Gunung Soputan Meletus, Awas Ancaman Lahar Dingin

0
195
gunung soputan

Soloupdate.com – Saat Sulawesi Utara dilanda musibah gempa bumi yang menagkibatkan Tsunami, gunung soputan di Sulawesi Utara Meletus, dampak tsunami donggala dan palu masih terasa hingga kini, letusan gunung oputan yang terletak jauh dari permukiman warga mengancam. Gunung Soputan terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara provinsi Sulawesi Utara. Dan mereka yakin bahwa dalam jarak 4 km tidak ada pemukiman warga yang tinggal di daerah tersebut.

Letusan gunung soputan terjadi di hari rabu pukul 08.7 WITA dengan durasi letusan selama 6 menit. Mengeluarkan abu dengan intensitas tebal yang mengarah ke barat laut, dengan tinggi kolom abu vulkanik sekitar 4000 meter diatas puncak kawah.

Menurut Sutopo Purwonugroho sebagai salah seorang Jubir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),”bahwa letusan gunung soputan tersebut tidak sampai warga mengungsi dan tidak ada korban akibat gunung soputan meletus. Rute penerbangan juga tidak tergangu karena letak bandara Internasional Sam ratulani berada di tenggara Gunung Soputan, hingga kini masih beroperasi normal.

Sampai sekarang masyarakat tidak boleh ada aktivitas pada jarak 4 km dan kebetulan jarak tersebut tidak ada pemukiman warga, BPBD saat ini telah membagi-bagikan masker agar abu tidak terhirup. Walaupun tetap kondisi aman dengan jarak lebih pemukiman aman, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi aliran lahar pasca erupsi gunung soputan yang akan membawa material vukanik yang berhulu di sekitar lereng gunung soputan. Dan sampai saat ini gunung soputan masih pada status level siaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here