Hari Pancasila ditetapkan pada tanggal 1 Juni 1945, Yuk cari tahu bagaimana sejarahnya?

0
215
Hari Lahir Pancasila
image from: Pixabay.com

Soloupdate.com– Saat Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945, Pada tanggal 28 Mei diadakan rapat Oleh Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang sering kita kenal di pelajaran Sejarah dengan BPUPKI, menggelar rapat dengan tema Penetapan dasar Negara. Sidang pertama dilakukan dari tanggal 29 selesai tanggal 1.

Pertama kali rapat digelar di Jalan Pejambon gedung Chuo Sangi, Jakarta. Saat ini gedung tersebut dikenal dengan Gedung Pancasila.

Selama beberapa hari, sejak tanggal 28 Mei dibukanya rapat belum menemukan penyelesaian terkait dengan dasar negara. Soekarno memberikan gagasannya saat rapat dengan menamakan pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Setelah keputuan dasar negara tersebut disetujui oleh BPUPKI selanjutnya mereka menyusun Undang-undang dasar dengan dibentuklah panitia Sembilan dengan panitia sebagai berikut ini: Soekarno, Mohammad Hatta, Mr. AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim, dan Mohammad Yamin.

Proses persidangan membuahkan hasil dengan rumusan Pancasila yang dicantumkan pada pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Secara sah dinyatakan oleh BPUPKI sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. Sehingga pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Berbeda dengan Hari Kesaktian Pancasila

Pada tanggal 1 Oktober diperingati hari lahir pancasila yang berkaian dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada september 30 September. Karena pancasila adalah lambang negara dan adanya PKI perusak bangsa maka pada tanggal 1 oktober diperngati Hari Kesaktian Pancasila.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here