ini-tempat-wisata-wajib-dikunjungi-di-boyolali

Ini Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Boyolali

SoloUpdate.com (Solo) – Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Lokasi Kabupaten Boyolali berdekatan dengan Kota Solo yaitu sebelah utara kota Solo kearah Semarang.

Boyolali dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai salah satu kebupaten penghasil susu sapi, karena mayoritas penduduk di Boyolali adalah peternak sapi. Penduduk di Kabupaten Boyolali biasanya menjual susu hasil produksi dari ternak sapinya ke perusahaan pembuat susu.

Selain itu Boyolali juga memiliki tempat wisata wajib dikunjungi oleh pelancong.  Destinasi yang indah untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut tempat-tempat wisata di Boyolali yang dapat dijadikan rekomendasi jika ingin menikmati pariwisata di Kabupaten penghasil susu sapi ini :

1.    Wisata Tlatar

Tlatar merupakan sebuah dukuh yang beralamat lengkap di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimi, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Di kawasan wisata Boyolali ini terdapat 2 buah pemandian dengan mata air yang sangat jernih. Umbulini Prmandian ini bernama pemandian Umbul Pangilon dan Umbul Asem. Selain itu pemandian ini juga terdapat beberapa pemancingan dan rumah makan  yang menyediakan menu ikan air tawar.

2.    Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Gunung Merapi dan Merbabu merupakan 2 buah gunung besar yang terletak berdampingan. Di sela kedua gunung tersebut terdapat salah satu kecamatan yang masih masuk dalam kabupaten Boyolali, yaitu kecamatan Selo.

Kawasan ini terdapat pos pendakian menuju puncak Gunung Merapi dan Merbabu. Namun yang paling ramai adalah pendakian Gunung Merapi , karena dari Selo hanya dibutuhkan waktu sekitar 4 jam sedangkan untuk mencapai puncak Merbabu dari Selo dibutuhkan waktu sekitar 8 jam. Sehingga untuk mendaki Gunung Merbabu banyak yang memilih memulai dari Kopeng. Jalur Selo merupakan jalur yang menghubungkan Kota Boyolali dengan Kota Magelang.

Jika melewati jalur ini maka akan mendapati pemandangan yang sangat indah. Puncak kedua gunung terlihat sangat jelas.

3.    Pemandian Umbul Pengging

Terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono , Kabupaten Boyolali. Kawasan ini memiliki gaya arsitektur yang masih terjaga konon katanya pemandian ini merupakan tempat peristirahatan raja Kasunanan Surakarta. Pemandian yang ada di kompleks Pengging ini juga dipergunakan untuk pemandian keluarga Kerajaan.

4.    Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berpa air terjun yang lumayan deras. Lokasi air terjun Kedung Kayang ini berada diantara dua Gunung merapi dan Merbabu.

5.    Waduk Kedung Ombo

Waduk KedungOmbo merupakan sebuah waduk yang terdapat di perbatasan Kabupaten Boyolali, Grobogan dan Sragen. Wilayah yang masih masuk daerah Boyolali adalah Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu. Di sekitar Waduk terdapat hutan yang sangat seru dijadikan tempat wisata serta dapat juga dijadikan sebagai tempat memancing.

Itulah beberapa tempat wisata di Boyolali yang dapat dijadikan rekomendasi untuk berkunjung bersama keluarga maupun sahabat yang hendak mengisi akhir pekan atau hari libur untuk berwisata dengan menikmati indahnya pesona alam dari Kabupaten Penghasil susu sapi ini tidak kalah dengan tempat-tempat lainnya.

Fatahul Lathip

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ini Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Boyolali yang dipublish pada Mei 7, 2017 di website SOLO UPDATE

Leave a Comment