Latar Belakang AKSI 212 di Mata Internasional

0
80
Latar Belakang Aksi 212

Aksi 212 dipadati oleh para ulama, pemuka agama dan masyarakat yang membela, bela tauhid agama. Aksi 212 ini didasari oleh penista Agama tahun 2017 yang lalu. Reuni 212 ini menjadi ajang demo damai setiap tahunnya untuk membela agama. Dalam hal ini juga turut hadir Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Didin Hafidhuddin.

Latar Belakang Aksi 212 di Mata Internasional

Aksi 212 dilatarbelakangi oleh keadilaan hukum Indonesia yang harus ditegakkan¬† untuk menghukum penista Agama yang bertuliskan “Ahok harus dipenjara, hukum Harus Adil. Hal itu seperti yang ditulis di harian The Guardian.

Karena Ahok sebagai Gubernur DKI kala itu yang menjadi status tersangka, namun belum ditangkap dan diadili. Melalui Aksi 212 tersebut dengan jumlah peserta ratusan ribu jam’ah berakhir dengan tertib dan aman. Media Asing memberikan apresiasi penuh dengan Aksi 212 dengan sebutan “bela islam”.

Dalam Ajang Aksi 212 di sekitaran Tugu Monas Jakarta, Didin Hafidhuddin mengajak seluruh umat islam untuk menerapkan ekonomi syari’ah yang dipercaya mampu mengubah kondisi ekonomi bangsa, terutama dalam mengentaskan kemiskinan.

Penguatan ekonomi Syari’ah tersebut sudah nampak terlihat dari beberapa usaha yang telah dirintis oleh Alumni 212 seperti Alfatihah Mart, Hamdalah Mart, hingga nama 212 Mart juga menjadi slogan mereka. Dan sampai saat ini lebih dari 100 gerai yang telah dibangu oleh umat Islam untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Selain itu Didin juga menambahkan agar umat islam mendukung bank dan asuransi yang benar-benar menggunakan syari’ah dalam akadnya dan tidak hanya embel-embel syari’ah saja aka tetapi berpihak pada ekonomi syari’ah. Sehingga umat dalam benar-benar selamat dari harta riba.

Didin juga berharap pada momentum Aksi 212 ini sebagai salah satu usaha umat muslim dalam usaha yang ketat untuk memanjatkan doa agar, Indonesia mendapatkan pemimpin yang adil dan dapat mendukung umat Islam kedepannya.

Dalam hal ini roda ekonomi nasional yang berbasis syari’ah telah hadir setelah ajang aksi 212 yang dibentuk menjadi koperasi Syariah dengan nama koperasi Syariah 212 Mart yang telah resmi berdiri di Bogor. Hingga saat ini koperasi Syari’ah mart telah berjalan dan memiliki 101 cabang seluruh Indonesia.

Berapa Jumlah Peserta Aksi 212?

AKsi 212

Jika dihitung dengan tangan mungkin tidak akan mampu ya, karena terlihat dari foto diatas, jumlah peserta yang hadir dari berbagai kalangan kemungkinan besar lebih dari 100 ribu jiwa.

Semoga dengan aksi 212 ini sebagai salah satu ajang demo yang bermanfaat bagi Umat muslim sehingga tegaknya keadillan bukan semata-mata dari pemimpin yang adil, akan tetapi dari aksi demo yang juga turut serta membela agama dan bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here