Taman Balekambang, Pusat Primadona Wisata di Solo

0
52
taman-balekambang-pusat-primadona-wisata-di-solo
Taman Balekambang Solo

SoloUpdate.com (Solo) – Taman Balekambang adalah salah satu destinasi wisata di Solo, letaknya berada di sebelah utara Stadion Manahan atau lebih tepatnya beralamatkan di Jalan Balekambang No.1, Banjarsari, Jawa Tengah 57139. Lokasinya yang berada di pusat jantung kota Solo membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Aksesnya begitu mudah karena berada tidak jauh dari terminal Tertonadi dan stasiun Balapan Solo.

taman-balekambang-pusat-primadona-wisata-di-solo
Taman Balekambang Solo

Menurut sejarah, taman Balekambang dibangun oleh KGPAA Mangkunagara VII pada 1921. Tujuan pembangunannya untuk mengabadikan putrinya yang bernama Partini Tuin. Maka dari itu, sebelum dikenal dengan sebutan Balekambang awalnya taman itu dinamakan Partini Bosch.

Kawasan yang diresmikan tahun 2008 ini terkenal dengan pemandangannya yang rindang diselimuti sejuknya semilir angin. Kebun bunga mengelilingi tiap sudut dilengkapi tempat duduk untuk bersantai. Bagian tengah kawasan ini terdapat kolam ikan berukuran besar, ditengahnya ada patung seorang putri. Pihak Balekambang juga menyediakan perahu-perahu berbentuk unik yang disewakan untuk para pengunjung.

Tidak hanya itu, dibagian paling dalam Balekambang terdapat kebun binatang mini yang didesain sedemikian rupa sehingga wisatawan dapat melihat-lihat berbagai jenis binatang seperti ular, burung, rusa, serta segala macam jenis unggas. Para pengunjung dapat berfoto langsung dengan binatang tersebut sambil memegangi atau bahkan menggendong. Tidak jauh dari tempat itu terdapat rumah singgah tradisional untuk beristirahat, merileksasi pikiran yang penat.

Taman yang sudah dianggap sebagai paru-paru kota Solo ini merupakan tempat favorit para pelancong, tidak hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung melainkan juga wisatawan luar negeri. Segala macam usia, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua asik menikmati keindahan alamnya. Mereka biasanya berjalan-jalan, naik perahu, atau sekedar berfoto-foto.

Selain untuk rekreasi, taman Balekambang sering digunakan untuk mengadakan event-event berskala kecil sampai Internasional. Acara yang pernah berlangsung antara lain konser musik, teater, festival, wayang, serta berbagai acara bernuansa kebudayaan. Selain itu, hampir setiap minggu tempat tersebut dipakai untuk acara yang sifatnya organisasi atau komunitas seperti pengakraban, kepanitiaan, pendidikan, sampai penggemblengan. Disisi lain, keindahan taman Balekambang juga dimanfaatkan oleh para fotografer mengambil gambar yaitu untuk urusan pre-wedding dan modeling.

Bagi yang sedang traveling wisata di Solo atau sekedar berlibur untuk refreshing, tidak salah kiranya datang ke Taman Balekambang. Pengunjung dapat membawa bekal untuk menemani saat santai atau juga bisa membeli aneka makanan yang dijajakan. Tiket masuknya hanya sebatas untuk tarif parkir kendaraan. Kemurahan tersebut berbanding terbalik dengan keistimewaan fenomena alam yang terdapat di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here