Inilah 5 Tempat Wisata di Karanganyar yang Wajib Dikunjungi

0
132
inilah-5-tempat-wisata-di-karanganyar-yang-wajib-dikunjungi
Wisata di Karanganyar
inilah-5-tempat-wisata-di-karanganyar-yang-wajib-dikunjungi
Wisata di Karanganyar

SoloUpdate.com – Karanganyar adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kota ini terletak di lereng Gunung Lawu dan berbatasan dengan kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Karena berada di lereng Gunung Lawu, Karanganyar memiliki potensi wisata alam yang sangat menarik dan populer. Udaranya yang sangat sejuk dan alam pegunungan yang masih asri membuat Karanganyar terkenal sebagai kota wisata di Solo Raya.

Terdapat banyak jenis wisata di Karanganyar, misalnya agrowisata, air terjun, taman dan perkebunan teh. Tidak hanya hari Minggu dan hari libur, kawasan wisata di Karanganyar selalu ramai dikunjungi. Selain itu, kuliner khas Karangnyar juga menambah daya tarik wisatawan. Jika anda sedang mencari referensi tempat wisata di Karanganyar yang paling menarik dan populer, berikut ini adalah daftar 10 potensi wisata kabupaten Karanganyar yang paling menarik dan populer.

1. Air Terjun Grojogan Sewu
Wisata alam yang pertama adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Siapa yang tidak kenal air terjun ini? Grojogan Sewu adalah satu air terjun yang berada di lereng Gunung Lawu, kabupaten Karanganyar. Air terjun ini terletak di kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Karena berada di lereng gunung, air terjun ini sangat menarik karena memiliki keindahan alam yang masih asri dan alami. Oleh akena itu, Grojogan Sewu sudah sangat populer dan menjadi salah satu tujuan wajib para wisatawan yang datang ke Karanganyar.

Air Terjun Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Wisata alam ini masih menjadi bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu. Disebut Gorjogan Sewu karena memiliki tinggi seribu pecak atau sama dengan seribu telapak kaki orang dewasa. Ukuran ini terbilang sangat tinggi untuk air terjun lho.

Kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu juga menyediakan beberapa fasilitas dan wahana yang menarik. Misalnya, Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cenderamata, mushola dan MCK. Selain itu, pengunjung bisa memberi makan kera- kera liar yang banyak berkeliaran di sekitar pintu masuk air terjun. Namun, pengunjung harus tetap waspada dengan bawang bawaan karena kera- kera di sana terkenal jahil. Barang bawaan anda bisa dirampas oleh kera- kera jika anda tidak berhati- hati.

Untuk masuk ke kawasan air terjun, pengunjung perlu membayar tiket masuk seharga Rp 10.000,- saja per orang. Murah bukan? Jika anda berkunjung ke Karanganyar, jangan lupa untuk datang ke Air Terjun Grojogan Sewu yang sangat menarik dan populer ini.

2. Air Terjun Parang Ijo
Selain Grojogan Sewu, masih terdapat air terjun lain di Karanganyar yaitu Air Terjun Parang Ijo. Keindahan air terjun Parang Ijo ini tidak kalah menarik dengan air terjun Grojogan Sewu. Lokasinya berada di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Parang Ijo tidak jauh dari lokasi wisata Candi Cetho. Dari Candi Cetho pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

Lokasi wisata air terjun Parang Ijo juga berada di lereng gunung Lawu sebelah timur. Meskipun hanya memiliki ketinggian 50 meter, Parang Ijo juga tidak kalah menarik dengan Grojogan Sewu. Keindahan alami air terjun Parang Ijo ini membuat banyak orang mengunjungi terutama pada hari minggu dan hari libur nasional.

Di kawasan wisata air terjun Parang Ijo, pengunjung juga bisa menikmati wahana lain yang tidak kalah menarik dan seru.Fasilitas lain yang disediakan misalnya, Menara atau Gardu Pandang, area taman bermain dan kolam renang. Selain itu, pengunjung tidak perlu kawatir jika merasa lapar karena di kawasan ini banyak warung yang menjual makanan.

Untuk masuk ke lokasi wisata air terjun Parang Ijo, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp 3.000,- saja per orang. Wah, sangat murah bukan?

3. Agrowisata Sondokoro
Selain wisata air terjun, Karanganyar juga terkenal akan agrowisatanya. Salah satu agro wisata Karanganyar adalah Sondokoro. Agrowisata Sondokoro sangat menarik dan cocok untuk liburan bersama keluarga dan anak- anak. Letaknya berada di kawasan pabrik tebu Tasikmadu, Karanganyar.

Di kawasan agrowisata ini, anda bersama keluarga dapat menikmati fasilitas dan wahana yang telah disediakan. Misalnya, kolam renang untuk anak- anak, waterboom, dan aneka permainan lainnya.

Untuk permainan yang lebih menantang dan melatih keberanian anak- anak, anda bisa mencoba wahana flying fox. Selain itu, anda juga bisa mengajak anak- anak keliling lokasi Sondokoro dengan naik kereta api tua. Nah, untuk orang tua khususnya yang ingin terapi, di sini sudah disediakan kolam ikan untuk terapi ikan.

Harga tiket masuknya sangat murah, yaitu Rp 5.000,- saja per orang. Sondokoro buka setiap hari dari pukul 08.00- 17.00 WIB.

4. Taman New Balekambang Tawangmangu
Ada sebuah wisata baru yang terkenal paling menarik di Karanganyar, yaitu Taman New Balekambang Tawangmangu. Nama kawasan wisata ini memang sama dengan Taman Balekambang yang ada di Wisata Solo. Namun, fasilitas dan wahananya sangat berbeda.

Taman New Balekambang Tawangmangu merupakan miniatur objek wisata paling menarik dan terkenal di dunia dan tentunya juga miniatur objek wisata terkenal di Indonesia. Pengunjung bisa melihat miniatur taman Tembok Besar Cina, Menara Eiffel Paris, Hollywood Amerika, Gerbang Arch de Triomphe Paris, Patung Merlion Singapura Piramid dan Sphinx Mesir, dan tidak ketinggalan Candi Borobudur Indonesia.

Namanya juga miniatur, ukuran bangunannya tentu tidak sebesar aslinya. Namun, pengunjung sudah bisa berfoto dengan background bangunan- bangunan miniatur objek wisata yang paling menarik dan terkenal di seluruh dunia tersebut.

Pada hari Minggu dan hari libur nasional, banyak pengunjung yang datang dan ingin berfoto. Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung dikenai tiket masuk sebesar Rp 12.000,- per orang.

5. Perkebunan Teh Kemuning
Tempat wisata yang paling menarik dan sangat populer akan keindahannya adalah perkebunan Teh Kemuning. Letaknya berada di kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Jika anda berkungjung ke Karangnyar, sempatkanlah untuk mampir ke tempat ini. Anda tidak akan menyesal karena perkebunan Teh Kemuning memiliki pendangan yang sangat menarik dan indah.

Sejauh mata memandang, pengunjung dapat menikmati indahnya hamparan hijau perkebunan teh. Karena berada di ketinggian, udaranya pun sangat sejuk bahkan bisa sangat dingin.

Bagi anda yang ingin mencoba wahana ekstrim, di sini disediakan fasilitas paralayang. Fasilitas paralayang bisa anda temui di Venues bukit paralayang Desa Segoro bukit Kemuning, Karanganyar.

Selain itu, kawasan wisata perkebunan Teh Kemuning juga sudah menyediakan tempat makan yang enak untuk anda nikmati bersama keluarga, yaitu resto Ndoro Dongker. Resto ini paling terkenal di kawasan perkebunan Teh kemuning. Suasana dan tempatnya sangat pas untuk berkumpul bersama keluarga, teman maupun untuk acara- acara pertemuan lainnya.

Itulah 5 tempat wisata di Karanganyar yang wajib dikunjungi dan tidak boleh dilewatkan. Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam serta kesejukkan udaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here