Ini Syarat Penggunaan Sky Bridge Solo

0
117
ini-syarat-penggunaan-sky-bridge-solo
Sky Bridge Terminal Tirtonadi Solo

SoloUpdate.com (Solo) – Fasilitas jembatan layang (sky bridge) yang menghubungkan antara Terminal Tipe A Tirtonadi ke Stasiun Solo Balapan tidak bisa dilewati oleh sembarang orang.  Terdapat beberapa syarat ataupun kriteria khusus bagi orang yang hendak memanfaatkan sarana tersebut.

Eko Agus Susanto, selaku penanggung jawab dan koordinator menjelaskan bahwa  telah ada kesepakatan antara pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi dengan PT KAI terkait operasional sky bridge ini. Dia juga  mengatakan hanya calon penumpang kereta  yang membawa tiket yang bisa menyeberang sky bridge mulai dari pintu masuk di Terminal hingga keluar di Stasiun Solo Balapan.

“Di lokasi sambungan sky bridge antara sisi Terminal dan sisi Stasiun akan disediakan gate untuk pemeriksaan penumpang kereta. Jadi yang bisa lolos pemeriksaan hanya calon penumpang kereta api yang membawa tiket,” Ungkap Eko.

Koordinator Terminal Tipe A ini juga menyampaikan bahwa  pengelola Terminal Tirtonadi sudah berkoordinasi dengan PT KAI terkait rencana penyediaan vending machine di area Terminal untuk melayani pembelian dan cetak tiket kereta api. Masyarakat atau para penumpang bus yang turun di Terminal nantinya tidak perlu pergi ke Stasiun terlebih dahulu jika ingin membeli tiket kereta api.

Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi telah menyiapkan tempat di timur loket e-ticketing sebagai lokasi penyediaan boks tiket kereta api. “Kami sudah mempersiapkan sky bridge sisi Terminal. Saya sudah ajukan ke Kementerian Perhubungan terkait dana pengelolaan sky bridge. Akan ada pengerahan petugas keamanan dan kebersihan di sky bridge,” ungkapnya.

Bedanya dengan sisi Stadiun, sky bridge sisi Terminal bisa diakses bebas oleh masyarakat. Kalau masyarakat ingin sekadar jalan-jalan atau selfie boleh di sky bridge sisi terminal tanpa perlu bawa tiket kereta. Batas gerak masyarakat hanya sampai di sambungan atau ujung sisi Terminal.

Eko belum bisa memastikan apakah masyarakat akan dikenai biaya atau tidak jika memanfaatkan sky bridge dari Terminal Tipe A Tirtonadi menuju Stasiun Solo Balapan. Dia pun belum bisa menjelaskan keterangan pasti terkait kapan fasiltas tersebut dapat dimanfaatkan. Dia hanya menyebut proyek sky bridge sisi Stasiun Solo Balapan sudah hampir selesai karena tinggal memasang lift dan eskalator. Sky bridge bisa segera selesai sehingga bisa dimanfaatkan banyak masyarakat umum.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here