Inilah 8 Daftar Wisata Solo yang Paling Populer

Advertisement
advertisement

SoloUpdate.comĀ (Solo) – Apakah anda berencana untuk menghabiskan liburan di kota Solo? Ya, jika anda ingin menikmati liburan di Solo, tentu bukan pilihan yang salah. Sebagai kota bersejarah dan kota budaya, anda bisa menemukan banyak sekali tempat- tempat wisata yang sangat populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan di Solo. Selain itu, Solo juga kaya akan warisan budaya seperti Batik, Keraton, Kesenian dan kulinernya.

Berikut ini adalah 10 daftar wisata di Solo yang paling populer dan wajib anda kunjungi:

1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Tempat pertama yang bisa anda kunjungi adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keraton ini terletak tidak jauh dari Balai kota Solo. Kalau anda berkunjung ke tempat ini, anda juga bisa menikmati wisata religi Masjid Agung dan juga wisata belanja Pasar Klewer karena terletak dalam satu kompleks.

Jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang sejarah Keraton Kasunanan ini, anda juga bisa menyewa pemandu wisata yang ada. Secara singkat, Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan peninggalan kerajaan Mataram. Banyak sekali benda- benda peninggalan sejarah yang masih tersimpan di dalamnya. Missalnya gamelan, kereta, pusaka dan lain- lain yang dulu digunakan untuk kepentingan Keraton.

Selain itu, upacara- upacara adat Keraton juga masih tetap dilestarikan. Misalnya, pengunjung bisa menikmati kirab pusaka malam 1 Suro yang melibatkan arakan kebo Bule, Grebek Sekaten dan lain- lain. Penasaran kan? Makanya, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir dan menikmati wisata sejarah ini.

2. Istana/ Pura Mangkunegaran
Selain Keraton Kasunanan Hadiningrat, di Solo masih ada keraton yang disebut Istana/ Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran ini merupakan bangunan bersejarah tempo dulu yang terletak di sebelah utara kawasan night market Ngarsopuro. Keraton ini merupakan pecahan dari Keraton Kasunanan Hadiningrat.

Pura Mangkunegaran telah dibuka untuk para wisatawan yang ingin melihat- lihat koleksi penginggalan sejarah jaman dahulu. Tidak jauh beda dengan Keraton Kasunanan Hadingrat, di sini pengunjung juga bisa melihat benda- benda pusaka dan benda- benda peninggalan sejarah lainnya. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati tari Beksan yang biasa disajikan di Pura Mangkunegaran. Tak heran jika kota Solo menjadi tujuan wisata baik oleh wisatawan domestik maupun wisatwan asing.

3. Ngarsopuro Night Market Solo
Tempat wisata populer di kota Solo berikutnya adalah Ngarsopuro Night Market. Ngarsopuro terletak di jalan Diponegoro atau bagian selatan Pura Mangkunegaran. Night market sendiri khusus dibuka pada setiap malam minggu pukul 19.00- 21.00 WIB. sementara itu, pada hari biasa Ngarsopuro sangat nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong dan berkumpul bersama orang- orang terdekat.

Di night market Ngarsopuro, anda kan menemui banyak sekali pedagang yang menawarkan barang- barang antik, unik dan tentu jarang ditemui di pasar- pasar biasa. Jika anda ingin mencari kerjaninan unik, souvenir, batik, atau kuliner khas Solo, night market bisa menjadi pilihannya.

4. Museum Batik Danar Hadi Solo
Batik sudah menjadi ikon dari kota Solo. Ya, Solo merupakan salah satu kota pengahsil batik di Indonesia. Di Museum Batik Danar Hadi Solo pengunjung bisa melihat berbagai koleksi batik tidak hanya batik khas Solo tetapi juga batik khas seluruh nusantara. Tidak hanya menyedikan Museum batik, Danar Hadi juga menyedikan tempat khusus yang menjual batik untuk dijadikan souvernir. Nah, tempat ini dangat pas buat para pengunjung yang ingin membawa souvenir batik khas Solo.

5. Kampung Batik Laweyan
Masih tentang wisata batik. Tempat wisata batik Solo selanjutnya adalah kampung batik Laweyan. Di Kampung Batik Laweyan pengunjung tidak hanya bisa berbelanja aneka batik khas Solo, tetapi juga bisa melihat langsung proses pembuatannya yang masih tradisional. Tentu kurang lengkap jika berkunjung ke kota Solo tanpa membawa oleh- oleh batik. Nah, tempat ini bisa menjadi pilihannya.

6. Kebun Binatang Taru Jurug
Setelah menikmati wisata sejarah di kota Solo, sekarang saatnnya pengunjung menikmati wisata edukasi. Di pintu masuk kota Solo sebelah timur atau perbatasan antara Solo dan Karanganyar, pengunjung bisa mengunjungi sebuah kebun binatang yaitu Taru Jurug. Tempat ini berdekatan dengan sungai Bengawan Solo yang sangat terkenal di Indonesia karena merupakan sungai terpanjang.

Jika anda ingin memperkenalkan berbagai jenis satwa kepada keluara atau anak- anak, Kebun Binatang Taru Jurug adalah tempatnya. Meskipun tidak terlalu besar, koleksi binatang di Taru Jurug terbilang cukup lengkap. Diantaranya terdapat harimau, singa, unta, kuda, berbagai jenis burung, dan lain- lain.

Tempatnya sangat sejuk karena masih banyak pepohonan besar dan rindang serta sungai Bengawan Solo semakin membuat para wisata selalu ramai mengunjungi tempat ini. Tak hanya pada hari libur dan lebaran, pada hari biasa pun masih ramai oleh para pengunjung baik lokal maupun interlokal.

7. Taman Balekambang
Selanjutnya adalah Taman Balekambang. Balekambang adalah sebuah taman wisata yang terletak di Jalan Ahmad Yani Solo, tepatnya di sebelah barat terminal Tirtonadi. Taman ini memiliki luas sekitar 10 hektar karena terdiri dari dua area taman yang berbeda. Pengunjung bisa menikmati Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka.

Pada hari biasa, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Solo khususnya anak muda untuk sekedar menghabiskan waktu sorenya bersama teman- teman terdekat. Misalnya berfoto dengan satwa- satwa seperti rusa, berkililing taman dengan wahana mobil- mobil lucu yang disedikan atau sekadar untuk nongkrong di kursi- kursi yang telah disediakan di bawah pohon- pohon yang sejuk dan rindang.

Tidak hanya itu, saat ini Taman Balekambang juga sering dijadikan area untuk foro prewedding. Tempatnya yang asri dan sejuk menjadi pilihan bagi para calon pasangan yang ingi mengabadikan moment sebelum menikah.

8. Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari Solo
Tempat wisata di kota Solo yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Taman Hiburan Rakyat Sriwedari. Lokasinya berada di tengah kota, yaitu kawasan jl. Slamet Riyadi. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari merupakan sebuah tempat bersejarah yang digunakan untuk melestarikan budaya.

Solo merupakan kota bersejarah dan kota berbudaya. Jadi, tak heran jika Solo masih melestarikan budaya- budaya khas Jawa Tengah. Di Taman Hiburan Rakyat Sriwedari pengunjung bisa menikmati pertunjukkan kesenian seperti wayang orang, kethoprak dan tari- tarian.

Tidak hanya untuk pertunjukkan kesenian, tetapi saat ini Taman Hiburan Rakyat Sriwedari juga memiliki wahana hiburan lain yang lebih modern. Misalnya, wahana untuk permainan anak- anak, mini water park, panggung hiburan modern seperti Koes plus dan lain- lain.

Itulah diantaranya terdapat 8 tempat wisata di kota Solo yang paling populer dan wajib anda kunjungi. Segera rencanakan liburan anda ke kota Solo dan nikmatilah wisata sejarah, budaya, kuliner dan belanja.

Inilah 8 Daftar Wisata Solo yang Paling Populer | Arkin Haris | 4.5