6 Tempat Wisata di Sukoharjo yang Menakjubkan

0
143
6-tempat-wisata-di-sukoharjo-yang-menakjubkan
Wisata di Sukoharjo
6-tempat-wisata-di-sukoharjo-yang-menakjubkan
Wisata di Sukoharjo

SoloUpdate.com – Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap tanpa mengunjungi tempat- tempat wisatanya. Salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang menakjubkan adalah kabupaten Sukoharjo. Kabupaten Sukoharjo adalah sebuah kota yang memiliki letak strategis karena berada di tengah Surakarta atau masuk dalam salah satu wilayah Solo Raya. Kota ini berbatasan dengan Solo di sebelah utara, kabupaten Karanganyar di sebelah timur, Wonogiri dan Gunung Kidul di sebelah selatan dan berbatasan dengan Klaten dan Boyolali di sebelah barat.

Karena letaknya yang sangat strategis itulah, Sukoharjo sangat tepat untuk menjadi salah satu kota tujuan wisata. Slogan ‘Sukoharjo Makmur’’ pun sangat tepat untuk menggambarkan kondisi kota yang memang sangat kaya akan hasil pertanian, kerajinan dan jamu tradisional. Selain kaya akan hasil buminya, Sukoharjo juga memiliki potensi wisata menarik yang tidak kalah dengan kota- kota lainnya. Tidak kalah dengan wisata di Solo, berikut ini adalah 6 daftar tempat wisata menarik di Sukoharjo:

1. Telaga Claket
Telaga Claket adalah sebuah kawasan wisata telaga yang letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri. Untuk menuju kawasan ini, pengunjung hanya perlu waktu berkendara 15 menit dari jalan Raya Sukoharjo- Wonigiri, tepatnya di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo.

Kawasan wisata Telaga Claket ini memiliki pemandangan pegunungan yang sangat hijau asri, dan air telaga yang sangat bening. Suasana di kawasan ini sangat tenang, sejuk dan menenangkan. Jadi, tempat ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mencari suasana tenang dan menyenangkan, jauh dari keramaian.

Kawasan ini awalnya hanya ramai dikunjungi oleh anak- anak muda di sekitar Sukoharjo dan Wonogiri. Namun, kawasan ini sekarang mulai ramai dan menjadi salah satu destinasi pengunjung dari luar kota.

Untuk masuk ke kawasan Telaga Claket, pengunjung hanya dikenai tiket masuk Rp 5.000,00 saja per orang. Wah, tentu ini harga yang sangat murah sekali. Di kawasan ini pengunjung juga bisa berfoto- foto di tengah telaga, menikmati telaga dengan menyantap makanan khas mi ayam, atau sekadar duduk menikmati pemandangan di sekitar Telaga yang sangat menarik.

Selain itu, keindahan dan keasrian Telaga Claket ini sekarang banyak dimanfaatkan untuk keperluan foto prewedding. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke Telaga ini untuk memancing.

2. Bendungan Colo
Kawasan wisata kedua adalah Bendungan Colo. Letaknya di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, tidak jauh dari kawasan Telaga Claket, karena masih dalam satu area wisata. Awalnya, Bendungan ini dibangun untuk menampung air sungai, yang masih satu jalur dengan Bengawan Solo.

Akan tetapi, keindahan pemandangan di Bendungan ini telah memikat banyak orang. Tidak hanya berfungsi sebagai penampung air, tempat ini sekarang telah menjadi tujuan wisata pengunjung baik dari dalam kota maupun luar kota.

Banyak pengunjung yang datang untuk berfoto di atas bebatuan yang ditata sangat cantik dan menarik. Memancing juga merupakan salah satu tujuan pengunjung yang datang ke Bendungan ini. Bahkan, untuk masuk ke kawasan ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis.

3. Geopark Batu Seribu
Geoprak Batu Seribu terletak di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo atau 20 km sebelah selatan Kota Sukoharjo. Memang kawasan ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Sukoharjo, namun tidak ada salahnya dicoba jika ingin melihat keindahan tempat ini.

Geoprak Batu Seribu dikenal dengan sebutan daerah wisata Pacinan. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung hanya dikenai tiket masuk Rp 2.000,00 saja per orang. Jika baru pertama kali mengunjungi tempat ini, tidak perlu kawatir tersesat karena sudah ada penunjuk jalan menuju lokasi. Atau, pengunjung juga bisa bertanya ke penduduk setempat yang terkenal ramah.

Setelah sampai di pintu masuk, pengunjung perlu berjalan sekitar 1,5 km untuk menuju lokasi. Hati- hari karena jalannya curam dan menanjak. Bagi yang ingin menguji nyali dan adreanalin, Geoprak Batu Seribu ini wajib dikunjungi karena spot- spot di dalamnya sangat menarik.

4. Pandawa Water World
Tempat wisata berikutnya adalah Pandawa Water World. Letaknya berada di Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Dari namanya, kawasan ini jelas merupakan wisata air yang sangat menarik karena memiliki konsep Pewayangan.

Sejak pertama kali dibangun dan diresmikan pada pada tahun 2007, wisata ini telah menjadi ikon wisata air di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Banyak wahana air yang disediakan oleh Pandawa Water World. Misalnya Action River, Fantastic, Slide, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide, Raft Slide, Gatotkaca Bungy Tower, Kresna Wave Pool, Black Hole Slide dan kolam renang khusus untuk anak- anak.

Tidak perlu kawatir kelaparan setelah berenang, di tempat ini sudah tersedia area makan untuk keluarga dengan menu andalan khas Sukoharjo di area food court. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengajak keluarga dan anak- anak untuk berlibur
Pandawa Water World buka setiap hari Senin- Minggu dan hari libur, dari pukul 08.00- 18.00 WIB. Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung dikenai tiket masuk Rp 80.000,00 untuk hari biasa Senin- Jumat. Khusus untuk hari Sabtu – Minggu dan hari libur harga tiket masuknya sedikit meningkat menjadi Rp 100.000,00.

5. Waduk Mulur
Waduk Mulur terletak di Desa Kenep, Kelurahan Combongan, Kabupaten Sukoharjo. Letaknya terbilang cukup dekat dengan pusat kota. Konon ceritanya, Waduk ini dibangun pada masa penjajahan.

Di sini pengunjung bisa menikmati ikan segar sepuasnya. Jika tidak puas hanya membeli ikan, pengunjung juga bisa memancing sendiri. Harga ikan- ikan segar baik mentah maupun yang sudah dimasak cukup murah dan terjangkau karena di Waduk ini banyak warga yang membudidayakan ikan melalui keramba.

Di kawasan Waduk terdapat banyak warung yang menjual olahan ikan segar, seperti ikan bakar dan goreng. Pengunjung bisa menikmati olahan ikan dengan ditemani pemandangan Waduk yang sangat menarik. Pengunjung juga bisa membawa pulang ikan segar atau yang dimsak sebagai oleh- oleh.

Kawasan ini juga terkenal sebagai tempat olahraga. Terdapat fasilitas untuk pengunjung yang ingin mencoba panahan atau tenis. Ada juga area untuk outbond. Tidak dipungut biaya alias gratis untuk masuk kawasan ini.

6. Telaga Biru
Telaga Biru adalah kawasan wisata alam yang sebenarnya letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul dan secara administrative masuk dalam kawasan Gunung Kidul tepatnya di Desa Tandansari. Meskipun demikian, banyak juga penduduk Sukoharjo yang berkunjung ke Telaga Biru.

Pemandangan di Telaga Biru sangat menarik dan menakjubkan. Air telaga akan berwarna biru jika terkena sinar matahari disiang hari. Maka, datanglah pada siang hari saat cuaca sedang terik untuk menikmati keindahannya. Pancaran dan pantulan sinar matahari membuat warna air menjadi biru yang sangat indah.

Tanpan sinar matahari, air telaga akan berubah menjadi hijau. Tempat ini sangat bagus untuk foto- foto dengan background pemandangan Telaga dan tebing bebatuan yang dulunya bekas pertambangan. Disediakan juga juga perahu dan gethek bagi pengunjung yang ingin berlayar ke tengah Telaga. Cocok sekali bagi pengunjung yang ingin mencari suasana lain bersama keluarga, suami atau istri.

Itulah diantarannya terdapat 6 tempat wisata di Kabupaten Sukoharjo yang menakjubkan dan wajib dikunjungi. Wisatawan dari Solo Raya bisa menikmati berbagai tempat tersebut untuk berlibur atau sekedar refreshing. Dijamin pesonanya yang memukau dapat menghilangkan penat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here