Siapa Maria Walanda Maramis, Pahlawan Indonesia di Ucapan Google Doodle 1 Desember

0
74
Ucapan Google 1 Desember

Siapa Maria Walanda Maramis yang dijadikan sebagai Google Doodle Hari ini? Dalam google terlihat seseorang yang diberikan ucapan hari ulang tahun yang ke 146 pada 1 Desember.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia bahwa Maria Walanda Maramis merupakan seorang tokoh pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Kema, Sulawesi Utara pada tahun 1 Desember 1872.

Maria Walanda Maramis ini memiliki nama lahir yang bernama Maria Josephine Catherine Maramis yang menjadi tokoh nasional dalam mengembangkan keadaan wania di Indonesia atau dianggap salah satu sosok pendobrak adat yang memperjuangkana emasipasi perempuan di dunia pendidika dan politik.

Maria menjadi teladan perempuan Minaha, Manado yang memiliki bakat tang istimewa yang mampu menampung pengetahuan sehingga lebih sering maju di depan dibandingkan dengan kaum lelaki sehingga masyarakat manado membangun sebuah patung Maria Walanda Maramis untuk mengenang jasa beliau dalam memperjuangkan wanita Indonesia.

Maria merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara kedua Saudaranya juga terlibat dalam pergolakan kemerdekaan Indonesia baik itu ayah dan lainnya Sehingga Maria menjadi yatim piatu dan diasuh oleh Pamannya. Dia bersekolah di sekolah Melayu Maumbi. DI sekolah tersebut maria belajar ilmu dasar baik membaca dan menulis, serta ilmu sejarah dan pengetahuan.

Maria dan Joseph Frederick Caselung menikah di tahun 1890 dan memiliki tiga anak perempuan, dua anaknya dikirim ke sekolah betawi di jakarta. Di tahun 1919, Badan perwakilan hak pilih wanita di Minahasa di Bentuk yang disebut dengan nama Minahasa Raad. Namun yang menjadi anggotanya ada kaum laki-laki akan tetapi Maria berusaha agar wanita juga dapat menjadi anggota dalam badan perwakilan tersebut. Usahanya membuahkan hasil pada tahun 1921 yang memperbolehkan wanita untuk memberi suara sehingga Maria menjadi salah satu agen perubahan di Manado yang dikenal sebagai pahlawan dalam memperjuangkan emansipasi wanita.

Itulah beberapa hal terkait dengan Maria Walanda Maramis, Pahlawan Indonesia di ucapan google 1 desember

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here