Inilah 5 Tempat Kuliner Khas Solo Paling Populer

0
173
inilah-5-tempat-kuliner-khas-solo-paling-populer
Kuliner di Solo
inilah-5-tempat-kuliner-khas-solo-paling-populer
Kuliner di Solo

SoloUpdate.com (Solo) – Solo memang dikenal sebagai surga wisata bagi pecinta kuliner. Bagaimana tidak, di Solo anda bisa menikmati kuliner- kuliner lezat dengan harga sangat terjangkau mulai dari kudapan hingga makanan berat seperti nasi dan sebagainya. Kalau anda ingin berkungjung ke kota Solo, berikut ini adalah 5 daftar tempat kuliner di Solo populer yang menyediakan makanan khas Solo yang lezat dan murah.

1. Tengkleng Bu Ediyem
Tengkleng adalah makanan khas Solo yang terbuat dari daging kambing. Daging kambing yang digunakan adalah bagian jeroan, kaki kambing, iga, dan kepala. Semua bagian daging tersebut dimasak dengan bumbu rempah kuning dan berkuah segar, asam dan pedas. Rasanya sangat enak dan ringan karena tanpa menggunakan santan. Tengkleng Bu Ediyem berada di area pasar Klewer Solo tepatnya di samping gapura Keraton Solo, atau di antara Masjid Agung dan Pasar Klewer. Tentu, anda bisa dengan mudah menjangkau tempat kuliner ini. Warung Tengkleng Bu Ediyem buka pada siang hari dan Tengkleng akan ludes terjual pada pukul 3 sore WIB. Harga satu porsi Tengkleng berkisar antara Rp 20.000 saja. Murah kan?

2. Selat Viens Solo
Makanan khas Solo berikutnya adalah Selat. Selat adalah makanan asli dari Solo yang terdiri dari wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur kecap, dan daging dan disiram dengan kuah semur plus ditambahkan mayones homemade yang rasanya kecut segar. Selat Viens Solo berada di jalan Hasanuddin No. 99, Solo. Makanan yang satu ini tentu sangat cocok bagi anda yang ingin tetap bisa menjaga berat badan meski makan banyak karena isinya sayur- sayuran dan rendah karbohidrat. Harga seporsi selat Viens Solo mulai dari Rp 10.000 saja. Wow, asli murah.

3. Nasi Liwet Wongso Lemu
Berikutnya adalah nasi Liwet. Salah satu tempat kuliner nasi liwet terkenal dan legendaris di Solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Anda bisa menemukan warung ini di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo. Nasi liwet Solo adalah nasi gurih yang dimasak dengan santan kelapa , dan disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil), telur rebus yang dibacem dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Makanan ini mirip dengan nasi uduk (Wikipedia). Rasanya lezat dan gurih. Seporsi nasi liwet Solo Wongso Lemu dibanderol harga sekitar Rp 19.000. Bila anda ingin mencari menu makan malam di Solo, Nasi liwet Wongso Lemu bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena mulai buka pada pukul 4 sore hingga pukul 1 malam.

4. Soto Gading
Siapa yang tidak kenal dengan Soto. Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang satu ini, termasuk Solo. Nah, bagi anda sedang berkunjung ke kota Solo dan ingin mencari yang segar dan hangat? Soto Gading adalah pilihan yang tepat. Silakan cicipi Soto Gading di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto, No. 75, Joyosuran Pasar Kliwon, Solo. Lokasinya tidak jauh dari alun-alun selatan Keraton Solo. Soto Gading sangat cocok untuk sarapan karena sudah buka mulai pukul 05.30 pagi sampai pukul 15.30 WIB. Hanya dengan harga Rp 8.000 anda bisa menikmati satu porsi kuah bening soto gading yang gurih lengkap dengan irisan daging sapi atau irisan ayam goreng.

5. Serabi Notosuman
Anda ingin mencari kudapan khas Solo yang bisa dibawa pulang sebagai oleh- oleh? Serabi Notosuman pasti salah satu pilihannya. Serabi Solo adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung beras, yang dicampur dengan santan, garam dan pandan wangi lalu dimasak di atas arang dengan menggunakan wajan kecil dari tanah liat. Serabi ini mirip dengan panecake. Anda bisa dapatkan Serabi Notosuman di Jalan Mr Muhamad Yamin, Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152. Harga satu potong serabi Notosuman topping coklat Rp 2.500, sedangkan serabi polos Rp 3.000. Karena tidak memakai bahan pengawet, serabi ini hanya bisa bertahan 24 jam. Serabi Notosuman buka dari jam 05.00-19.00 WIB

Itulah 5 kuliner di Solo paling populer dan terlaris sampai saat ini. Masih banyak lagi kuliner yang tersebar di Solo dengan berbagai khas, dari mulai tradisional sampai modern. Wisatawan lokal maupun internasional tidak lengkap kiranya kalau tidak mengunjungi tempat tersebut dan langsung merasakan sendiri mantapnya masakan asli Solo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here