Pendaftaran SBMPTN Resmi Dibuka, Simak Tanggal, Persyaratan dan tahapannya disini

0
208
Pendaftaran SBMPTN
image from: ubb.ac.id

Soloupdate.com – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Telah dibuka pada tangaal 10 Juni, penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN ini berbeda dengan tahun lalu, yang mana seorang siswa harus mendaftar SBMPTN dan melaksanakan ujian. Namun, saat ini siswa harus melakukan pendaftaran Ujian Test Berbasis Komputer (UTBK) pada lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Perguruan tinggi memiliki kriteria yang berbeda untuk penilaian dari hasil UTBK yang dapat dicek melalui website resmi portal LTMPT. Cek hasil UTBK anda untuk mengetahui nilainya kemudian anda ajukan nilai tersebut untuk mendaftar pada pendaftaran SBMPTN.

Jika sebelumnya pada pendaftaran SBMPTN masih pada portal sbmptn.or.id, saat ini pendaftaran SBMPTN yang dilaksanakan secara online dilakukan diwebsite resmi LTMPT.ac.id

Tanggal Pendaftaran SBMPTN

Tahun ini SBMPTN dilakukan pada bulan juni, sehingga siswa sekolah yang belum memiliki nilai utbk tidak dapat mendatar sbmptn, karena syarat resmi dapat mendaftar sbmptn adalah memiliki nilai hasil dari ujian test tulis berbasis komputer yang telah dilaksanakan sebelum pendaftaran SBMPTN. Adapun tanggal pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut ini:

Kegiatan Tanggal Website
1. Pendaftaran Online SBMPTN  10  s/d 24 Juni 2019 Link 

Persyaratan Pendaftaran SBMPTN 2019

Tahun ini persyaratan pendaftaran SBMPTN berbeda dengan tahun sebelumnya untuk itu para pendaftar harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

– Pendaftar sudah memiliki ijazah SMA sederajad untuk tahun dibawah 2019.
– Bagi pendaftar yang belum memiliki Ijazah pada tahun 2019, harus meminta ke pihak sekolah untuk Surat Kelulusan dengan berisi biodata diri dan pas foto yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah dengan menggunakan tanda tangan kepala sekolah.
– Harus sudah mengikuti UTBK dengan mengecek hasilnya di portal resmi, jika anda belum tahu silahkan cek hasil utbk sendiri.
– Siswa yang mendaftar SBMPTN harus meminta kepada pihak sekolah NISN.
– Siswa yang tidak lulus SNMPTN dapat mendaftar SBMPTN ini
– bagi yang memilih prodi olah raga dan bidang seni dapat mengunggah portofolio.

Tahapan Pendaftaran SBMPTN

Adapun tahapan pendaftaran sbmptn yang harus dilalui oleh siswa adalah sebagai berikut ini:
– siswa mendaftar pendaftaran online sbmptn pada laman resmi yang ada di pendaftaran-sbmptn-2.ltmpt.ac.id
– Setelah anda masuk dengan menggunakan username dan password saat melakukan pendaftaran UTBK silahkan anda lengkapi biodatanya.
– Peserta harus memilih PTN yang dituju dan memilih maksimal 2 bidang program studi dalama satu PTN ataupun dua PTN
– Bagi yang memilih bidang seni dan olahraga silahkan anda upload protofolionya dengan mengunduh tata caranya di website download.sbmptn.ac.id
– Silahkan anda lengkapi persyaratan dan unggah dokument yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here