Sate Kere Yu Rebi, Salah Satu Tujuan Wisata Kuliner Solo

0
34
sate-kere-yu-rebi-salah-satu-tujuan-wisata-kuliner-solo
Sate Kere
sate-kere-yu-rebi-salah-satu-tujuan-wisata-kuliner-solo
Sate Kere

SoloUpdate.com (Solo)Kuliner Solo memang terkenal dengan keunikannya. Salah satu kuliner yang sedang populer yakni sate kere. Sate kere kini menjadi salah satu ikon kuliner kota Solo. Sate kere lahir disebut-sebut dulunya sate daging harganya mahal. Sehingga lahirlah kuliner sate kere ini.

Sate kere terbuat dari tempe gembus direndam dengan bumbu, dibacem selanjutnya dibakar seperti sate pada umumnya. Tidak hanya tempe gembus, sate kere disajikan dengan irisan lontong yang disiram dengan sambal kacang. Cita rasa yang paling terasa yakni pada kuah yang kental.

Sate kere yang paling terkenal di Solo adalah sate yu Rebi. Sate kere Yu Rebi terletak di Jalan Kebangkitan Nasional Kios 1-2 Teposanan (belakang Stadion Sriwedari) Solo. Warung sate ini tiap hari ramai pembeli. Warun yang berdiri sejak tahun 1986 ini buka tiap hari pada pukul 10.00 dan tutup pukul 17.00 WIB.

Hal yang paling unik dari sate yakni kuliner ini menjadi salah satu makanan favorit Presiden Joko Widodo besera keluarga. Menurut pemilik warung dahulu sewaktu menjadi Walikota Jokowi sering makan sate kere denga mengajak keluarganya. Setelah menjadi Gubernur dan Presiden sekarang jarang datang, paling sesekali sewaktu pulang Solo.

Mengenai harga sate kere tidak perlu khawatir, harganya relatif murah. Cukup dengan membayar Rp 10.000,- sudah dapat merasakannya. Selain itu, para pengunjung dapat mengolaborasikan makanan sate kere dengan makanan lain, diantanya sate jeroan sapi dengan harga sate campur seharga Rp 22.000,-.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here