Penetapan Awal Ramadhan Pemerintah, 6 Mei 2019

0
197
Hasil Isbat Awal Ramadhan NU

Soloupdate.com– Pemerintah menetapkan awal Ramadhan melalui sidang isbat Kementerian Agama dengan posisi hilal berada di 4 drajad sampai dengan 5 drajad pada hari ini, sehingga ada wujudu hilal dan menetapkan besok sebagai awal 1 Ramadhan.

Umat Muslim dapat melakukan Sholat Tarawih pada hari ini, dengan demikian antara du orams besar islam yaitu Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama tidak ada perbedaan di awal 1 Ramadhan.

Pantauan rukyatul hilal sudah dilakukan oleh kementerian agama di 102 titik pantauan dan kemenag juga akan melaporkan hasil dari pantauan rukyatul hilal dan data hisabnya dan kemudian akan diambil arah keputusan untuk dimulainya puasa Ramadhan.

Dalam hal ini Keputusan PBNU dan PP Muhammadiyah untuk awal ramadhan kali ini bersamaan. Hasil Ijtimak para ulama NU telah tertulis pada nomer surat 357/C.I.34/05/2019 sesuai dengan perihal pemberitahuan Hasil Rukyatul Hilal seperti dibawah ini

Hasil Isbat Awal Ramadhan NU
Sedangkan Maklumat dari PP Muhammadiyah seperti yang ada pada nomer surat 01/MLM/I.0/E/2019 dalam ijtimak jelang Ramadhan. Selain menetapkan awal Ramadhan PP Muhammadiyah juga menetapkan 1 syawal yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here