Wisata Seni dan Budaya di Taman Sriwedari Solo

0
115
wisata-seni-dan-budaya-di-taman-sriwedari-solo
Taman Sriwedari Solo
wisata-seni-dan-budayadi-taman-sriwedari-solo
Taman Sriwedari Solo

SoloUpdate.com (Solo) – Taman Sriwedari Solo adalah salah satu pusat wisata di Solo yang memiliki unsur seni dan budaya bertaraf tinggi. Lokasi taman ini berada tengah kota Solo tepatnya beralamatkan di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan, Laweyan, Jawa Tengah. Aksesnya begitu mudah karena pengunjung dapat naik bus kota untuk sampai ke lokasi.

Menurut sejarah yang berkembang di masyarakat, awalnya tanah Sriwedari di beli oleh KRMT Wirjodiningrat dari seorang Belanda bernama Johannes Buselar pada 1877 dengan status hak milik. Kemudian didirikan Taman Sriwedari oleh adik iparnya yaitu Paku Buwono X dengan tujuan untuk tempat wisata dan peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Inspirasi pembangunan tempat tersebut didasarkan dari gambaran taman surga.

Taman Sriwedari terkenal sebagai spot yang selalu digunakan untuk menyelenggarakan event-event seni dan budaya baik tingkat lokal maupun internasional seperti wayang, tari, teater, serta musik-musik tradisional. Seniman-seniman ternama banyak dilahirkan dan berkembang disini. Bahkan seiring perkembangan jaman, taman ini sudah banyak dimanfaatkan para remaja untuk menggelar hiburan yang bersifat modern.

Taman yang lebih dikenal dengan sebutan THR (Taman Hiburan Remaja) Sriwedari ini dilengkapi dengan berbagai macam wahana bermain untuk anak-anak. Tidak hanya itu, disetiap sudut ramai orang berjualan makanan khas Solo dan stand penjualan suvenir. Pengunjung bisa bermain sambil berbelanja serta menikmati keindahan alamnya. Satu lagi, dibagian belakang terdapat deretan toko buku Sriwedari yang membuka lapak berbagai jenis buku dengan harga sangat miring.

Wisatawan yang datang sangat bervariasi, dari mulai anak-anak, remaja, bahkan sampai lanjut usia. Kawasan ini memang cocok bagi mereka yang ingin berekreasi dengan keluarga. Suasananya yang sejuk dipadu dengan unsur seni budaya tradisional membuat para pengunjung begitu betah. Menyesal kiranya apabila di Solo tidak menyempatkan berkunjung ke taman Sriwedari.

Taman Sriwedari dibuka untuk umum, yaitu buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat terjangkau kurang lebih yaitu Rp 3.000,-. Biaya tersebut tidak sebanding dengan keistimewaan seni tinggi yang terdapat didalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here