi primadona:

1. Museum Pura Mangkunegaran
Tak kalah menarik obyek wisata di Solo salah satunya Anda dapat mengunjungi Museum Pura Mangkunegaran atau Museum Rekso Pustaka merupakan tempat dimana Anda dapat menggali sejarah tentang Abdi Dalem Keraton Surakarta dari zamannya. Cikal bakal Pura Mangkunegaran adalah Raden Mas Said atau yang lebih dikenal sebagai Pangeran Sumber Nyawa yang bertahta sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I. Pura ini dibangun pada tahun 1757. Pura Mangkunegaran terdiri dari dua pendopo dan dalem yang diapit oleh tempat tinggal keluarga raja. Lebih menarik lagi keseluruhan istana dibuat dari kayu jati yang bulat/utuh.

Di dalam Pura Mangkunegaran Anda dapat menjelajah berbagai koleksi peninggalan sejarah dan karya seni yang ada seperti koleksi foto bersejarah, koleksi kitab kuno, senjata, topeng dan sebagainya. Selain itu, di dalam lingkungan Pura Mangkunegaran juga terdapat Perpustakaan Rekso Pustoko yang didirikan pada tahun 1867 oleh Mangkunegara IV. Perpustakaan ini sampai sekarang masih digunakan oleh para sejarawan dan pelajar. Mereka dapat menemukan manuskrip yang bersampul kulit, buku-buku berbagai bahasa terutama Bahasa Jawa.

Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum setiap hari jam 09.00-14.00, Jumat jam 09.00-12.00 sedangkan Minggu jam 09.00-14.00. Museum Pura Mangkunegaran berada di kompleks Pura Mangkunegaran yang berlokasi di tengah – tengah Kota Solo, lebih tepatnya di kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Surakarta (Solo)

2. Pasar Antik Triwindu
Tidak jauh dari Pura Mangkunegaran Anda akan menjumpai Pasar Triwindu atau Pasar Windujenar yang berada di pusat Kota Solo, berbeda dengan pasar – pasar lainnya di Solo, Pasar Antik Triwindu ini telah lama menjadi salah satu destinasi wisata di Solo yang cukup unik dan menarik. Ini dikarenakan keberadaan Pasar Triwindu yang telah lama dikenal sebagai pasar pusatnya barang-barang antik dan kuno di Kota Solo. Dan yang lebih menatik lagi tidak hanya barang-barang dagangannya saja yang antik Lhoo… di Pasar Triwindu ini Anda bisa menelusuri bermacam – macam jenis barang antik mulai dari yang kecil hingga yang besar, dari mulai yang berharga beberapa ribu rupiah saja hingga harga jutaan rupiah.

Barang yang ada di Pasar Triwindu merupakan barang-barang antik yang memiliki nilai sejarah tinggi, barang antik tersebut meliputi barang eletronik, barang pajangan, barang hiasan, dari tahun lama pun di pasar ini tersedia juga Lhoo.. Pasar Triwindu ini buka mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Jadi tidak ada salahnya jika Anda kunjungi tempat ini. Bagaimana tertarik dengan barang – barang antik yang tentunya sangat jarang Anda temukan di luaran sana?

3. Kampung Batik Laweyan Solo
Solo merupakan kota yang terkenal dengan batiknya sehingga tak heran apabila Anda berkunjung ke Solo mampir ke kampung batiknya. Di tempat ini terdapat banyak pengrajin batik tradisional. Di kampung Batik Laweyan Anda langsung menyaksikan sendiri proses pembuatan batik tulis, batik cap dan printing. sekalian Anda yang tertarik bisa langsung mencoba belajar membuat batik Lhoo…tersedia paket kursus batik singkat yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam saja. Peserta kursus baik personal maupun kelompok belajar membuat pola, membatik dan mewarnai dengan teknik colet/tolet.

Hasil karya membatik bisa langsung dibawa pulang sebagi kenang-kenangan yang unik dari Kampoeng Batik Laweyan. Bagaimana sangat menarik bukan? Selain Anda menikmati batik – batik dengan motif dan corak yang khas dan menarik, Anda juga bisa belajar dari proses pembuatan batik tersebut. Beruntung sekali kan? Bahkan ada paket wisata edukasi bagi Anda yang ingin mendalami teknik pembuatan Batik tulis dan batik cap. Selain itu Anda bisa belanja sepuasnya dengan harga yang terjangkau yang pastinya tempat ini menyediakan oleh – oleh khas Solo berupa Batik. Jadi jangan ragu untuk datang dan mencoba sekalian menjelajahi seni batik yang ada di kampung Laweyan ini. Kampung Batik Laweyan beralamat di Jalan Doctor Radjiman No 521 Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

4. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari
THR Sriwedari merupakan sebuah taman yang bersejarah bagi Kota Solo. Di temat ini sejak dulu dijadikan sebagai tempat pertunjukan kesenian tradisional khas Jawa seperti wayang orang, kethoprak, tarian dan sebagainya selain itu juga ada wahana permainan seperti komedi putar, bahkan yang lebih menarik lagi terdapat wahanan permainan salah satunya yaitu boom boom car (mobil senggol) yang menjadi wahana favorit terpopuler di THR Sriwedari. Selain wahana permainan untuk anak – anak serta mini water park, monorail, mini coaster, rock in tug dan berbagai permainan lainnya dan dilengkapi juga dengan stand – stand penjualan makanan dan minuman seperti Sansino Bar, Café Kopi Hitam, Warung Kue, dan café angkringan serta panggung untuk pertunjukan musik seperti dangdut, lagu Koes Plus dan sebagainya.

Untuk hari – hari biasa Senin – Jum’at buka mulai 16.00 – 22.30 WIB, Sabtu 16.00 – 23.00 WIB, dan Minggu/Hari besar pukul 09.00 – 14.00 WIB. Harga tiket wahana permainan mulai Rp 7.000 hingga Rp 10.000. Bagaimana dengan kamu tertarik dengan berbagai wahana yang disuguhkan oleh THR Sriwedari ? berminat untuk berwisata ke THR Sriwedari? Taman Sriwedari beralamat di Jalan Slamet Riyadi No. 275 Surakarta, Jawa Tengah.

5. Pandawa Water World
Tempat wisata Pandawa Water World merupakam wahana wisata air yang favorit di kota solo tepatnya di Solo Baru jawa tengah. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan di kota solo. Walaupun berkelas internasional tetapi pandawa world di desain berdasarkan tokoh wayang Jawa Pandawa sesuai dengan namanya.di tempat ini sangat menarik sekali berbagai wahana permainan air yang disuguhkan oleh Pandawa Water World sendiri seperti Action River, Bima Slide, Raft Slide, Gatotkoco Bungy Tower, Fantastic Slide, Warm Spa dan lain – lain.

Lebih menarik lagi di tempat ini juga terdapat wahana permainan seperti Kresna Wave Pool di wahana permainan ini Anda akan merasakan bagaikan berenang di pantai sesungguhnya karena di sini air kolamnya berombak seperti halnya di pantai, selain itu juga ada Black Hole Slide yang satu ini merupakan wahana yang cukup menantang adrenalin kamu niih… dimana kamu akan merasakan meluncur disepanjang lorong yang sangat gelap hingga ke dasar lorong tersebut. Ini sangat cocok dengan kamu yang menyukai tantangan? Ingin mencoba? Sangat menarik sekali kan? Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti area parkir yang luas, kamar mandi, ruang ganti, loker, masjid, dan juga food court. Serta setiap permainan selalu didampingi oleh ahlinya yang tentunya sudah berpengalaman. Tempat wisata di Pandawa Water World ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Jadi jangan sia-siakan kesempatan untuk berwisata di Solo. Ajak teman, sahabat, pacar, saudara, keluarga untuk menelusuri wahana wisata air Pandawa Water World ini dengan wahana permainan yang sangat lengkap di kota Solo. Pandawa Water World beralamat lengkap di Gedangan, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah. Lokasi yang tidak jauh dari pusat kota Solo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here